Manfaat Tanaman

Manfaat Penggunaan Tea Tree Oil Untuk Kecantikan

Manfaat Penggunaan Tea Tree Oil Untuk Kecantikan

Tea tree oil kini banyak digunakan dalam dunia kecantikan. Kandungan tea tree oil sendiri diklaim mampu berkhasiat secara alami bagi tubuh dan kecantikan. Manfaat penggunaan tea tree oil untuk kecantikan mulai marak sejak tanaman dengan nama latin Australia melaleuca alternifolia ini banyk dijadikan minuman herbal yang mirip dengan teh hitam atau pun teh hijau.

Sponsor: kezia skin expert

Tea trea oil sendiri merupakan minyak yang berasal dari pohon teh dimana minyak dari pohon teh tersebut berasal dari benua Australia. Sejak 100 tahun terakhir ini tea tree oil banyak digunaka untuk obat antiseptik dan anti inflamasi. Khasiatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh dan baik untuk perawatan kulit seperti mengatasi jerawat. Tak hanya itu tea tree oil juga banyak dijadikan sebagai bahan serba guna dalam produk rumah tangga.

Manfaat tea tree oil untuk kecantikan dan kesehatan tubuh:

Sebagian besar masyarakat memang belum mengerti sejauh apa manfaat dari tea tree oil ini. Namun jika Anda sudah mengetahui, sangta sayang apabila tidak menggunakan tea tree oil untuk mengatasi masalah seputar kulit dan wajah. Berikut beberapa manfaat tea tree oil untuk kegunaan sehari-hari:

1. Untuk mengobati jerawat

Khasiat tea tree oil sangat baik untuk atasi atau mencegah jerawat di wajah. Menurut sebuah penelitian, dalam tea tree oil terdapat senyawa yang efektifnya sama dengan zat benzoil peroksida pada produk obat jerawat. Senyawa pada tea tree oil berasal dari minyak pohon teh yang tidak memiliki efek samping pada kulit yang meradang seperti menyebabkan merah, kering hingga kulit terkelupas. Dalam pengaplikasiannya, Anda bisa gunakan tea tree oil untuk mengobati jerawat yang meradang dengan cara mencampurkan tea tree oil sebanyak lima tetes kedalam dua sendok teh madu murni. Selanjutnya gosokkan pada kulit berjerawat kemudian diamkan selama 5-10 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan secara rutin untuk hasil maksimal.

2. Untuk mengobati ketombe dan merawat kesehatan rambut

Anda bisa memanfaatkan khasiat tea tree oil untuk pengobatan ketombe sekaligus merawat kecantikan rambut. Di dalam tea tree oil memiliki khasiat yang sama dengan minyak kelapa dengan kemampuannya yang dapat menenangkan sel kulit terutama yang mengalami pengelupasan pada rambut. Tea tree oil juga terbutki hilangkan ketombe sekaligus mencegah rambut dari gangguan kutu. Gunakan shampo dari ekstrak tea tree oil dengan menambahkan gel lidah buaya secukupnya serta 3 sendok teh santan kelapa. Untuk memberi aroma wangi, tambahkan juga minyak lavender. Gunakan campuran rambuan tea tree oil tadi untuk keramas. Lakukan perawatan ini minimal 2 kali sehari selama satu bulan.

3. Berfungsi sebagai deodoran

Tea tree oil sering digunakan untuk ramuan atasi bau ketiak. Wangi segar yang terdapat dalam ekstra tea tree oil bisa atasi masalah pada bau badan sebab terdapat kandungan anti mikroba yang bisa membunuh bakteri penyebab bau badan. Untuk dapat mengaplikasikan ramuan ini cara cukup sederhana. Pertama siapkan tea tanti mikroree oil secukupnya, minyak kelapa dan baking soda. Campur ketiga bahan dan aplikasikan pada ketiak seblum tidur. Pada pagi harinya Anda bisa membilas ketiak dengan air dingin hingga bersih.

4. Membantu meredakan gatal eksim dan psoriasis

Tea tree oil mengandung zat yang bersifat anti inflamasi yang dipercaya ampuh atasi gangguan eksim dan psoriasi yang terjadi pada kulit. Untuk atasi kedua gangguan tersebut cara membuat ramuan dari tea tree oil yaitu menyiapkan 1 sendok minyak kelapa, 2 tetes ekstra bunga lavender dan 5 tetes Tea tree oil. Campur ketiga bahan tersebut hingga menjadi seperti lotion. Gunakan lotion alami Tea tree oil ini sebagai sambun atau krimyang bisa dioleskan kapan saja.

Selain bisa dipakai untuk kecantikan, khasiat tea tree oil  juga bisa sebagai cairan pembersih peralatan rumah tangga. Sifatnya yang anti bakteri bisa membersihkan peralatan dapur dari kuman sehingga lebih higienis. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus mencampurkan 3 sendok tea tree oil dengan lemon dan cuka secukupnya. Simpan pada wadah botol lalu gunakan dengan cara menyemprotkan pada peralatan dapur Anda.

Adakah efek samping akibat pemakaian tea tree oil?

Meski sangat baik atasi masalah pada kulit dan rambut, diharapkan untuk memakai tea tree oil dalam batas sewajarnya. Hal ini karena tea tree oil bisa menimbulkan beberapa masalah seperti:

  • Untuk kulit sensitif

Manfaat tea tree oil untuk pengobatan jerawat memang bisa dilakukan. Hanya saja bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari tea tree oil ini. Alasanya tea tree oil mampu menyerap kelebihan minyak sehingga dapat meninggalkan rasa kering , kulit gatal dan rasa terbakar saat pemakaian pertama. Jika terjadi tanda-tanda seperti ini maka sebaiknya hentikan pemakaian tea tree oil beberapa saat dan cobalah beberapa hari sesudahnya.

  • Akibatkan terganggunaya hormon pria

Ganguan lain yang bisa terjadi akibat pemakaian tea tree oil yang ditambah dengan minyak lavender justru bisa mengganggu hormon pada pria. Dari sebuah kasus yang terjadi, berkat pemakaian dua ekstrak minyak alami secara bersamaan bisa mengganggu pertumbuhan payudara jadi abnormal atau kata lainnya ginekomastia. Ginekomastia adalah kelainan hormon estrogen dan testosteron akibat pertumbuhan jaringan di payudara yang berlebihan.

  • Dampak lebih parah jika terminum

Memanfaatkan tea tree oil hanya untuk luar tubuh dan bukan untuk diminum. Jika tertelan secara langsung maka tea tree oil bisa menimbulkan beberapa dampak yang mungkin akan terjadi seperti muncul rasa pusing, badan lemas, ruam kemerahan padasekujur tubuh, hingga mengakibatkan koma.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top