Makanan Kesehatan

Manfaat Susu Kefir Yang Ternyata Menyehatkan

Manfaat Susu Kefir Yang Ternyata Menyehatkan

Jika membahas seputar manfaat susu kefir yang ternyata menyehatkantampaknya kebanyakan orang sudah mengetahui meski jarang menggunakannya. Susu kerif sendiri adalah salah satu warisan kuliner yang turun temurun sejak 1400 tahun silam yang dikembangkan oleh masyarakat Timur Tengah. Dan saat ini, kefir tak hanya dinikmati oleh masyarakat di Timur Tengah saja melainkan di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Sponsor: cream pemutih wajah

Kefir atau susu kefir adalah minuman bergizi yang terbuat dari susu proses fermentasi sehingga menghasilkan rasa dan tekstur berbeda dari susu biasa. Kefir akan menghasilkan gumpalan padat yang lembut atau kental sebagai akibat dari proses fermentasi sebelumnya. Kefir awalnya berbentuk butiran (buju kefir) sebagai bentuk dari pembiakan simbiosis ragi serta bakteri tertentu. Untuk menhasilkan kefir berkualitas, susu yang digunakan adalah susu kambing namun kini susu kambing juga dapat digunakan.

Bakteri yang digunakan adalah lactobacillus lactis atau bakteri asam laktat, ragi, dan zat polisakarida. Setelah susu diproses, maka bisa menghasilkan nutrisi yang baik untuk pencernaan seperti vitamin B dan K, asam folat, kalium, magnesium, serta fosfor. Meski rasanya asam dan bertekstur kental, namun ada manfaat menakjubkan dengan mengkonsumsinya. Berikut manfaat nyata susu kefir bagi kesehatan sekaligus untuk kecantikan.

Manfaat Kefir Untuk Kesehatan:

  • Mencegah dan memerangi kanker

Kefir adalah minuman jenis prebiotik yang baik untuk menambah asupan nutrisi harian. Menurut Journal of Dairy Science, didalam minuman fermentasi terbukti dapat membunuh penyakit ganas seperti tumor dan kanker. Setelah melalui tahap uji coba pada tikus, kandungan dalam kefir mampu menambah jumlah kekebalan tubuh tikus sehingga menghentikan pertumbuhan kanker payudara.

  • Membantu detoksifikasi racun

Kefir mampu membantu mengatasi alergi seseorang terhadap makanan tertentu seperti kacang. Kefir mampu meredakan gejala alergi pada kacang akibat adanya zat aflatoksin yaitu zat paling banyak dihasilkan oleh kacang tanah dan jamur. Zat inilah yang mampu menghasilkan dampak buuk kesehatan seperti mengurangi sistem imun dan penyebab alergi. Adanya asam laktat dalam kefir bertugas sebagai zat pelawan aflaktosin atau membantu detofikasi racun penghasil alergi makanan tertentu.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Studi University College Cork dari Irlandia menyebut bahwa untuk mengatasi kondisi tubuh yang kurang fit, maka tak perlu memilih antibiotik namun cukup dengan minum kefir. Menurut penelitian, makanan atau minuman prebiotik bisa bekerja lebih baik dibanting obat jenis antibiotik dimana minuman prebiotik tersebut bisa menghilangkan infeksi akibat bakteri sekaligus mencegahnya muncul kembali.

  • Menambah kekuatan tulang

Jurnal Osteoporosis International yang terbit tahun 2014 mengyebut bahwa minum kefir setiap hari bisa meningkatkan kepadatan tulang serta mengurangi risiko buruk tulang keropos (osteoporosis). Kandungan biji kefir sangat ampuh bekerja sangat baik yaitu meningkatkan penyerapan mineral tulang, maknesium, kalsium, vitamin D dan K2, forfor dan zat penting lainnya yang bekerja sebagai sumber kepadatan tulang.

  • Mencegah alergi dan asma

Pada Journal of Immunology yang terbit di Amerika membahas tentang sebuah penelitian terbaru dimana topik pembahasannya adalah kefir yang terbukti mampu mengatasi gangguan alergi dan asma. Secara signifikan, susu kefir mampu menekan penyebab inflamasi (sel interleukin-4, T-helper, dan imunoglobulin IgE) yang kuat dipercaya untuk mencegah asma.

  • Meredakan penyakit intoleransi laktosa

Proses fermentasi selama kefir dibuat menjadikannya bebas dari bakteri laktosa. Risert dari Journal of American Dietetic Association tahun 2003 oleh Ohio State University menyebut bahwa uji coba pada 15 orang yang memiliki gangguan intolerasnsi laktosa atau alergi pada susu bisa dikurangi gejalanya seperti diare, sakit perut, atau banyak gas dalam perut. Tektur kental pada kefir sama seperti tektur pada yoghurt, sehingga sangaat mudah untuk dicerna oleh usus.

Manfaat Susu Kefir Yang Ternyata Menyehatkan

Manfaat Susu Kefir Untuk Kecantikan

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, kefir juga baik untuk kecantikan kulit. Kefir banyak dipakai sebagai masker yang bermanfaat untuk atasi kerusakan atau iritasi pada kulit sekaligus membuatnya sehat, putih, dan mulus. Mekipun sesaat masker kefir bisa menimbukan perih namun hanya bersifat sesaat sebab adanya bakteri baik yang sedang beradaptasi dan bekerja untuk menghilangkan sel kulit mati dan tetap memberi rasa sejuk dan dingin.  Berikut manfaat kefir dalam bidang kecantikan.

  • Mengatur keseimbangan asam basa pada kulit

Kefir mengandung bakteri Lactobacillus yang sangat sempurna untuk membersihkan kulit dari zat berbahaya seperti debu atau polusi yang masuk. Bersifat antioksidan yang mampu memberikan kesegaran dan elastisitas kulit wajah, memperbaiki sel-sel kulit. Anti oksidan pada kefir berkat kandungan zat asam amino.

  • Menyeimbangkan PH pada kulit

Susu kefir mengandung  asam alpha hidroksi (AHA) yang bertugas untuk menyeimbangkan kadar PH untuk kulit sehingga bisa membantu mengurangi gejala keriput. PH yang seimbang juga bisa memperlambat proses penuuan dini pada kulit terutama kulit wajah.

  • Menghasulkan kulit wajah

Masker kefir berperan sebagai peeling wajah yang bisa mengangkat sel kulit mati secara sempurna sehingga kulit terasa lebih halus dan sehat. Tak hanya itu, kandungan kolagen kefir adalah penghasil protein serba guna yang baik untuk melindungi lapisan dermal kulit sehingga memberikan efek elastis dan halus pada kulit.

  • Pelindung sinar UV

Adanya probiotik pada kefir bisa membantu kulit terlindung dari dampak berbahaya sinar UV yang bisa merusak jaringan kulit terdalam. Sinar UV inilah yang bisa mengakibatkan penuaan dan keriput. Kulit memerah akibat terbakar sinar matahari bisa diatasi dengan masker kefir sehingga mencegah terjadinya gejala rosacea (penyakit kulit umum yang menyebabkan merah di wajah seperti luka merah, dan benjolan merah atau pustul). Kefir bersifat  anti-mikroba yang dapat membunuh mikroba buruk penyebab kulit infeksi dan jerawat meradang.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top