Tips Kesehatan

Masih Bingung Cara Gunakan Tomat? Ini Dia Ritual Kecantikan Untuk Kulit Sehat Dan Cerah

Masih Bingung Cara Gunakan Tomat? Ini Dia Ritual Kecantikan Untuk Kulit Sehat Dan Cerah

Cara mudah gunakan tomat untuk kecantikan. Sudah bukan rahasia lagi jika tomat bisa dijadikan bahan untuk mengatasi berbagai keluhan pada wajah. Yah tomat memang sudah sejak dulu dipakai sebagai masker alami dan berkhasiat untuk kecantikan wanita. Selain itu, tomat merupakan buah yang memiliki rasa enak, mengandung vitamin C dan antioksidan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Masih Bingung Cara Gunakan Tomat? Ini Dia Ritual Kecantikan Untuk Kulit Sehat Dan Cerah

Sponsor: kezia skin expert

Kandungan buat tomat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Studi mengungkap, ada begitu banyak manfaat buah tomat bagi tubuh jika rajin mengkonsumsinya. Salah satunya adalah agen penangkal sel kanker akibat masuknya radikal bebas ke dalam tubuh melalui polusi atau makanan yang dikonsumsi. Seperti harta karun penting, manfaat tomat begitu luar biasa berkat peran antioksidan didalamnya. Tomat begitu kaya akan vitamin C dan E, ditambah juga berbagai mineral mangan, beta karote dan tinggi fitonutrien karotenoid. Fitonutrien tomat yang dipecah akan menghasilkan senyawa luten, lycopene dan zeaxanthin.

Tomat sejak dahulu dikenal dengan lycopene nya yang merupakan antioksidan dalam membantu memerangi kerusakan pada sel kulit. Senyawa ini juga membantu melindungi kulit dari risiko kanker. Untuk itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 16 mg lycopene setiap hari untuk membantu melawan radikal bebas dan memelihara kelembapan kulit.

Sejumlah manfaat tomat untuk kecantikan kulit

Masih Bingung Cara Gunakan Tomat? Ini Dia Ritual Kecantikan Untuk Kulit Sehat Dan Cerah

Sejauh ini, banyak orang sudah memanfaankan tomat sebagai masker alami untuk mengatasi berbagai keluhan seputar wajah mulai dari memudarkan kulit belang, melindungi kulit dari sinar matahari, mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori hingga mengusir komedo. Berbagai uji coba juga sudah banyak dilakukan dan paling favorit adalah bahan alami pencerah kulit.

Bukan hanya soal rasa, tomat memiliki sifat mendinginkan dimana tomat bisa mengatasi peradangan pada kulit akibat efek dari sinar matahari. Asam alami tomat sanggup mengendalikan produksi sebum pada kulit berminyak. Ditinjau dari jumlah nutrisi tomat, manfaat vitamin A pada tomat adalah sebagai zat penyamar noda dan bintik hitam akibat flek atau bekas jerawat sekaligus menghaluskan kulit yang kasar.

Vitamin B komplek buah tomat sanggup memperlambat proses penuaan pada kulit wajah, mencegah garis halus timbul dan memberantas radikan bebas penyebab kerutan di wajah. Berikutnya ada vitamin C yang mampu mendorong produksi kolagen dalam kulit secara alami sekaligus membuat kulit semakin elastis dan kencang. Kalsium pada tomat sangat ampuh memproduksi sel epidermis dan memulihkan kulit yang bersisik akibat kekurangan cairan. Berikutnya ada kalium, senyawa si pemberi cairan untuk melembabkan kulit dan magnesium untuk membantu kulit ebih cerah bercahaya serta memperlambat proses penuaan kulit.

Ritual Kecantikan Dengan Tomat

  1. Masker tomat

Masih Bingung Cara Gunakan Tomat? Ini Dia Ritual Kecantikan Untuk Kulit Sehat Dan Cerah

Zaitun berperan sebagai bahan pelembab alami dan menambah vitalitas kesehatan kulit terlebih jika digabung dengan kasiat tomat yang kaya. Cara membuat masker tomat adalah dengan menyiapkan 1/5 buah tomat yang sudah diperas airnya dan 1 sdt minyak zaitun. Campur kedua bahan lalu aduk hingga rata. Oles masker ini ke bagian wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Khasial masker ini adalah membantu melembabkan kulit dan meredakan jerawat bias atau yang meradang.

Selain menggunakan ramuan tomat dan zaitun, masker juga bisa dicampur dengan bahan alami lain seperti timun, lemon atau alpukat. Untuk masker tomat dan timun, cukup campurkan ½ tomat dan ¼ timun yang sudah dikupas bersih. Tumbuh halus dan gunakan masker seperti cara pertama. Berikutnya masker tomat dan lemon yang mampu mencerahkan, menyamarkan noda hitam dan mengecilkan pori-pori. Siapkan ½ tomat, ½ sdt jus lemon, dan ½ sdt minyak zaitun. Lakukan perawatan tomat dan lemon dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

Terakhir, masker tomat dan alpukat yang sanggup mengatasi komedo hitam, melembutkan dan meredakan kemerahan pada kulit. Cara buatnya adalah siapkan satu buah tomat dan ½ alpukat. Lakukan perawatan sama seperti cara sebelumnya.

  1. Scrub tomat

Masih Bingung Cara Gunakan Tomat? Ini Dia Ritual Kecantikan Untuk Kulit Sehat Dan Cerah

Manfaat scrub dengan tomat adalah membantu mengangkat sel kulit mati dengan mudah. Scrub juga membantu mencerahkan kulit, meredakan jerawat dan melembutkan kulit. Bahan untuk membuat scrub tomat adalah menyiapkan 1 sdt jus tomat, ½ sdt tepung beras, ½ sdt susu sapi bubuk, air mawar jika dibutuhkan. Campur semua bahan dan aduk lalu oles pada wajah. Tunggu selama 5 menit sambil pijat kulit wajah. Gunakan air mawar untuk memangkas scrub kering lalu bilas dengan air bersih.

  1. Toner tomat

Masih Bingung Cara Gunakan Tomat? Ini Dia Ritual Kecantikan Untuk Kulit Sehat Dan Cerah

Selain scrub, toner tomat juga mudah dibuat. Manfaat toner tomat yakni mengencangkan kulit dan mengecikan pori-pori, mengatasi minyak berlebih dan meredakan jerawat. Anda cukup siapkan 1 sdt jus tomat, 1 sdt air mawar, 1 sdt air teh hijau. Campur semua bahan dan tuang ke dalam cetakan es. Masukkan kedalam kulkas sampai membeku. Gunakan air es tersebut untuk digosokkan ke bagian kulit wajah yang bermasalah dengan gerakan memutar. Bilas dengan air bersih dan keringkat kulit wajah.

  1. Krim pijat

Masih Bingung Cara Gunakan Tomat? Ini Dia Ritual Kecantikan Untuk Kulit Sehat Dan Cerah

Manfaat krim pijat tomat adalah merelaksasi, mencerahkan, melembapkan, memelihara elastisitas dan meratakan warna kulit wajah. Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan 1 sdt jus tomat, ½ sdt jus wortel, 1 sdt yogurt plan, 3 batang kunyit, 1 kapsul vitamin E. Campur semua bahan dan aplikasikan ke wajah, diamkan 10 menit lalu bilas wajah dengan air hangat.

Itulah ritual mudah merawat kecantikan wajah dengan buah tomat. Semoga bermanfaat ladies1

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top