Inspiration

Martha Tilaar: Pengusaha Kosmetik Wanita Sukses Asal Indonesia

Martha Tilaar: Pengusaha Kosmetik Wanita Sukses Asal Indonesia

Banyak wanita pengguna kosmetik tak asing lagi dengan produk Sariayu Martha Tilaar. Atau mungkin Anda salah satu konsumen setia produk kecantikan tersebut. Martha Tilaar memang menjadi salah satu brand produk kosmetik Indonesia yang juga merukapan ikon produk lokal. Berkat tangan dingin Martha Tilaar, dirinya memiliki peran besar yaitu sebagai leader dari perusahaan kosmetik tanah air. Tak hanya itu, Martha Tilaar juga menciptakan berbagai produk kecantikan lainnya yang bisa dibilang inovasi demi menunjang nama produsen.

Sponsor: pemutih wajah

Martha Tilaar adalah seorang pendiri perusahaan sekaligus tokoh yang memiliki peran penting. Dirinya adalah sosok wanita Indonesia yang inspiratif dan penuh kisah perjuangan dalam menggampai semua usahanya. Martha Tilaar juga dikenal sebagai wanita yang memiliki kisah hidup cukup menarik juga penuh inspirasi. Inilah Martha Tilaar pengusaha kosmetik wanita sukses asal Indonesia.

Kisah Hidup Martha Tilaar

Martha Tilaar adalah wanita kelahiran Kebumen, Jawa Tengah pada  4 September 1937. Ia lahir dalam lingkungan keluarga cukup bahagian dan sejak kecil dikenal sebagai gadis yang mandiri dan gemar melakukan hal-hal yang berkaitan dengan dunia kecantikan. Sewaktu sekolah, dirinya pernah berjualan kreasinya yang dibuat dari tumbuhan alami seperti Jali-jali Putih dan Sogok Telik. Uang hasil penjualannya tersebut ia gunakan sebagai uang tambahan saku.

Dan menginjak dewasa, Martha tumbuh sebagai gadis cantik yang akhirnya dilamar oleh pria dari keluarga ningrat yaitu H.A.R Tilaar. Saat itu ia menikah pada usia yang sangat muda dengan pria bangsawan berdarah biru. Dan setelah itu, Marta harus mengikuti sang suami ke Amerika Serikat untuk melanjutkan studi. Selama berada di negeri Paman Sam, ia tak bisa tinggal diam dan tertarik mengembangkan bisnis di dunia kecantikan. Ia akhirnya mengikuti pendidikan di Academy of Beauty Culture, di Bloomington, Indiana. Ditempat itulah ia belajar banyak hal seputar dunia kosmetik dan kecantikan.

Berkat pengalaman berharganya, akhirnya ia memiliki kesempatan untuk membuah sebuah salon di Amerika. Selama menjalankan usahanya, banyak hal yang ia lalui tidaklah mudah. Ia mencari promodi dari pintu ke pintu untuk menawarkan jasa dari salon kecantikan. Ia menawarkan jasanya kepada istri para mantan dosen, istri dari pejabat Indonesia dan para wanita Indonesia yang tinggal di Amerika. Dan berkat usaha nya yang tiada henti, akhirnya bisnisnya mulai berkembang dan membuahkan hasil nyata. Namanya juga ikut terkenal berkat keahliannya.

Meski sempat divonis mandul, selama 11 tahun bersama akhirnya ia dikaruniai anak. Saat usinya menginjak 41 tahun, ia pernah dmenganggap dirinya telah memasuki masa menopause sehingga membuat dirinya benar-benar terpukur sebab belum bisa memberikan anak biologis. Meski begitu, Marta tidak menyerah dan tanpa disengaja keajaiban muncul. Setelah lama mengidamkan buah hati, akhirnya ia dikaruniai anak. Tepat pada usia 42, Marta melahirkan anak pertamanya dan kini telah memiliki 4 orang anak.

Karir Martha Tilaar Membangun Bisnis Kosmetik

Selama berada di Amerika, menjadi pengalaman berharga sekaligus modal saat kembali ke Indonesia. Di tanah kelahirannya, Marta mulai membuka salon pertamanya di bekas garasi rumah ayahnya. Gerai salon pertamanya didirikan pada tahun 1970 dengan modal nama besarnya. Dan saat itu tak cukup sulit menjaring para pelanggan karena rata-rata pelanggannya adalah orang-orang yang dulu juga pernah di Amerika.

Tak berapa lama yaitu tepat pada 1972, Marta kembali mulai mendirikan cabang salon di Jakarta Selatan. Akhirnya, di kota besar itulah ia mulai mengembangan brand kosmetik hasil kreasinya bernama Sariayu Martha Tilaar. Keberuntungan kembali mengiringi bisnisnya dimana ia mendapat kesembatan bekerjasama dengan Theresia Harsini Setiady yang merupakan salah satu petinggi PT Kalbe Farma. Produknya akhirnya mendapat bantuan proses produksi dan akhirnya mendirikan salah satu pabrik bernama PT Martina Berto.

Setelah kerjasama yang berlangsung selama beberapa tahun itu, produk Sariayu Martha Tilaar juga mulai mendapat respon positif dari para konsumennya. Sehingga dengan sentuhan kreativitas, saat itu Marta Tilaar mulai mengembangkan inovasi baru dengan memberi tema kecantikan alami, salah satu ikon dan keunikan tersendiri dari produk-produknya.

Setelah bertahun-tahun bekerjasama dengan PT. Kalbe Farma, kini usaha milik Marta telah berdiri dibawah bendera Martha Tilaar Group. Perusahaan Marta akhirnya pun mengakuisisi banyak perusahaan lain seperti PT Tiara Permata, Belia Martha Tilaar, Aromatic Oil Of Java Martha Tilaar, Berto Martha Tilaar, Dewi Sri Spa Martha Tilaar, Biokos Martha Tilaar, dan Jamu Garden Martha Tilaar. Tak hanya menjual produk kosmetik satu lebel saja, kini sudah banyak lebel dihasilkan dari usaha Marta dan grub nya.

Demikian kisak sukses seorang pengusaha wanita ternama, Marta Tilaar yang memiliki banyak kekuatan dalam menginspirasi kaum wanita dan pemuda. Bahkan Marta Tilaar telah memberikan konstribusi dengan memberdayakan kaum wanita Indonesia agar lebih mandiri dan kreatif juga memberi lapangan pekerjaan lebih dari 70% nya adalah pekerja wanita. Bagi Marta, pesan sukses hidupnya adalah fokus bekerja dalam satu bidang yang ia jalanin dan tidak pernah menyerah untuk menggapainya. Karena tak ada yang tak mungkin saat kita mampu berusaha sehingga pada akhirnya kesuksesan besar bisa diraih.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top