Manfaat Wijen Untuk Kecantikan

Manfaat Wijen Untuk Kecantikan

Wijen merupakan jenis biji-bijian yang banyak dikonsumsi sebagai campuran pada makanan dan membuatnya terlihat lebih gurih. Karena bentuknya yang kecil, biji wijen juga sering dimanfatkan sebagai taburan pada makanan supaya tampilan makanan terlihat lebih menarik. Selain dijadikan campuran pada makanan wijen juga diolah menjadi minyak wijen yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan kulit. Kandungan nutrisi, vitamin, serta zat lainnya yang terdapat pada minyak wijen sama dengan yang terkandung pada biji wijen. Manfaat wijen untuk kecantikan sendiri sudah banyak digunakan salah satunya untuk meremajakan kulit yang kusam.

Sponsor: kezia skin expert

Kandungan nutrisi wijen:

Wijen atau latinya Sesamum orientalis L adalah tanaman yang dibudidayakan untuk diambil smber minyak alaminya. Wijen yang telah diolah dalam bentuk minyak, memiliki aroma khas yang enak dan pedas. Minyak wijen berwarna kuning pucat mengandung pengawet alami. Minyaknya yang berasal dari ekstrak wijen sendiri adalah bahan anti bakterial alami yang bermanfaat mengurangi munculnya bakteri sekunder terutama pada luka bakar dan luka biasa. Selain itu, anti inflamasinya bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit seperti eskim dan prosiasis. Kandungan wijen dan ekstraknya terdiri dari vitamin B6, E dan K, Fosfor, Tembaga, Kalium, Magnesium, Zinc, Sesamol, Asam omega 3, dan Phytosterol.

  • Vitamin E. Vitamin ini sangat kaya pada wijen yang menjadi antioksidan kuat yang bertugas menghambat oksidasi dan menangkal radikal bebas.
  • Sesamol. Wijen mengandung senyawa sesamol yang diyakini mampu mencegah dan memperlambat proses penuaan karena radikal bebas. Menghambat pembentukan garis-garis halus, kerutan dan membantu mempertahankan kulit tetap kencang alami.
  • Asam linolenat. Atau sering dikenal dengan asam omega 3 memiliki kelebihan dalam hal khasiat yang tinggi dibanding banyak asam lemak lainnya. Asam omega 3 dapat mencegah rusaknya membran sel penyebab masalah pada kulit.

1. Menyegarkan Kulit

Kondisi kulit pada musim panas atau kemarau biasanya sangat rentan mengalami masalah. Masalah seperti kulit kusam, kering, dan juga bersisik sangatlah mudah menyerang pada permukaan kulit yang kurang sehat. Penggunaan minyak wijen pada musim panas akan sangat bermanfaat menjaga kesegaran serta kelembaban kulit Anda. kandungan Vitamin E, asam palmiat, asam linoleat, asam stearat, serta sifat menyejukkan dan menyegarkan yang terdapat pada minyak wijen sangat ampuh mengatasi berbagai masalah kulit seperti kering, kusam, dan bersisik  serta membuat kulit menjadi lebih segar dan juga lembab.

2. Meremajakan Kulit

Mempunyai kulit sehat merupakan dambaan bagi setiap orang. Menggunakan minyak wijen secara teratur dapat bermanfaat menyehatkan kulit Anda. Kandungan Vitamin E serta Antioksidan yang terdapat pada minyak wijen sangat ampuh mengangka sel kulit mati serta meremajakan kulit. Antioksidan juga bermanfaat menangkal radikal bebas yang dapat mempengaruhi kulit serta mencegah munculnya garis-garis pada wajah serta keriput yang mempercepat proses penuaan pada kulit. Jadi minyak wijen jika digunakan secara teratur maka dapat bermanfaat menyehatkan kulit Anda serta mencegah penuaan dini pada kulit wajah Anda.

3. Menghilangkan Racun Pada Kulit

Manfaat minyak wijen yang berikutnya adalah mampu menghilangkan racun pada kulit. Debu serta radikal bebas akan terperangkap pada kulit serta berubah menjadi racun yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit Anda. minyak wijen mempunyai sifat detoksifikasi yaitu kemampuan untuk menangkap serta menghilangkan racun yang terperangkap pada kulit Anda. dengan rutin mempergunakan minyak wijen baik itu pada kulit maupun wajah akan sangat bermanfaat menghilangkan racun pada kulit serta membuat kulit menjadi lebih sehat secara alami.

4. Mengobati Luka Bakar

Luka bakar bukanlah masalah yang serius bagi kesehatan, akan tetapi luka bakar dapat menyisakan bekas luka pada kulit sehingga dapat membuat kulit menjadi kurang indah serta membuat kepercayaan diri Anda berkurang. Penggunaan minyak wijen sangat bermanfaat untuk mengobati luka bakar pada kulit. Minyak wijen mempunyai sifat anti bakteri yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan bakteri sekunder pada luka bakar agar bakteri tidak tumbuh serta berkembang pada luka. Penggunaan minyak wijen pada luka akan bermanfaat membuat luka cepat mengering dan sembuh serta mencegah berkembangnya bakteri yang dapat membuat luka menjadi melebar dan parah yang dapat mengganggu kecantikan kulit Anda.

5. Menjaga Kelembapan Kulit

Wijen membantu mengembalikan kelembapan kulit yang hilang. Kemampuannya mampu menarik toksin dan sebagai zat alami untuk detok kulit. Untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit, bisa dengan mengoleskan beberapa tetes minyak wijek. Selain itu, minyak wijen cukup efektif mengatasi kulit kaki atau telapak tangan yang pecah-pecah, suku atau lutut yang kering. Tabir surya alami yang terkandung ampuh melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

6. Mengobati Jerawat

Wijen dapat dikonsumsi dalam bentuk camilan. Pada ekstrak wijen sering dimanfaatkan untuk minyak dalam masakan. Sementara untuk mengatasi jerawat, wijen dalam bentuk ektraknya dapat bermanfaat menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Sebagai bahan tabir surya alami, wijen akan membantu mengangkat sel kulit mati sisa jerawat yang menimbulkan bekas di wajah. Untuk dapat digunakan bisa dengan mengoleskan beberapa tetes minyak wijen atau ekstraknya ke area wajah yang terkena jerawat. Tunggu beberapa menit hingga meresap dan segeralah bilas dengan air hangat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top