Manfaat Tanaman

Manfaat Luar Biasa Selasih Untuk Kesehatan

Manfaat Selasih Untuk Kesehatan

Selasih dengan nama latinnya ocinum adalah tanaman asli dari Thailand. Selasih yang tumbuh dari tanaman mirip dengan kemangi ini banyak dimanfaatkan melalui bijinya. Sedangkan daunnya berfungsi untuk rempah karena memiliki aroma khas yang wangi, segar dan manis. Di China, selasi banyak dimanfaatkan sebagai obat alternative untuk penyembuhan berbagai penyakit seperti meredakan demam, meredakan sakit akibat gigitan serangga, obat batuk dan obat penambah selera makan. Tah hanya memiliki rasa enak, manfaat selasih untuk kesehatan sangat baik untuk dikonsumsi.

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Biji selasih memiliki kandungan nutrisi yaitu vitamin, eugenol,  metal eugenol, tymol, lemak, serta serat. Zat eugamol berfungsi sebagai obat anti fungisida, tymol berperan sebagai repellent atau penghalau serangga, antibiotic yang terkandung dalam biji selasih sangat baik untuk melawan bakteri, sedangkan bahan metal eugenol adalah senyawa untuk atraktan atau pemikat. Biji selasih juga kaya minyak atsiri yang terdiri dari methyichavicol, linalool, geraniol, citral, 1.8 cincole, ocimenen, encalyptole, eugenol methylether, himonene, methyl cinnamate, furfural,  dan farnesol. Kandungan minyak atsiri ini sangat baik untuk menjaga kesehatan sekaligu menjaga kecantikan kulit dan wajah. Selasih sering dimafaatkan untuk pelengkap pada minuman dan memiliki tekstur yang agak mirip dengan telur katak. Dibalik semua bentuknya itu ternyata selasih juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. beberapa manfaat selasih untuk kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyehatkan Pencernaan

Pencernaan Anda bisa diibaratkan sebagai mesin penggilingan yang ada di dalam tubuh. Dipencernaan inilah segala jenis makanan yang masuk akan digiling serta diekstrak berbagai jenis nutrisis, vitamin, serta zat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itu menjaga kesehatan pencernaan merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Mengkonsumsi selasih dapat bermanfaat menyehatkan pencernaan Anda. kandungan zat karminatif yang terdapat pada selasih sangat bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan serta menghindarkan dari berbagai jenis masalah yang dapat menyerang pencernaan Anda.

2. Mengobati Batuk

Batuk bukan merupakan masalah kesehatan yang serius. Meskipun demikian Anda tidak boleh meremehkan penyakit ini, karena selain sangat mengganggu batuk juga dapat menyebabkan masalah lain pada kesehatan. penyakit batuk yang Anda derita dapat diatasi dengan mengkonsumsi biji selasih. Kandungan zat antispasmodik yang terdapat pada biji selasih bermanfaat untuk menyembuhkan batuk serta mengeluarkan dahak yang ada di dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi selasih sebagai campuran minuman maka batuk Anda akan segera teratasi.

3. Mengurangi Efek Nikotin

Nikotin merupakan racun yang biasa terdapat pada tembakau. Nikotin dapat masuk kedala tubuh melalui rokok yang telah Anda hisap. Nikotin yang masuk kedalam tubuh akan menempel pada paru – paru dan akan mengganggu kesehatan. nikotin yang masuk kedalam tubuh dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi biji selasih. Zat yang terkandung dalam biji selasih sangat bermanfaat untuk meminimalisir efek negatif yang ditimbulkan oleh nikotin serta menghancurkannya. Jadi jika Anda seorang perokok maka ada baiknya Anda rutin mengkonsumsi biji selasih agar nikotin yang masuk ke dalam tubuh dapat dinetralkan.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh (sistem imun) adalah sistem yang menjaga agar tubuh kebal terhadap berbagai jenis bakteri serta kuman yang masuk ke dalam tubuh dan mengganggu kesehatan.sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan rutin mengkonsumsi biji selasih. Kandungan vitamin C yang tinggi serta antioksidan yang terdapat pada biji selasih sangat bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. jika kekebalan tubuh meningkat maka tubuh akan menjadi sehat serta terhindar dari berbagai jenis penyakit serta masalah kesehatan lainnya.

5. Menurunkan Kadar Gula

Menurut penelitan sutter gould medical foundation menyatakan bahwa biji selasih jenis daoat bermanfaat dalam membantu menormalkan kadar gula dalam darah. Biji selasih sangat baik untuk mencegah dan mengatasi penyakit diabetes tipe 2. Biji selasih juga mampu mengontrol nafsu makan sehingga tubuh dapat mengurangi konsumsi makanan mengandung kadar gula banyak seperti pada nasi. Sedangkan bagi mereka yang menjalankan program diet, bijian ini menjadi alternetif untuk menahan rasa lapar karena terdapat serat alami yang membuat rasa kenyang lebih lama. Biji selasih dapat menyehatkan usus yang menghambat konversi pati ke gula dan mengurangi penyerapan toksin.

6. Menghilangkan Sakit Kepala dan Gigi

Biji selasih baik untuk meredakan sakit kepada dan juga sakit gigi. Caranya dengan meminum rebusan biji selasi sebanyak 10gr lalu dicampur dengan 4 butir cengkeh akan membantu meredakan sakit gigi. Minumlah ketika masih dalam kondisi hangat. Kemudian untuk meredakan sakit kepala, maka konsumsilah sebanyak 5gr biji selasih dan rebus dengan air panas. Agar lebih nikmat bisa ditambah dengan madu.

7. Membantu Menghilangkan Insomnia

Memiliki masalah pada tidur ternyata bisa diatasi dengan biji selasih. Banyak masyarakat yang sudah membuktikan khasiatnya. Untuk itu, minumlah campuran biji selasih dengan air hangat menjelang waktu tidur. Mengkonsumsi herbal ini dapat mengurangi perasaan gelisah yang berlebihan yang menjadi tanda seseorang mengalami gejala susah tidur.

8. Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil dengan usia kehamilan yang masih muda umumnya sering mengalami demam. Dengan mengkonsimsi biji selasih, maka demam pada ibu hamil dapat reda. Manfaat lain yang bisa diperoleh selama kehamilan yaitu membantu mengatasi masalah pencernaan, meredakan kejang, melancarkan sirkulasi darah, membersihkan racun dalam tubuh, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top