Makanan Kesehatan

Manfaat Ubi Jalar Untuk Diabetes

Diabetes merupakan salah satu momok yang menakutkan sekaligus salah satu jenis penyakit yang banyak diderita. Jika tidak ditangani dengan segera dan tepat, diabetes dapat membahayakan kesehatan, sementara tahap paling kronis mampu membuat penderitanya kehilangan nyawa. Bagi penderita diabetes, diharuskan mengkonsumsi makanan yang mengandung sedikit kadar gula, contohnya ubi jalar dimana keluarga umbi-umbian tersebut sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung sedikit zat gula. Selain aman dikonsumsi, berikut manfaat ubi jalar untuk diabetes  yang bisa Anda tahu:

Manfaat Ubi Jalar Untuk Diabetes

Sponsor: dr rochelle skin expert

Penderita diabetes, harus benar-benar memperhatikan asupan makanan. Jika melanggar, maka risikonya adalah komplikasi penyakit. Penderita diabetes membuatuhkan asupan kalori yang terbatas, rendah gula, dan rendah karbohidrat. Buka berarti harus menghindari, namun mengurangi jumlah karbohidrat yang masuk. Sementara jika mengkonsumsi gula dalam jumlah berlebih, otomatis akan membuat kadar gula dalam darah tinggi. Semakin lama, kadar gula dalam darah akan merusak pembuluh darah yang pada akhirnya merusak organ lain jantung, ginjal, stroke, kebutaan hingga amputasi. Meski membatasi karbohidrat, penderita juga masih bisa mengkonsumi makanan dengan julah karbohidrat sedikit. Untuk itu, pentingnya mengkonsumsi ubi jalar karena dianggap memiliki asupan karbohidrat terbaik, rendah kalori, dan kaya serat yang baik untuk penderita diabetes. Menurut penelitian, ubi jalar memiliki indeks glikemik paling rendah dan cukup dikenal sebagai sumber makanan terbaik untuk mengontrol penyakit diabetes.

1. Rendah karbohidrat

Ubi jalar dikenal sebagai salah satu umbi-umbian yang mengandung karbohidrat serta termasuk makanan yang mengenyangkan. Meski demikian, ubi jalar dapat membantu menjaga kadar gula darah dan menjaganya tetap dalam kisaran yang sehat. Mengkonsumsi satu buah ubi jalar mengandung 58 gram karbohidrat dan 8.2 gram serat. Itu artinya, ubi jalar dianggap sebagai makanan yang cocok untuk pasien diabetes. Walau begitu, mengkonsumsinya juga harus dalam porsi tepat.

2. Mengontrol kadar gula dalam darah

Zat yang terkandung dalam ubi jalar dipercaya dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Zat gula yang terkandung dalam ubi jalar sangat aman bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan ubi jalar dapat meningkatkan sensitivitas insullin pada tubuh penderita diabetes sehingga dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Dengan rutin mengkonsumsi ubi jalar dapat menyehatkan bagi penderita diabetes.

3. Menjaga kesehatan mata

Gangguan pada penglihatan adalah hal yang mungkin terjadi pada Penderita diabetes. Hal ini dikarenakan tingginya kadar gula dalam darah sehingga membuat penglihatan penderita diabetes menjadi terganggu. Vitamin A yang terkandung dalam ubi jalar sangat ampuh menjaga kesehatan mata baik untuk penderita diabetes sekalipun. Menurut Duke seorang dokter mata Jill Koury, MD, mengungkap saat tubuh kekurangan vitamin A, maka dapat menyebabkan segmen luar fotoreseptor pada mata menurun dan merusak penglihatan normal. Ubi jalar yang kaya beta karoten dapat membantu mengembalikan kemampuan penglihatan, dan mencegah kerusakan degeneratif.

4. Menjaga kesehatan otot

Ubi jalar mengandung kalium yang dapat menjaga kesehatan otot. Kandungan kalium pada ubi jalar dapat mengobati kelemahan otot, kram, dan pembengkakan otot  karena tingginya kadar gula dalam darah. Dengan rutin mengkonsumsi ubi jalar kesehatan otot penderita diabetes dapat terjaga dengan baik.

5. Meningkatkan aliran oksigen dalam  tubuh

Zat yang terkandung dalam ubi jalar seperti kalium serta magnesium dipercaya ampuh untuk meningkatkan aliran oksigen dalam tubuh. Oksigen adalah komponen penting yang sangat dibutuhkan dalam darah karena untuk memperlancar sirkulasi darah sehingga sampai pada sel-sel tubuh yang membutuhkan. Sirkulasi darah yang lancar dapat mencegah kerusakan organ tubuh penderita diabetes.

6. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Sistem imun dalam tubuh berperan sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Penderita diabetes memiliki daya tahan tubuh yang lemah karena adanya masalah dalam organ tubuhnya sehingga membuat berbagai penyakit akan mudah menghampiri. Kandungan vitamin C yang tinggi pada ubi jalar dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita diabetes.

7. Melindungi kesehatan jantung dan otak

Bagi penderita diabetes sangat rawan terkena serangan jantung dan masalah pada otak. Kadar gula yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan masalah pada jantung dan juga otak. Kandungan vitamin B6 yang terkandung dalam ubi jalar sangat ampuh untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.

8. Kata serat alami

Ubi jalar dipercaya mengandung indeks glikemik yang rendah. Menurut penelitian terbaru , ubi jalar dapat mengurangi kadar gula dalam darah dan mengatur resistensi insulin pada penderita diabetes. Kandungan serat pada ubi jalar, dapat membantu mengatasi pada penderita diabetes tipe 1, dimana pada penderitanya dapat dibantu dengan mengonsumsi makanan diet yang kaya serat, telah menurunkan gula darah, membantu sistem lipid dan juga mengatur kadar insulin. Semenatara memakan satu buah ubi jalar, sama artinya mengkonsumsi sekitar 6 gram serat.

Demikian beberapa manfaat ubi jalar untuk membantu mengatasi masalah pada penderita diabetes. Penyakit diabetesi memiliki aturan yang sangat ketat dalam mengelola dan mengkonsumsi makan. Memilih makan yang baik serta tepat seperti ubi jalar, dapat membantu mengurangi makanan yang mengandung gula tinggi. Ubi jalar sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah, membantu sekresi dan fungsi insulin akan bekerja dengan sangat baik. Oleh karena, ubi jalar cocok dijadikan pilihan penggantu nasi atau sumber karbohidrat lain.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top