Manfaat Tanaman

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Temulawak atau curcuma xanthorrhizza adalah salah satu tanaman sebangsa dengan kunyit dan jahe atau lebih sering disebut empon – empon. Temulawak merupakan salah satu tanaman yang mempunyai rasa yang pahit sehingga sering juga dimanfaatkan sebagai jamu tradisional atau sering disebut jamu paitan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Temulawak juga sering dimanfaatkan sebagai jamu (jamu cekokan) untuk anak kecil yang mengalami masalah dengan nafsu makannya sehingga membuat nafsu makan anak kambali menjadi normal. selain dapat bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan pada anak temulawak juga mempunyai banyak manfaat lainnya. Berikut ini beberapa manfaat temulawak bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

Sponsor: pemutih wajah

  • Melancarkan Asi

Bagi ibu yang memiliki anak usia bayi atau balita dan sedang menyusui pasti menginginkan asi yang akan diberikan kepada anak mengalir lancar dan deras karena asi merupakan makanan utama serta terbaik bagi anak. Mengkonsumsi Temulawak dapat bermanfaat untuk melancarkan asi bagi ibu menyusui kandungan nutrisi yang ada pada temulawak akan membuat produksi asi menjadi meningkat dan membuatnya menjadi lancar. Cara mengkonsumsi temulawak adalah dengan memarut temulawak kira – kira sebesar 2 jari dan kemudian direbus dengan beberapa gelas air putih dan meminumnya. Dengan rutin mengkonsumsi temulawak sebagai jamu akan melancarkan asi bagi ibu yang sedang menyusui sehingga berdampak pada kesehatan serta pertumbuhan anak Anda.

  • Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat yang tinggi akan berdampak buruk pada tubuh serta dapat menimbulkan stroke yang dapat membahayakan diri Anda. kolesterol muncul karena adanya penumpukan lemak pada saluran darah sehingga membuat peredaran darah tidak lancar serta macet sehingga menjadi stroke. Mengkonsumsi temulawak sebagai jamu dipercaya dapat menurunkan kolesterol yang dapat memicu terjadinya stroke. Kandungan kurkuminoid yang terdapat pada temulawak sangat ampuh untuk menurunkan koloesterol jahat yang ada dalam tubuh dan juga meningkatkatkan kadar kolesterol baik. Temulawak juga bermanfaat untuk menghancurkan penumpukan lemak pada saluran darah serta membuat peredaran darah menjadi lancar.

  • Menyehatkan Hati

Hati adalah salah satu organ penting yang harus selalu dijaga kesehatannya. Mengkonsumsi temulawak dipercaya dapat menyehatkan hati karena adanya zat kalagoga yang bermanfaat untuk mengatur produksi cairan empedu yang ada pada hati serta merangsang pengosongan pada kantung empedu. Seperti diketahui empedu merupakan cairan yang diproduksi oleh hati yang bermanfaat untuk menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu menjaga kesehatan hati sama dengan menjaga kesehatan empedu dalam tubuh Anda.

  • Menyehatkan Sendi

Seperti telah diketahui sendi atau persendian manusia adalah anggota tubuh atau tulang yang berfungsi menyambung antara tulang satu dengan tulang lainnya. sendi juga merupakan anggota badan yang sering mengalami masalah seperti radang sendi maupun nyeri sendi. Mengkonsumsi temulawak dipercaya dapat menyehatkan persendian Anda. hal ini karena temulawak mengandung zat kurkumin yang bersifat anti radang sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan sendi Anda serta mengurangi resiko nyeri sendi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top