Makanan Kesehatan

Manfaat Salad Untuk Kesehatan

Salad adalah makanan sehat yang terbuat campuran sayur, dan buah yang dicampur dengan tambahan saus tertentu. Umumnya, salad lebih banyak menggunakan campuran saus mayones yang nikmat. Salad sering dijadikan kudapan atau makanan penutup yang menyehatkan. Banyakpelaku diet yang menggunakan manfaat salad untuk kesehatan tubuh. Kudapan salad juga sangat mudah untuk dibuat dan bisa dipilih sesuai selera. Sementara untuk menambah citarasanya, salad sering ditambah dengan potongan daging atau telur rebus.

Manfaat Salad Untuk Kesehatan

Sponsor: pemutih wajah

Manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi salad yaitu mengandung lebih sedikit kalori sehingga bagus bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Mengkonsumsi salad secara teratur juga dapat dapat mencegah masalah kesehatan seperti sembelit, pencernaan dan seebagainya, karena salad terdiri dari beberapa campuran buah dan sayur dimana kedua komponen makanan sehat itu memiliki manfaat tersendiri. Salad juga diyakini sebagai kudapat sehat untuk kecatikan kulit tubuh dan wajah serta kaya serat dan antioksidan penting yang dibutuhkan tubuh. Salad lebih umum dikonsumsi dalam bentuk mentah. Agar lebih efektif, maka salad sering dikonsumsi dbersamaan dengan minyak sayur atau minyak zaitun. Namun untuk mendapatkan sensasi berbeda, kini salad dapat dinikmasti dengan tambahan yogurt atau mayones.

Manfaat salad untuk kesehatan:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Tak hanya nikmat, ternyata salad mengandung banyak serat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol bisa dipicu akibat pola makan yang buruk seperti sering mengkonsumsi makanan berlemak yang sering menjadi pemicu utama timbulnya kolesterol dalam tubuh.  Konsumsi salad dengan campuran buah-buahan penurun kolesterol seperti semangka, pepaya, mangga, alpukat dan sayuran seperti wortel, brokoli, atau seledri.

2. Antioksidan

Mengkonsumsi salad secara rutin, dapat menyediakan nutiri, vitamin, mineral dan antioksidan yang penting untuk melawan radikal bebas. Salad mengandung berbagai campuran buah dan sayuran yang memang dipercaya sebagai makan segar pencegak radikal bebas. Bila Anda memasukkan tomat atau wortel dalam menu salad dan ditambahkan minyak zaitun, maka secara otomatis, salad Anda telah menyediakan vitamin dan mineral antioksidan. Sementara tomat, wortel dan minyak zaitun memang terbukti kaya antioksidan tinggi yang penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

3. Mencegah penyakit serius

Salah satu kelebihan mengkonsmsi salad yaitu mampu melindungi tubuh dari radikal bebas pemicu kanker. Salad juga sumber nutrisi penurun resiko beberapa jenis kanker. Salad juga bermanfaat menceah beberapa penyakit serius lainnya seperti penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi salad  setiap hari, maka akan membantu menjaga jantung tetap sehat, karena salad menyimpan nutrisi yang dibutuhkan jantung serta aman dikonsumsi dalam jangkan waktu panjang. Salad yang sehat masih menyimpan banayk nutrisi karena tidak diproses dengan cara digoreng atau di rebus.

4. Mengatasi sembelit dan masalah pencernaan

Salad mengangdung banyak serat alami, mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk mencegah sembelit. Mengkonsumsi salad setiap hari dapat membantu dalam meningkatkan metabolisme di usus, memperlancar buang air besar, dan mencegah resiko penyakit konstipasi dan sembelit. Bila salad dikombinasikan dengan yougurt maka akan membuat saluran pencernaan lebih sehat.

5. Manfaat untuk ibu hamil

Salad sangan aman dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena  mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk Ibu hamil dan janin. Salad juga membantu meningkatkan kesuburan ibu hamil. Memilih salad dengan kandungan vitamin C seperti tomat, wortel atau jeruk akan membantu meningkatkan pertumbuhan sel sekaligus memperbaik sel-sel yang rusak. Bila ibu mengkonsumsi salad dengan buah alpukat, maka ibu hamil akan mendapatkan asam folat yang baik untuk pembentukan otak janin.

6. Manfaat untuk Diet

Buah yang mengandung mineral alami seperti serat, sangat baik untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan selama program diet. Salad sangat rendah kalori tetapi kaya serat sehingga membantu dalam memberikan efek mengenyangkan lebih lama tetapi menghasilkan kalori yang sedikit. Salad yang kaya air juga dapat mengenyangkan perut dan mempercepat proses metabolisme. Meskipun bermanfaat untuk diet, salad kaya nutrisi penting  seperti vitamin A, B, C, K, dan mineral, yang bila dikonsumsi dalam waktu lama tidak akan membuat tubuh mudah gemuk.

Cara menikmati salad yang benar:

Meracik salad buah dapat dilakukan dengan mudah dan bisa dinikmati kapan saja, seperti menyajikan untuk menu penutup makan siang, atau bisa untuk camilan yang sehat di malam hari. Untuk memilih buah yang tepat, memakan buah yang organik dan segar jauh lebih nikmat. Cara membuat salad harus dimulai dengan cara mencucinya hingga bersih, karena sebagian salad yang akan Anda konsumsi dalam bentuk mentah atau tidak digoreng. Jadi, membersihkan sayuran dan buah-buahan harus dilakukan dengan maksimal agar kuman dan kotoran hilang sempuran. Untuk memilih buah yang bagus, pilih yang tampak segar, tidak layu atau tudak busuk. Agar manfaatnya terasa, sebaiknya makan salad beserta kulitnya, sebab kulit buah mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin. Setelah dicucu, saatnya iris-iris buah salam bentuk kotak atau sesuai selera. Iris juga sayuran seperti brokoli atau bayam. Terakhirm tambahkan saus sesuai selera seperti mayonise, sirup, madu, yogurt atau minyak sayur.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top