Olahraga

Melatih Kekuatan Fisik Ala Pemain Sepak Bola Profesional

Melatih Kekuatan Fisik Ala Pemain Sepak Bola Profesional

Memiliki hobi bermain sepak bola tentunya membutuhkan latihan rutin agar bakatnya bisa terasah dengan baik. Teknik melatih kekuatan fisik ala pemain sepak bola profesional tentunya harus diimbangi dengan niat dan konsisten menjalankan latihan. Tak hanya membutuhkan kekuatan fisik namun juga kelincahan dan daya tahan. Bagi para pemain sepak bola, fisik haruslah kuat sehingga dibutuhkan macam kegiatan untuk melatih kekuatan fisik tersebut. Dan berikut daftar latihan yang harus dilakukan untuk bisa membuat kekuatan fisik sebaik pemain sepak bola profesional.

Melatih Kekuatan Fisik Ala Pemain Sepak Bola Profesional2

Sponsor: pemutih wajah

Jenis-jenis latihan kekuatan 

Pentingnya melatih kekuatan tubuh terutama atas dan bawah bukan perkara mudah. Para pesepak bola pun harus mempu membuat otot mereka kuat yang nantinya diperlukan untuk menghalau lawan saat pertandingan dimulai. Kekatan tubuh kaki berguna untuk menendang, melompat dan berlari. Semenatar kekuatan tubuh bagian atas berguna untuk meningkatkan stamina, keseimbangan, dan tentu kelincahan.

Melatih Kekuatan Fisik Ala Pemain Sepak Bola Profesional

  • Latihan beban

Latihan deadlift atau beban sangat penting untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas seperti tangan dan lengan serta melatih kekuatan tubuh bagian belakang seperti punggung. Untuk melakukan latihan beban maka Anda bisa berdiri dengan dua kaki dibuka lebar. Pastikan lebarnya sebahu lalu turunkan perlahan pinggan dan bokong untuk mengambil sebuah beban. Ketika mengangkat beban, pandangan harus selalu lurus ke depan. Angkat beban dengan bertumpu pada tumit dan pinggang.

Melatih Kekuatan Fisik Ala Pemain Sepak Bola Profesional

  • Latihan bench press

Bentuk latihan bench press bagi olahraga sepak bola berguna untuk memblokir lawan. Oleh sebab itu dibutuhkan kekuatan tubuh atas seperti bahu dan dada yang mantap. Manfaat melatih bagu dan dada yakni dengan melatih kekuatan otot di area tersebut. Cara melakukan latihan bench press dimulai dengan membaringkan tubuh di atas bench. Ambil beban dan pegang, lalu angkat kedua tangan lurus ke atas. Turunkan tangan dan beban ke aras dada secara perlahan.

Melatih Kekuatan Fisik Ala Pemain Sepak Bola Profesional

  • Latihan lunge

Latiha lunge berguna untuk melatih kekuatan otot di area kaki. Selain itu, latihan akan membangun kelenturan serta mempertajam kelincahan gerak. Langkah yang harus dilakukan yakni dengan membuka kaki selebar pinggul. Tambahkan daya dengan memakai dumbbell. Lakuka gerakan lunge ke arah samping dimulai dengan melangkahkan kaki ke arah kanan sambil memindahkan berat badan mengikuti kaki kanan. Langkahkan kaki sambil turunkan dumbblell. Lakukan gerakan yang sama pada kaki satunya.

   Melatih Kekuatan Fisik Ala Pemain Sepak Bola Profesional

  • Latihan barbell squat

Barbel squat merupakan gerakan yang bisa melatih kekuatan otot bagian bawah. Tak hanya itu, barbell squat bisa membuat pinggul menjadi lebih lentur. Caranya dimulai dengan berdiri sambil membuka lebar kedua kaki sejajar dengan pinggul. Tahanlah beban di bahu dan perlahan turunkan ke arah pinggul sambil menekuk lutut. Lakukan hingga membentu posisi jongkok alias squat. Pastikan kepala, leher dan dada tetap tegak.

Melatih Kekuatan Fisik Ala Pemain Sepak Bola Profesional

  • Latihan box jump

Latihan yang sering dilakukan oleh pesebak bola profesional selanjutnya adalah box jump. Gerakan ini mengandalkan lomcatan ringan dengan jarak sekitar 15 cm. Pertama ambil beberapa balok atau kotak yang bisa digunakan untuk melompat. Pilih box atau kotak dengan tinggi yang berbeda. Mulailah lompat di tiap-tiap kotak tersebut. Semakin tinggi kotak box yang Anda lompati, maka semakin berat pula intensitasnya. Daratkan kaki tepat dengan menggunakan telapak kaki, berguna untuk menjaga kekuatan otot kaki dan melatih teknik melompat yang sempurna.

Lima teknik sederhana untuk melatif kekuatan tubuh bagi Anda yang hobi bermain sepak bola. Paling penting adalah melatih fisik secara rutin demi mendapatkan kekuatan otot layaknya para pemain sepak bola. Meskipun hanya untuk hobi olahraga, beberapa tekni diatas ini bisa membantu tingkatkan kebugaran tubuh dan menhindari cidera.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top