Manfaat Tanaman

Manfaat Pegagan Untuk Kesehatan

Manfaat Pegagan Untuk Kesehatan

Banyak orang yang sudah mengenal tentang manfaat pegagan untuk kesehatan yang luar biasa. Pegagan adalah tanaman merambat yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk obat herbal alami.  Tanaman pegangan banyak tumbuh liar di persawahan, semak-semak, dan di tepian sungai. Tanaman ini kerap mengganggu tanaman lain yang ditanam oleh para petani. Walaupun tanaman ini mengganggu, pegagan ternyata dapat dipergunakan sebagai jamu tradisional dan mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan.

Sponsor: dr rochelle skin expert

  • Mencegah Dan Mengobati Kanker

Seperti telah diketahui kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat beresiko menyebabkan kematian. Penyakit kanker dapat dicegah dan juga diobati menggunakan daun pegagan. Pegagan mengandung antioksidan yang tinggi serta zat sitotoksik yaitu zat yang berfungsi menekan pertumbuhan sel kanker dan mencegahnya berkembang. Dengan rutin mengkonsumsi daun pegagan sebagai minuman tradisional maka resiko kanker dapat diminimalisir dan bagi yang menderita kanker, penyakit tersebut perlahan – lahan dapat disembuhkan secara alami.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka yang terdapat pada kulit yang disebabkan karena benturan, jatuh, dan lain sebagainya adalah masalah yang tidak terlalu serius dan tidak perlu dikawatirkan. Walaupun demikian luka jika dibiarkan dan tidak segera diobati dapat mengakibatkan luka menjadi inveksi dan dapat berakibat buruk bagi kesehatan. menggunakan daun pegagan sebagai obat luka sangat ampuh untuk mempercepat penyembuhan dan membuat luka menjadi cepat kering. Hal ini dikarenakan daun pegagan mengandung zat farmokologis yang berguna mempercepat penyembuhan pada luka Anda.

  • Menguatkan Ingatan

Bagi orang yang sudah berusia lanjut sangat rentan mengalami masalah pada ingatannya atau sering disebut pikun. Hal ini dikarenakan fungsi otak sebagai penyimpan ingatan yang sudah mulai menurun karena faktor usia. Hal tersebut dapat dihindari dengan mengjkonsumsi daun pegagan. Daun pegagan bermanfaat menguatkan daya ingat sehingga sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sudah berusia lanjut. Daun pegagan bermanfaat meningkatkan fungsi kognitif pada otak sehingga otak menjadi lebih kuat dalam menerima ingatan dan membuat Anda menjadi lebih berkonsentrasi.

  • Mengatasi Batuk

Batuk bukanlah penyakit yang berbahaya akan tetapi cukup membuat aktifitas harian terganggu. Penyakit batuk dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi daun pegagan. Zat yang terdapat pada daun pegagan bermanfaat melancarkan dahak sehingga dahak pun mudah untuk dikeluarkan. Jika dahak yang ada didalam tenggorokan sudah keluar maka batuk akan sembuh dengan sendirinya. Daun pegagan juga sangat ampuh mengatasi batuk berdarah, batuk asma, dan batuk lainnya. Anda dapat mengkonsumsi daun pegagan secara rutin, maka berbagai masalah batuk dapat diatasi.

  • Melancarkan Buang Air Kecil

Bagi Anda yang mengalami susah buang air kecil atau kencing ada baiknya Anda mengkonsumsi daun pegagan secara teratur. Daun pegagan bermanfaat menghancurkan kotoran yang menyumbat saluran kencing dan memperlancar saluran kencing Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top