Manfaat Tanaman

Manfaat Wasabi Untuk Kecantikan Kulit

Wasabi sering dijadikan bumbu pedas khas Jepang, yang identik sebagai pedamping sushi. Dibalik rasanya yang pedas, ternyata bermanfaat sebagai obat penyembuh dan penangkan racun dari makanan. Wasabi juga bermanfaat untuk kecantikan. Manfaat wasabi untuk kecantikan kulit sudah banyak dibuktikan sebagai obat pencerah wajah dan mencegah jerawat secara alami.

Manfaat Wasabi Untuk Kecantikan Kulit

Sponsor: cream perawatan wajah

Wasabi atau Wasabia japonica, adalah tanaman asli Jepang yang berbentuk rimpang yang tumbuh dari rumpun kubis. Umumnya sering dijadikan sebagai penyedap masakan Jepang seperti sushi, sashimi, soba, dan ochazuke. Bagian daun, tangkai, dan rimpangnya memiliki aroma harum dengan rasa tajam menyengat akibat adanya zat kimia isotiosianat. Senyawa pada wasabi bersifat antimikroba penghambat bakteri. Oleh karena itu, wasabi sering disajikan sebagai pelengkap hidangan ikan segar dalam masakan Jepang. Wasabi mengandung vitamin C, kalium, kalsium,  dan fitokimia sebagai zat antioksidan.

Sementara untuk membuat kulit sehat, wasabi bisa berguna untuk mencerahkan wajah dan mencegah jerawat, dan pembersih minyak dan kotoran pada kulit. Di alam bebas, wasabi hanya tumbuh liar di daerah beriklim sejuk, dan sering ditemukan di daetah lembah, pinggiran sungai atau di tengah air bersih. Wasabi mengandung zat konsentrasi potasium, kalsium, vitamin C, dan phytochemicak yang lebih tinggi sehingga ampuh sebagai sumber antioksidan untuk obat kulit dari radikal bebas. Tak hanya dijadikan bumbu yang bisa dimakan, wasabi juga terbukti sangat baik untuk kulit, jadi tak heran bila tanaman yang tumbuh di daerah dingin ini banyak dijadikan produk industri berupa kosmetik perawatan kulit, dan bahan dasar perawatan tubuh dan wajah. Tanaman dengan aroma khasnya yang menyengat, dapat juga dioleskan pada bibir agar menghasilkan bibir penuh.

Manfaat wasabi untuk kecantikan kulit:

1. Mencegah jerawat

Wasabi bisa digunakan sebagai pembersih wajah alami sehingga mampu membuat kulit wajah cerah dan bebas jerawat. Wasabi mengandung ekstrak alami yang membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat. Melalui uji vitro, ekstrak wasabi mengandung hingga 99 persen anti bakteri dan bermanfaat sebagai herbal wajah untuk membantu mengangkat sel kulit mati penyebab wajah kusam.

2. Membersihkan wajah berminyak

Wasabi mengandung senyawa antimikroba yang diklaim menjadi solusi mengatasi masalah kulit berminyak, mengurangi minyak pada wajah dan mencegah munculnya bakteri penyebab jerawat.

3. Pencegah penuaan dini

Wasabi memiliki kandungan sulfiny yaitu senyawa antioksidan terkuat yang dapat mengurangi penuaan dini. Masker wasabi ampuh melawan kanker, mengurangi kerutan dan lipatan tubuh sebagai akibat dari proses penuaan. Alhasil, ramuan ini ampih untuk mengencangkan kulit wajah dan menutrisinya.

4. Memutihkan kulit wajah

Masker alami wasabi dapat bermanfaat untuk wajah sebagai masker untuk memutihkan. Pasalnya kandunhan Anti-bacterial salicylic acid pada wasabi dapat membantu mengangkat sel kulit mati secara penug sehingga membuat wajah akan tampak bersih, lebih sehat dan cerah alami. Jadi cocok untuk masker alami pencerah kulit.

Manfaat lain wasabi untuk kesehatan:

5. Mencegah keracunan makanan

Di Negara asalanya Jepang, Wasabi memang menjadi pasta andalan untuk mencegah tumbuhnya microba yang bisa menyebabkan keracunan dan sakit perut. Adanya kandungan allyl isothiocyanate membantu melawan racun yang bisa disesabkan oleh bakteri atau parasit dari dalam makanan yang dikonsumsi terutama makan mentah seperti ikan. Jepang memang terkenal dengan budaya mengkonsumsi ikan mentah. Walau demikian, memakan sajian ikan mentah, sangat rentan dengan bakteri atau caci. Oleh karena itu, wasabi mampu bekerja sebagai zat untuk menetralisir dan membunuh spora jamur atau bakteri di dalam ikan segar yang sering dikonsumsi.

6. Herbal pencegah kanker

Tanaman yang tumbuh liar di sekitar sungai ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kanker. Wasabi memiliki kandungan senyawa 6-MSITC (Methylsulfinylhexyl isothiocyanate), yaitu senyawa pencegah inflamasi dan  membantu pertahanan tubuh dari radikal dan sel-sel kanker.

7. Baik untuk sirkulasi

Senyawa 6-MSITC yang dikandung wasabi, juga bekerja ampuh menghambat agregasi platelet yang merupakan penggumpalan trombosi dalam proses pembekuan darah. Dengan kata lain, zat tersebut dapat mengurangi risiko munculnya serangan jantung dan stroke secara tiba-tiba. Bila peredaran darah lancar, maka kesehatan jantung akan terjaga  sehingga metabolisme tubuh bekerja dengan baik.

8. Melawan pilek dan alergi

Wasabi ternyata baik dipakai sebagai obat herbal mengatasi penyakit pilek, flu, atau alergi pada tubuh. Wasabi menghasilkan gas yang berasal dari senyawa allyl isothocynate, yaitu senyawa paling efektif melawan bakteri atau pathogen penyebak penyakit pilek, flu hingga mampu meredakan masalah sinus.

Cara mengolah wasabi untuk wajah:

Wasabi dapat diolah dalam keadaan segar, bubuk atau kaleng. Bila diolah dalam keadaan masih segar, wasabi bisa diparut dan digunakan. Wasabi sering juga diolah dalam bentuk pasta yang siap digunakan. Untuk perawatan kulit, cara mengolah wasabi cukuplah mudah. Terpenting adalah, Anda harus mencari bahan bakunya. Wasabi cukup sulit didapar di Indonesia, kalaupun ada harganya bisa dibilang cukul mahal. Wasabi bisa dijadikan masker alami untuk kecantikan kulit. Caranya dengan menambahkan wasabi dan 3-5 sdm minyak zaitun, panaskan selama dua menit, lalu aduk dan diamkan. Hasil ramuan wasabi bisa langsung dioleskan pada wajah sambil dipijat lembut selama 10 menit. Selanjutnya bilas wajah dengan air dan sabun agar sisa kotoran dan minyak dari wajah lenyap.

4
15%
like
18
69%
love
2
7%
haha
1
3%
wow
0
0%
sad
1
3%
angry

Comments

comments

To Top