Manfaat Tanaman

Manfaat Tanaman Gulma Anting-Anting

Pernahkan Anda mendengar tentang tanaman gulma anting-anting? Sebagian besar orang mungkin belum pernah mendengarnya. Seperti namanya, tanaman ini adalah gulma. Karena gulma, tentu tanaman ini tidak banyak diperhatikan dan dianggap hanya merupakan tanaman pengganggu yang tidak memiliki manfaat apapun. Tanaman gulma anting-anting dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Tanaman anting-anting juga tumbuh secara liar di kebun maupun ladang, sehingga sering dianggap sebagai pengganggu. Namun, Anda jangan salah karena ternyata tanaman yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak percaya? Tanaman gulma anting-anting diyakini memiliki beberapa senyawa yang sangat aktif yang membuatnya menjadi salah satu tanaman obat tradisional sejak dulu. Ada beberapa manfaat tanaman gulma anting-anting yang bisa mengubah stigma Anda tentang tanaman ini. Lihat beberapa manfaat tanaman ini pada penjelasan berikut.

Manfaat Tanaman Gulma Anting-Anting.2

Sponsor : perawatan wajah  

  1. Mengobati disentri

Salah satu manfaat utama dari tanaman gulma anting-anting adalah tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati disentri. Disentri merupakan salah satu gangguan pencernaan yang sering menyerang seseorang dan disebabkan oleh beberapa faktor berbeda. Saat disentri menyerang, penderita akan kehilangan banyak tenaga karena berkurangnya cairan di dalam tubuh. Nah, masalah yang satu ini dapat di atasi dengan cukup baik menggunakan tanaman gulma anting-anting. Untuk pengobatan disentri, ambil beberapa buah daun tanaman ini lalu cuci bersih. Rebus daun tersebut dengan 2 gelas air hingga mendidih dan saring. Konsumsi air rebusan daun gulma anting-anting dengan tambahan sedikit madu setiap hari minimal 2 gelas. Lakukan pengobatan ini setidaknya 3 hingga 5 hari agar gangguan disentri dapat diatasi dengan lebih baik.

  1. Mengatasi mimisan

Gangguan tubuh lain yang bisa diatasi dengan cukup efektif menggunakan tanaman gulma anting-anting adalah mimisan. Mimisan adalah pendarahan yang terjadi pada hidung. Darah keluar dari hidung dan seringkali menetes dengan volume yang cukup banyak. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya mimisan, seperti suhu tubuh yang terlalu tinggi, gangguan pada bagian dalam hidung, dan lainnya. Nah, untuk mengatasi mimisan ini, Anda bisa menggunakan daun dari tanaman gulma anting-anting. Caranya sama ketika Anda menggunakan daun sirih untuk mengatasi mimisan. Ambil beberapa buah daun tanaman gulma anting-anting, cuci bersih dan gunakan untuk menyumbat lubang hidung Anda yang mimisan. Cara ini sangat efektif dan akan mengatasi mimisan dengan waktu yang relative singkat.

  1. Meringankan batuk

Batuk yang menyerang seringkali menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman. Tentu, Anda akan tergganggu dalam melakukan aktivitas harian saat batuk. Batuk juga terkadang membuat tubuh kehilangan tenaga dan biasanya Anda akan menjadi malas untuk mengerjakan deadline pekerjaan. Salah satu manfaat dari tanaman gulma anting-anting sebaiknya Anda tahu adalah tanaman ini dapat diandalkan untuk mengatasi batuk, terutama batuk berdahak. Kandungan beberapa senyawa yang ada pada tanaman ini akan meredakan batuk yang Anda derita dengan cukup efektif. Siapkan sekitar 50 gram ranting tanaman gulma anting-anting, cuci bersih dan rebus hingga mendidih dengan tambahan 2 gelas air. Minum air rebusan tersebut sebanyak 2 gelas setiap hari sekurangnya 3 hari.

  1. Menghentikan berak darah

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum dengan menggunakan tanaman gulma anting-anting adalah tanaman ini dapat mengobati berak darah. Pernahkah Anda mengalami salah satu gangguan tubuh ini? Berak darah disebabkan karena adanya sesuatu yang tidak beres terutama pada sistem pencernaan anda. Terjadinya iritasi di saluran pencernaan dan juga saluran pembuangan tinja menjadi sebab ikut keluarnya darah saat buang air besar. Kondisi ini tentu harus di perhatikan sebelum bertambah parah. Solusi alami untuk gangguan ini adalah tanaman gulma anting-anting. Dengan kandungan antioksidan yang dimiliki, gangguan pencernaan ini dapat diatasi dengan baik dan iritasi pada saluran pembuangan tinja serta saluran perncernaan tidak akan terjadi lagi. Minum air rebusan tanaman ini sekurangnya dua kali setiap hari.

  1. Mengatasi mual dan muntah

Mual dan muntah sering menjadi gangguan yang terjadi karena salah makan atau kondisi badan yang kurang fit. Ketidakstabilan yang terjadi pada tubuh akan membuat makanan yang kita konsumsi kembali keluar atau organ pencernaan terasa mual. Kondisi ini sangat mengganggu karena biasanya penderita secara langsung akan menjadi lemas dan tidak bertenaga. Nah, untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengandalkan tanaman gulma anting-anting sebagai obat. Tanaman ini memiliki kandungan yang bisa menetralkan kondisi pencernaan Anda dengan sangat baik sehingga masalah mual dan muntah karena salah konsumsi dapat di redakan dengan segera. Cara pengobatannya adalah dengan meminum air rebusan daun atau ranting tanaman anting-anting yang sudah ditambahkan sedikit madu secara teratur.

Beberapa manfaat dari tanaman gulma anting-anting tersebut dapat membuat kita menjadi tahu bahwa gulma yang tumbuh di sekitar rumah kita ternyata memiliki beragam manfaat yang sangat baik terutama untuk kesehatan. Menggunakan tanaman ini sebagai variasi obat tradisional juga merupakan pilihan yang tepat karena tanaman biasanya tidak akan memberikan efek samping ketika digunakan sebagai obat untuk beragam masalah kesehatan yang Anda derita. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap tanaman yang ada di sekitar rumah Anda. Siapa tahu, di balik rerumputan dan tanaman lainnya ada tanaman gulma anting-anting.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
100%
angry

Comments

comments

To Top