Kulit ku

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan KulitManfaat tomat untuk kecantikan kulit– Sudah tentu Anda mengenali apa itu buah tomat. Ya, buah ini berwarna merah dan memiliki rasa yang manis dan terkadang sedikit masam. Kandungan dari buah tomat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan sekaligus untuk kecantikan kulit antara lain lycopene, vitamin C, vitamin A, vitamin B9, dan zat besi. Berikut adalah manfaat buah tomat untuk kecantikan kulit secara lengkap:

sponsor: cream perawatan wajah.

  1. Mencerahkan kulit

Kulit yang cerah dan bercahaya adalah dambaan setiap wanita. Berbagai macam perawatan telah dilakukan untuk mendapatkannya, bahkan jika harus menggunakan bahan-bahan kimia yang belum tentu aman. Namun sebenarnya, ada cara untuk mencerahkan kulit secara alami yaitu dengan memanfaatkan buah tomat.

Buah tomat mengandung zat antioksidan yang mampu untuk menambah kolagen dan mencegah kulit menjadi kendur. Sehingga, jika Anda rajin mengonsumsinya maka dapat menjadikan kulit terlihat lebih cerah, putih, dan bercahaya.

  1. Mengatasi masalah jerawat

Jerawat di wajah yang belum juga teratasi dapat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri seseorang. Buah tomat dapat dengan baik untuk mengatasi masalah tersebut. Siapkan 1 buah tomat, kemudian irislah kecil-kecil. Tempelkan irisan tomat tersebut pada wajah dengan memberikan sedikit tekanan, agar cairan di dalam tomat tersebut dapat keluar dan diserap oleh kulit wajah. Diamkan beberapa saat hingga kering. Lalu bersihkan dan bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari hingga jerawat hilang.

  1. Menjadikan kulit lebih halus

Manfaat tomat untuk kecantikan kulit yang selanjutnya adalah, dapat menjadikan kulit lebih halus. Anda dapat membuat masker dari buah tomat yang telah dicampur dengan putih telur. Caranya, haluskan 1 buah tomat dapat dengan cara ditumbuk maupun di blender, kemudian tambahkan 1 sendok makan putih telur dan air secukupnya. Aduk rata hingga menyerupai pasta. Segera oleskan masker tersebut pada seluruh bagian wajah, biarkan beberapa saat hingga mengering. Bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

  1. Mendinginkan kulit

Bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, mungkin akan mengalami kulit yang menjadi gelap,kering, dan kusam karena paparan sinar matahari yang cukup lama. Bahkan hal tersebut terkadang disertai dengan rasa nyeri dan perih. Kulit yang terbakar karena sinar matahari, dapat diatasi dengan buah tomat. Anda dapat mengompres wajah dengan irisan buah tomat secukupnya, biarkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih. Sensasi dingin yang Anda rasakan, dapat mengurangi rasa perih yang disebabkan paparan sinar matahari.

  1. Lebih awet muda

Konsumsilah buah tomat secara rutin, baik dimakan secara langsung atau dijadikan jus. Kandungan lycopene yang terdapat pada tomat, dapat menangkal radikal bebas dan merangsang regenerasi sel, sehingga kulit menjadi lebih cantik dan awet muda.

  1. Menghilangkan komedo

Anda dapat menghilangkan komedo dengan masker tomat yang digunakan secara rutin. Komedo merupakan salah satu penyebab jerawat yang harus diatasi.

  1. Memperkecil por-pori wajah

Salah satu penyebab jerawat adalah karena pori-pori pada wajah yang membesar. Dengan rutin memakai masker tomat sekaligus mengonsumsinya, maka dapat mengecilkan pori-pori wajah dengan baik.

  1. Melindungi kulit dari radikal bebas

Kandungan zat antioksidan pada tomat sangat baik untuk menjaga kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit menjadi cepat tua dan merusak sel.

  1. Melindungi kulit dari sinar ultra violet (UV)

Yang menjadi salah satu penyebab keriput pada kulit wajah adalah Sinar UV yang merusak kolagen. Mengonsumsi buah tomat secara rutin dan teratur dapat melindungi kulit dari sinar UV, namun Anda juga harus melakukan pencegahan dari luar berupa pemakaian tabir surya.

  1. Menghilangkan kantung mata

Kantung mata disebabkan oleh banyak hal seperti tekanan pada mata yang menyebabkan bengkak, kurang tidur, ataupun pola makan yang kurang sehat. Ketika terdapat kantung mata pada wajah, akan menjadikan Anda terlihat seperti orang yang lelah dan kurang bersemangat.

Buah tomat secara alami dapat membantu menghilangkan kantung mata tersebut. Irislah buah tomat, kemudian tempelkan pada mata yang berkantung.

  1. Mengatasi minyak berlebih

Wajah yang memiliki minyak berlebih dapat mengganggu penampilan, dan membuat wajah menjadi kusam. Gunakan masker tomat untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih pada wajah.

  1. Mencegah kerusakan sel

Kerusakan sel mengakibatkan munculnya keriput pada wajah. Kandungan lycopene dalam tomat sangat baik untuk mencegah terjadinya kerusakan sel pada kulit.

  1. Mengobati kulit yang kering

Kulit wajah yang kering dapat menyebabkan timbulnya flek hitam. Kandungan vitamin dan zat besi pada tomat dapat menghilangkan flek hitam tersebut sekaligus menjadikan kulit lebih lembab dan segar.

  1. Menyehatkan kulit kepala

Kulit kepala yang sehat akan menjadikan rambut tampak lebih indah dan berkilau. Hal ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi tomat secara teratur.

  1. Mengatasi masalah ketombe

Kulit kepala yang dengan keringat dan minyak yang berlebih dapat menyebabkan ketombe. Buatlah pasta tomat yang dicampur dengan perasan lemon kemudian oleskan pada kepala Anda. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Demikian manfaat tomat untuk kecantikan kulit, yang perlu Anda perhatikan adalah jangan mengonsumsi tomat saat perut dalam keadaan kosong. Karena hal tersebut dapat memicu asam lambung yang menjadi penyebab maag. Maka sebaiknya, konsumsilah tomat setelah makan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top