Olahraga

Manfaat Yang Bisa Didapat Dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Manfaat Yang Bisa Didapat Dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Manfaat minum kopi sebelum olahraga bisa kita dapatkan karena mungkin bisa melawan rasa kantuk dan mencegah tubuh agar tidak cepat lemas. Diyakini bahwa meminum secangkir kopi sebelum olahraga mampu membangkitkan kesegaran tubuh. Namun sebenarnya, boleh atau tidak minum kopi sebelum berolahraga?

Sponsor: cream perawatan wajah

Menurut penelitian, minum kopi sebelum olahraga bisa menghasilkan manfaat sehat di pagi hari. Pada dasarnya, minum kopi boleh dilakukan sebelim dan bukan sesudahnya. Alasannya karena saat berolahraga, tubuh membutuhkan asupan nutrisi demi memulihkan kondisi tubuh yang lemah. Sementara minum kopi sebelum olahraga bisa memberi hasil lebih maksimal. Betikut manfaat penting minum kopi yang bisa Anda peroleh sebelum memulai latihan fisik.

Manfaat Yang Bisa Didapat Dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

1. Mencegah nyeri otot

Penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois, Amerika Serikat menyebut bahwa minum kopi sekitar satu jam sebelum olahraha bisa mencegah nyeri di area otot. Penelitian serupa juga dilakukan oleh University of  Georgia, AS jika minum satu jam kopi sebelum berolahraga dapat mengurasi nyeri sebanyak 48%. Jadi, kopi bisa membuat tubuh lebih fit dan nyaman saat olahraga, terutama Anda yang senang melakukan latihan dengan intensitas tinggi dan dalam waktu lama.

Manfaat Yang Bisa Didapat Dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

2. Melancarkan sirkulasi darah

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh pakar ahli dari University of  Ryukyus Jepang, meminim secangkit kopi bisa melancarkan sirkulasi darah sebesar 30%. Jika sirkulasi darah lancar maka bisa membuat serulih jaringan otot dan tulang dalam tubuh mendapat suplai oksigen yang cukup. Semakin baik sirkulasi darah maka otot dan tulang bisa membantu tingkatkan performa tubuh untuk berolahraga.

Manfaat Yang Bisa Didapat Dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

3. Meningkatkan ketahanan fisik

Kopi sanggup tingkatkan ketahanan fisik sehingga membuat tubuh tidak mudah lelah dan mengurangi risiko cidera. Penelitian Journal of Applied  Physiology menyebut jika kopi yang diminun sebelum berolahraga akan meningkatkan ketahanan fisik dan membuat tubuh tetap bugar sepanjang hari. Didalam kopi terkandung zat kafein yang membantu menyegarkan pikiran dan menambah energi.

     Manfaat Yang Bisa Didapat Dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Aturan aman minum kopi sebelum olahraga

Meski kopi bisa membuat olahraga lebih segar dan tubuh bebas lemas, namun perlu diketahui tentang aturan minum kopi. Supaya bisa dapatkan manfaat maksimalnya, maka usahakan untuk minum kopi satu jam sebelum olahraga. Kafein dalam kopi membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk bisa diserap sempurna oleh tubuh. Jadi minumlah kopi setelah bangun pagi atau sebelum memulai latihan.

Aturan berikutnya adalah lebih sehat dengan tidak menambahkan susu dan gula. Alasannya karena susu sapi lebih lama diproses dalam tubuh sehingga bisa menimbulkan masalah pencernaan. Sementara kopi dengan gula bisa tingkatkan gula darah tak stabil selama olahraga. Selanjutnya jangan lupa untuk tambah asupan air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi sebab kopi bersifat diuretik. Dan lebih baik minumlah kopi serta berolahraga secara rutin agar pencernaan mampu menyesuaikan diri.

Setelah Anda mengerti akan pentingnya kopi sebelum berolahraga bisa membuat latihan lebih optimal. Itu dia alasan penting minum kopi sebelum olahraga ternyata bisa tingkatkan kebugaran.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top