Gaya Hidup

Membeli Produk Online Atau Offline?

Berbagai macam jenis produk yang ditawarkan kepada konsumen saat berbelanja online saat ini membuat orang semakin tertarik untuk mengeluarkan uangnya saat belanja via internet ini. Ada 3 jenis toko online berdasarkan model bisnisnya, antara lain forum online dan iklan baris, situs business to consumer, dan marketplace consumer to consumer. Tidak kalah dengan belanja pada toko konvesional, seseorang bisa berbelanja berbagai macam produk dalam satu waktu melalui situs belanja online yang ada. Biasanya ini berlaku pada situs business to consumer, dan marketplace consumer to consumer.

Kemudahan lainnya adalah pada belanja online adalah pada saat membeli produk, pembeli hanya menggunakan gadget atau laptop yang tersambung internet sudah bisa membeli apa yang dibutuhkannya. Banyak sekali toko online yang saat ini ada di Indonesia, pembeli tinggal pilih toko online mana yang ingin dikunjunginya sesuai dengan kebutuhannya. Untuk pembayaran, pembeli bisa melakukan transfer sesuai nominal harga plus dengan ongkos kirim yang berlaku. Ada beberapa toko online yang memberikan promo bebas ongkos kirim untuk produk-produk promonya. Setelah prosedur pembayaran selesai, pembeli tinggal menunggu barang pesanannya sampai di rumah melalui jasa pengiriman barang. Selain transfer, ada pula sistem pembayaran melalui sistem cash on delivery (COD), yaitu bayar di tempat saat barang datang.

Untuk pembelian toko konvesional, kelebihannya adalah pada produk-produk yang dipilih bisa dipegang secara langsung oleh calon pembelinya. Hal ini berbeda dengan toko online, yang hanya memilih produk lewat gambar yang ada pada katalog toko online. Produk yang dipilih pada toko offline minimal akan sesuai dengan harapan pembelinya. Jika seseorang membeli produk toko online, ada beberapa kemungkinan ketidaksamaan fisik yang terlihat digambar dibandingkan dengan produk yang diterima. Meskipun memang tidak semuanya demikian, ada beberapa toko online yang menampilkan gambar riil sesuai dengan aslinya agar tidak terlalu mengecewakan konsumennya.

Gambaran perbedaan produk online dan offline dengan segala kurang lebihnya biasanya akan mempengaruhi ketertarikan seseorang untuk membeli produk yang ditawarkan. Untuk barang-barang kebutuhan rumah tangga, makanan, masakan, bumbu instan dan lainnya, mungkin tidak akan terlalu berpengaruh antara gambar yang ada di katalog dengan yang diterima. Produk toko offline juga ada yang terkadang kurang berkualitas, sehingga konsumen juga harus pintar memilih apa yang dibelinya, misalnya jeli melihat tanggal kadaluarsa, kemasan produk dan lainnya. Namun, jika yang dibeli berupa barang fashion, maka kemiripan gambar dengan kenyataan pasti akan dipertimbangkan oleh pembelinya. Semua pilihan akan kembali kepada calon pembeli terhadap apa yang akan dibelinya. Membeli produk online atau offline dikembalikan lagi pada kebutuhan apa yang hendak dipenuhi, barang apa yang hendak dibeli, dan toko online mana yang memang terpercaya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top