Manfaat Tanaman

Manfaat Urang Aring Untuk Kecantikan Rambut

Manfaat Urang Aring Untuk Kecantikan Rambut

Manfaat urang aring untuk kecantikan rambut sudah lama digunakan masyarakat sebagai tanaman tradisional penghitam rambut. Tanaman urang aring atau Eclipta alba L. Hassk. adalah rumput yang tumbuh liar dan biasa ditemukan di tepi jalan, dekat selokan atau lapangan berumput. Urang aring membutuhkan banyak sinar matahari untuk kelangsungan hidupnya. Dan dapat tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut.

Sponsor: pemutih wajah

Ciri dari tanaman urang-aring yaitu memiliki batang berbentuk bulat berwarna hijau kecokelatan. Terdapat rambut kasar berwarna putih, daunnya berwarna hijau berbentuk bulat telur dan memanjang. Bagian ujung daun meruncing, dengan pinggiran daun yang bergerigi halus atau hampir rata. Terdapat bunga majemuk berbentuk bongkol kecil dan banyak berwarna putih. Urang aring memiliki buah pipih memanjang, keras dan berbulu halus. Urang aring bisa tumbuh mencapai 80 centi meter.

Urang aring banyak ditemukam diberbagai wilayah Indonesia dengan julukan nama yang berbeda. Di Cina, rumput urang aring sudah lama digunakan sebagai obat tradisional dengan menyebutnya Mo han lian. Meski di Indonesia urang-aring lama digunakan untuk rambut, namun batu-baru ini bisa dijadikan sebagai obat untuk atasi berbagai penyakit seperti mimisan, muntah dan kencing darah, diare dan berak darah, hepatitis, pendarahan rahim, keputihan, dan kurang gizi.

Manfaat Urang Aring Untuk Kecantikan Rambut

Kandungan Nutrisi Daun Urang Aring

Tanaman urang-aring memiliki rasa sejuk yang manis dan asam. Ada sifat kimiawi pada tanaman yang bisa pendarahan (hemostatic), anti racun (antitoxic) dan menurunkan panas (antipyretic). Bagian tanamam yang sering dipakai adalah seluruh dari bagian tanaman. Bisa dikonsumsi dalam keadaan segar atau kering dan banyak diprodukso dalam bentuk minyak yang bermanfaat sebagai bahan perawatan rambut. Beberapa senyawa kimia yang ada pada urang aring yakni Ecliptine, Alfa Terthienylmethanol, thiophene, methyl acetate dan wedelolactone. Daun urang aring mengandung nikotin, alkaloida, dan ekliptin.

Manfaat Urang Aring untuk Kecantikan

Urang-aring memang terkenal dalam dunia kecantikan terutama yang berhubungan dengan rambut dan alis. Tanaman bisa dimanfaatkan sebagai penghitam rambut. Untuk bisa menggunakannya, kebanyakan dibuat minyak dan siap dipakai. Berikut manfaat minyak urang aring untuk rambut.

  • Menghitamkan rambut dan Mengatasi ubanan

Urang-aring yang berwarna hijau ternyata mengandung zat pewarna hitam sehingga cocok untuk menghitamkan rambut, membuatnya berkilau, dan mencegah rambut beruban sejak dini. Untuk mencegah hal rambut beruban sejak dini maka rajinlah menggunakan minyak urang-aring dari sekarang. Cara menggunakannya dengan rutin memakai minyak urang-aring

  • Penyubur rambut

Urang-aring juga ampuh untuk menyuburkan rambut. Zat alaminya mampu membuat akar rambut jadi sehat, kuat dan melindungi rambut dari kerontokan. Caranya dengan ambil segenggam daun urang-aring, cuci bersih dan lumatkan hingga halus. Tambahkan 2 gelas air dan saring arinya. Diamkan air selama semalam hingga berembun. Pagi harinya oleskan air saringan ke kulit kepala.

  • Menyuburkan alis

Selain penyubur rambut kepala, minyak urang aring juga cocok dipakai untuk menyuburkan rambut alis. oleskan minyak secara merata ke alis dan diamkan beberapa menit lalu bilas. Agar hasil maksimal gunakan secara rutin setiap hari. Anda bisa juga membantu mentreatmen alis dengan memijatnya perlahan agat alis bisa tumbuh lebih cepat.

  • Mendinginkan kepala dan Menghilangkan ketombe

Urang aring ternyata efekti mendinginkan kulit kepala karena bersifat sejuk saat dipakai. Minyak urang aring juga bisa menghilangkan ketombe yang menjadi masalah kulit kepala dan merusak rambut. Gunakan minyak urang aring secara rutin untuk kulit kepala bebas dari ketombe.

Manfaat Urang Aring untuk Pengobatan

Dalam dunia pengobatan tradisional, urang aring baik dijadikan herba atasi segala penyakit diantaranya sebagai berikut:

  • Mengobati gusi bengkak

Ketika gusi kita bengkak maka akan timbuk rasa nyeri dan sakit yang luar biasa. Bahkan gisi bengkak bisa mengakibatkan gusi berdarah atau nanah. Pengobatan dengan herbal ini mampu menekan syaraf lebih tenang sehingga membuatnya tiak sakit. Cara menggunakannua dengan siapkan tanaman segar. Lalu panggang hingga kering dan ditumbuk hingga halus. Letakkan serbuk urang-aring ke bagian gusi yang terasa sakit.

  • Mengobati koreng di kepala

Koreng di kulit kepala sering dialami oleh anak kecil. Koreng bisa terjadi karena kurangnya pengetahuan diri tentang pentingnya menjaga kebersihan kulit kepala dan tubuh. Cara mengobatinya dengan mengambil daun urang aring secukupnya, cuci bersih, lalu rebus dengan air hingga mendidih. Gunakan airnya yang masih hangat untuk membasuh kepala. Sementara sisa ampasnya bisa ditumbuk dan oleskan pada kulit kepala yang terdapat koreng.

  • Mengobati keputihan

Bagi wanita, keputihan adalah hal yang sering dialami namun sangat mengganggu. Hal ini wajar tetapi kadanga membuat baunya dan rasanya tidak nyaman. Cara mengatasi keputihan dengan tanaman inj adalah menyiapkan 30 gram daun urang aring segar yang sudah dicuci bersih. Tim daun dengan menambahkan sari kaldu ayam. Selagi hangat, minum air kaldu tersebut.

  • Menghentikan mimisan

Selain daun sirih, ternyata daun urang aring bisa dipakai untuk menghentikan pendarahan hidung akibat mimisan. Mimisan sering dialami pada usia anak-anak. Jika tidak ada daun sirih maka gunakan urang aring sebagai alternatif caranya siapkan satu genggam daun segar yang sudah dicici, tumbuk halus dan peras airnya. Tambahkan 5 gelas air putih dan masukkan ke wadah dan ditim agar airnya sedikit panas. Gunakan air ramuan untuk minuman dan minum 2 kali sehari setelah makan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top