Manfaat Tanaman

Manfaat Pare Untuk Pencegah Penyakit

Manfaat Pare Untuk Pencegah Penyakit

Salah satu jenis  bahan makanan berupa sayuran yang tidak disukai oleh banyak orang adalah buah pare. Pare dikenal mempunyai rasa yang sangat pahit sehingga sangat tidak diminati. Ada 2 jenis tanaman pare yang biasanya dikonsumsi yaitu pare ayam serta pare welut. pare  ayam mempunyai bentuk yang pendek, kulit tidak rata serta rasanya yang pahit. Sedangkan pare welut mempunyai ciri bentuk buahnya yang panjang sehingga menyerupai hewan belut serta rasanya yang cenderung tidak pahit. Banyak orang yang tidak mengetahui jika pare yang mempunyai rasa yang pahit tersebut mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan badan. Manfaat pare untuk pencegah penyakit dikenal sejak lama dan banyak dijadikan olahan yang bergizi.

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Kandungan nutrisi pare si pahit yang menyehatkan:

Ketika diolah dalam bentu sayuran, pare adalah makanan yang rendah kalori sekitar 17 kalori per 100g. Selain itu, pare mengandung banyak zat gizi lainnya seperti serat, mineral, fitonutrien, vitamin dan anti oksidan.

  • Phyto Nutrien 

Phyto (polipeptida-P) di dalam pare menghasilkan insulin yang terkenal untuk mengatasi kadar gula dalam darah. Terdapat pula agen hipoglikemik bernama charantin yang bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan glukosa serta glikogen sintesis pada hati, otot dan jaringan adiposa yang bermanfaat dalam pengobatan diabetes tipe 2.

  • Folat

Pare adalah sumber folat sangat baik yaitu sebanyak 72 mg per 100 gram. Folat penting untuk ibu selama masa kehamilan awal yang berguna untuk membantu mengurangi cacat saraf pada bayi yang baru lahir.

  • Vitamin C dan B kompleks

Pare adalah sumber vitamin C yaitu sebanyak 84 mg per 100 gram.  Manfaat vitamin C yaitu sebagai zat antioksidan alami kuat untuk membantu mengikat radikal bebas yang bisa berdampak buruk merusak tubuh. Sementara vitamin B kompleks pada pare terdiri dari niasin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B6) dan mineral lain berupa seng, zat besi,  mangan, kalium, dan magnesium.

  • Flavanoid

Flavanoid seperti beta karotin, lutein, dan zeaxanthin pada vitamin A dapat membantu dalam melindungi tubuh pada radikalisme oksigen yang bisa memunculkan masalah penuaan, kanker dan berbagai penyakit lainnya.

  • Serat

Serat pada pare dapat merangsang organ pencernaan bergerak dengan mudah, melindungi orga usus yang bisa mencegah terjadinya gangguan pencernaan terutama masalah sembelit.

Manfaat pare untuk kesehatan:

1. Mencegah Kanker

Manfaat pare yang pertama adalah mencegah penyakit kanker. Seperti telah diketahui kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan dapat beresiko menyebabkan kematian. Mengkonsumsi pare secara rutin dipercaya dapat mencegah kanker yang ada di dalam tubuh. Kandungan yang terdapat pada pare mampu mengikat proses glukosa yang terdapat pada pankreas serta mengubahnya menjadi energi. Pengikatan Glukosa akan berpengaruh mencegah pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh sehingga resiko tumbuhnya kanker dapat diminimalisir.

2. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Penyakit ini sangat berbahaya bagi kesehatan jika tidak segera ditangani. Mengkonsumsi pare dipercaya dapat mencegah diabetes. Kandungan insulin dan alkanis yang terdapat pada pare sangat bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah serta mengontrol kadar gula agar tetap stabil. Dengan rutin mengkonsumsi buah pahit ini maka diabetes dapat disembuhkan serta kesehatan badan dapat diapatkan.

3. Mengobati Asma

Asma merupakan salah satu jenis masalah yang sering mengganggu pada pernafasan. Penyakit asma yang Anda derita dapat disembuhkan dengan menggunakan tanaman pare. Pare dipercaya bermanfaat melebarkan sel-sel pada saluran pernafasan sehingga dapat memperlancar sirkulasi udara yang masuk ke paru-paru. Bagi Anda yang memiliki masalah asma ada baiknya mengkonsumsi secara teratur karena sangat bermanfaat melancarkan pernafasan serta mengatasi asma.

4. Membersihkan Darah

Manfaat pare yang selanjutnya adalah mampu membersihakn darah. Pare dipercaya mengandung zat cucurbitacins yang bermanfaat membersihkan kotoran pada darah yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi pare maka gatal yang ada di dalam tubuh yang diakibatkan oleh darah kotor dapat disembuhkan.

5. Menyehatkan Hati

Hati atau liver merupakan organ dalam tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya. Mengkonsumsi buah pare sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati. Pare bermanfaat menghancurkan lemak serta mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Lemak serta Racun yang masuk kedalam tubuh jika menumpuk akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. untuk itu harus selalu dibersihkan agar hati menjadi lebih sehat serta kekebalan tubuh dapat ditingkatkan.

Efek samping pare:

Meskipun manfaat pare sangat luar biasa, namun perlu diperhatikan bahwa terdapat efek samping yang harus Anda ketahui. Pare memang aman dikonsumsi, namun tidak semua orang bisa dapat mengkonsumsinya dengan aman terutama dalam jangka waktu dekat. Ibu hamil dan menyusui kemungkinan tidak aman mengkonsumsi pare sebab bahan kimia pada daging pare dan bijinya dapat memancing produksi menstruasi dan menyebabkan aborsi pada hewan. Meskipun tidak cukup bukti, wanita yang menyusui disarankan tidak mengkonsumsi pare. Kemudia pada penderita diabetes pare dapat menurunkan kadar gula. Namun jika terlalu banyak mengkonsumsinya, maka kadar gula akan semakin rendah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top