Entertaiment

Mari Mengenal Macam Suku di Indonesia

Definis dari Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi satu jua. Perbedaan adalah pemersatu negeri ini. Inilah Indonesia. Negara kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia terdiri atas banyak macam keunikan. Indonesia bukan hanya kaya akan wisata, kuliner, tradisi, tetapi juga kaya akan suku bangsa. Masih banyak masyarakat yang belum mengenal macam suku di Indoneisa. Padahal setiap suku yang ada ini mempunyai sejarah yang panjang.

macam suku di Indonesia

sponsor : perawatan wajah

Ada ratusan suku bangsa di Indonesia. Nama suku di bawah ini hanya sebagiannya saja, mewakili dari masing-masing provinsi yang ada di Indonesia.

  1. Suku Aceh dari Aceh

Suku Aceh adalah suku yang berasal dari Provinsi Aceh. Suku lain di provinsi tersebut di antaranya ada suku Gayo, suku Alas, suku Kluet, suku Melayu Tamiang, suku Haloban, suku Devayan, suku Sigulai, suku Julu, suku Singkil, suku Aneuk Jamee, suku Simelue, dan suku Pulau. Dahulu pada masa pra-modern Suku Aceh hidup secara matrilokal dan komunal. Mereka menempati sebuah pemukiman yang disebut gampong. Persekutuan dari gampong-gampong tersebut membentuk mukim.

Aceh pernah mengalami masa kememasan budaya. Pada abad ke-16 masa keemasan budaya Aceh dimulai. Keemasan budaya seiring dengan kejayaan kerajaan Islam Aceh Darussalam. Hingga akhirnya keemasan budaya Aceh mencapai puncaknya pada abad ke-17.

Masyarakat Aceh  dikenal sebagai pemegang teguh ajaran agama Islam, itulah mengapa aceh disebut sebagai Daerah Istimewa. Mereka juga sebagai pejuang militan dalam melawan penaklukan kolonial Portugis dan Belanda.

  1. Suku Batak dari Sumatera Utara

Suku batak berasal dari provinsi Sumatera Utara. Terdapat berbagai jenis suku batak yaitu Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Fakfak, Batak Angkola, Batak Toba, Melayu, Nias, Batak Mandailing, dan Maya-maya. Sedangkan yang dikategorikan sebagai Batak adalah Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Angkola, dan Batak Mandailing.

  1. Suku Minangkabau dari Sumatra Barat

Selanjutnya ada suku Minangkabau. Suku tersebut berasal dari  Provinsi Sumatra Barat. Suku lain yang ada di provinsi Sumatera barat adalah suku Melayu, suku Mentawai, suku Tanjung Kato, Panyali, Caniago, Sikumbang, dan Gusci. Suku Minangkabau sering disingkat dengan suku Minang.

Umumnya orang-orang menganggap orang Minang sama dengan orang Padang, karena merujuk pada nama ibu kota provinsi Sumatera Barat Kota Padang. Sementara mereka biasanya akan menyebut kelompoknya dengan sebutan urang awak. Yang mana maksudnya yaitu sama dengan orang Minang itu sendiri

  1. Suku Akit dari Riau

Suku Akit ialah suku asal Riau. Tak hanya suku Akit yang ada di Provinsi Riau, ada pula seperti Suku anak dalam, Melayu, Akit, Talang Mamak, Hutan, Sakai, Laut, Bunoi. Suku Akit sendiri merupakan suku asli yang mendiami wilayah Pulau Rupat tepatnya di Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Suku ini telah lama mendiami pulau Riau sebelum suku-suku lainnya ikut menjadikan pulau ini sebagai tempat tinggal.

  1. Suku Sakai dari Kepulauan Riau

Selain suku Sakai, ada pula suku asal Provinsi Kepulauan Riau lainnya yaitu Melayu, Siak, Sakai, Kubu, Kerinci, Bajau, Batin, Penghulu. Menurut pendapat beberapa ahli, suku Sakai ini  merupakan hasil percampuran antara orang Wedoid dengan orang Minangkabau yang bermigrasi sekitar abad ke-14.

  1. Suku Kerinci dari Jambi

Beberapa suku yang ada di Provinsi Jambi yaitu suku Batin, suku Kerinci, suku Penghulu, suku Pedah, Melayu, Jambi, Kubu, dan Bajau. Dan ternyata nama suku Kerinci  berasal dari bahasa Tamil, yang maknanya nama bunga kurinji (Strobilanthes kunthiana) yang tumbuh di India Selatan pada ketinggian di atas 1800 m yang mekarnya satu kali selama dua belas tahun.

Maka dari itu Kurinji merujuk pada kawasan pegunungan. Dapat dipastikan bahwa ada hubungan Kerinci dengan India  yang telah terjalin sejak lama dan nama Kerinci sendiri diberikan oleh pedagang India Tamil.

  1. Suku Musi dari Sumatra Selatan

Ada beberapa jenis suku di Provinsi Sumatra Selatan, di antaranya ada suku Melayu, suku Kikim, suku Semenda, Komering, Pasemah, Lintang, Pegagah, Rawas, Sekak Rambang, Lembak, Kubu, Ogan, Penesek Gumay, Panukal, Bilida, Musi, Rejang, dan Ranau. Suku Musi sebagai suku terkenal di Sumatera Selatan.

Suku Musi pula biasa dikenal sebagai suku Sekayu.

  1. Suku Melayu dari Bangka Belitung

Suku-suku  di Provinsi Bangka Belitung adalah suku Melayu, Jawa, Sunda , Bugis, Banten, Banjar, Madura, Palembang, Minang, Aceh, Flores, Maluku, Manado. Adapun Suku Melayu ialah paling dikenal di Bangka Belitung. Nama Melayu berasal dari Kerajaan Malayu yang pernah ada di kawasan Sungai Batang Hari. Dalam perkembangannya, akhirnya Kerajaan Melayu takluk dan menjadi bawahan Kerajaan Sriwijaya.

Pemakaian istilah Melayu-pun menjadi luas hingga ke luar Sumatera, mengikuti teritorial imperium Sriwijaya yang berkembang hingga ke Jawa, Kalimantan, dan Semenanjung Malaya. Sehingga orang Melayu Semenanjung berasal dari Sumatera.

Wah.. ternyata dalam satu provinsi terdiri dari banyak suku ya. Itu saja belum seluruh provinsi yang diulas. Sebagai anak bangsa wajib mengetahui dan melestarikan apa-apa yang dimiliki Indonesia, termasuk suku. Meski berbeda suku, kita wajib menjaga persatuan. Agar tercipta Indonesia nan damai.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top