Manfaat Tanaman

Manfaat Tanaman Bakung Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tanaman Bakung Bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu tanaman liar yang banyak tumbuh di sekitar rumah namun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan adalah tanaman bakung. Tanaman ini mempunyai bentuk bunga yang sangat indah sehingga tidak jarang tanaman ini banyak di tanam sebgai tnaman hias dipekarangan rumah. Akan tetapi belum banyak orang yang tahu akan manfaat dari tanaman ini bagi kesehatan dan sering kali hanya memnfaatkannya sebagai tanaman hias saja. Lebih jelasnya, berikut ini manfaat tanaman bakung bagi kesehatan tubuh kita.

Sponsor: kezia skin expert

Manfaat Tanaman Bakung Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi Daun Bakung:

Daun bakung dengan nama latin Crinum Asiaticum L. ini adalah tanaman paling banyak kita temui. Ternyata tanaman ini dapat ditemukan di toko atau pasar dimaa bakung ternyata juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan masakan pelengkap sop, gulai, soto atau campuran masakan lainnya. Bakung telah lama dipakai sebagai obat dari pengobatan Cina kuno. Ciri tanaman ini ditandai dengan adanya bunga beraroma wangi. Bunga bakung memiliki banyak variasi warna yaitu ungu, jingga, merah, kuning, merah muda, kehitaman dan putih. Meski memiliki banyak varian warna, di Indonesia bakung banyak ditemui memiliki warna putih dengan corak bintik.

Tanaman yang termasuk sup bunga lily ini memiliki sejumlah kandungan kimia pada tanaman bakung berupa tannin, flavonoid, dan saponin. Akar tanamannya memiliki zat berupa krinin, asetilkorin dan alkaloid likorin. Sifat tanaman ini juga memiliki efek farmokologis yang berguna untuk pengobatan yaitu bersifat analgenik, diuretik, ekspektoran dan anti inflamasi alami. Bakung juga bisa untuk merangsang muntah, antelmintik (obat cacingan), diaforetik (merangsang kelenjar keringat) dan antidotum (penetral racun). Tak hanya bagian daunnya, umbi bakung putih ternyata juga mengandung senyawa berupa alkoloid (inulin, krinin asetikronin, inulin dan methylanthanilate).

Manfaat Tanaman Bakung Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Alami Daun Bakung:

  • Peluruh Air Seni

Manfaat dari tanaman bakung yang pertama adalah obat untuk melurihkan air seni. Bagi Anda yang mempunyai masalah pada kencing tidak ada salahnya mencoba menggunakan tanaman ini sebelum pergi ke dokter. Jangan pernah anggap remeh jika Anda mengalami susah untuk buang air kecil, jika dibiarkan saja dan tidak segera ditanganai maka dikhawatirka akan dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan lebih parah seperti penyakit ginjal. Mengkonsumsi tanaman bakung dapat dijadikan alternative pertolongan pertama jika Anda susah buang air kecil. Senyawa kimia yang terdapat pada daun bakung ini akan meluruhkan air seni serta membuatnya menjadi lebih lancar.

  • Anti Inflamasi

Tanaman bakung juga bersifat anti inflamasi. Apabila Anda sering kali mengalami peradangan pada beberapa anggota tubuh misalnya saja radang tenggorokan maka segeralah mengambil daun bakung direbus terlebih dahulu lalu dimimun. Daun bakung yang bersifat anti inflamasi akan berguna untuk mengatasi peradangan yang Anda rasakan. Minumlah air rebusan daun bakung tadi secara rutin setiap hari hingga radang tenggorokan yang Anda rasakan benar-benar menghilang dan sembuh dengan sendirinya. Peradanagan bukan hanya terjadi dibagian luar tubuh saja melaainkan bisa juga terjadi di dalam tubuh, misalnya saja radang paru, radang usus, dan beberapa penyakit peradangan lainnya.

  • Mencegah Terjadinya Pendarahan

Manfaat lain dari tanaman bakung adalah mencegah terjadinya pendarahan. Pendarahan sering kali terjadi ketika ada sebagian anggota tubuh yang mengalami luka tergores atau terjatuh sehingga mengakibatkan keluarnya darah dari bagian tubuh yang luka tersebut. Untuk menghentikan pendarahan pada luka dapat memanfaatkan tanaman bakung ini. Caranya yakni dengan mengambil beberapa helai daun bakung lalu tumbuk halus dan oleskan daun yang sudah lumat pada bagian tubuh yang luka tersebut. Daun bakung mengandung senyawa kimia yang berguna mengikat pendarahan sehingga pendarahan pada luka cepat dihentikan.

  • Mengobati Luka

Selain untuk menghentikan pendarahan tanaman bakung juga daopat dipergunakan sebagai obat luka luar. Ketika tubuh mengalami luka pastinya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membuatnya sehat seperti semula. Untuk mempercepat sembuhnya luka Anda dapat mempergunakan tanaman bakung ini sebagai obat-obatan herbal. Caranya adalah dengan menumbuk halus daun bakung dan menempelkannya pada bagian luka. Senyawa kimia aktif pada tanaman bakung akan membuat luka menjadi cepat mengering sehingga resiko mengalami infeksi pada luka dapat diminimalkan. selain itu mengoleskan daun bakung pada luka bisa membuatnya cepat sembuh.

Manfaat Tanaman Bakung Bagi Kesehatan Tubuh

  • Meredakan rematik pada persendian

Selain bersifat mengobati dan peluruh, daun bakung juga mampu meredakan nyeri akibat dari peradangan pada persendian yang sering disebut rematik. Bakung mampu meredakan penyakit rematik di beberapa bagian tubuh terutama kaki dan tangan. Cara memanfaatkan tanaman ini adalah dengan mengambil beberapa helai daun bakung lalu layukan daun di atas api. Setelah layu, langsung oleskan minyak wijen diatas daun lalu gunakan sebagai kompres. Kompres bagian sendi yang terasa sakit dengan daun bakung ini da tunggu beberapa menit. Gunakan disaat sendi mulai terasa sakit, jika lebih maksimal bisa kompres sendi pada malam hari menjelang tidur.

  • Meredakan Pembengkakan kelenjar limpa

Ternjadinya pembengkakan pada kelenjar limpa umumnya akan mengakibatkan rasa sakit di bagian tertentu pada tubuh seperti leher, ketiak dan selangkangan. Untuk membantu mengurangi rasa sakit maka butuh pencegah agar pembengkakan limpa bisa mereda caranya dengan mengambil beberapa helai daun bakung, 2 siung bawang merah dan haluskan bersama gula merah. Tempel pada lipatan tubuh yang terasa sakit.

Demikian sekilas pengenalan tetang manfaat tanaman bakung bagi kesehatan. Semoga bermanfaat untuk tambahan refrensi Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top