Tips Kesehatan

Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Buah pare memiliki kekhasan dari segi rasa, yaitu pahit. Beberapa orang mengkonsumsi pare sebagai sayur yang ditambahkan dalam makanan pokok, nasi. Rasa pahit pada pare ini bisa diminimalisir, biasanya dilakukan dengan penambahan garam yang dilanjutkan dengan meremas-remas pare secara merata. Di balik rasa pahit buah dengan bentuk bergelombang khas ini, menyimpan khasiat sebagai manfaat jika dikonsumsi. Berikut ini paparan tentang manfaat pare untuk kesehatan:

manfaat pare untuk kesehatan

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah pare memiliki kandungan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Vitamin C merupakan salah satu zat yang berfungsi sebagai antioksidan. Dengan imunitas yang baik maka seseorang tidak akan mudah terserang penyakit, serta menangkal radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh manusia. Untuk bisa merasakan manfaat buah pahit ini, maka bisa dikonsumsi sebagai sayur sebagai menu harian makan dengan berbagai cara pengolahan yang menggugah rasa.

  1. Membantu pengobatan diabetes tipe 2

Orang yang memiliki kadar gula berlebihan sehingga berpotensi menderita diabetes tipe 2. Tipe diabetes ini terjadi karena adanya penurunan produksi insulin dalam tubuh. Keadaan mengakibatkan insulin berjalan tidak maksimal atau tubuh berada kurang peka terhadap insulin, istilahnya disebut resistensi insulin. Salah satu pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi pare, baik dikonsumsi sebagai sayur ataupun bisa dalam bentuk jus pare. Kandungan phytonutrisi, polipeptida-P merupakan zat yang bisa membantu penurunan kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes tipe 2 ini. selain itu terdapat pula kandungan senyawa charntine, yang bertanggung jawab untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Mengkonsumsi pare bisa juga dilakukan sebagai upaya pencegahan, sehingga tidak harus menunggu hingga sakit dahulu.

  1. Membantu penyembuhan gangguan pernafasan

Jika seseorang menderita penyakit gangguan pernafasan seperti batuk, pilek bahkan asma, pare bisa membantu dalam meredakannya. Cara terbaik dalam mendapatkan manfaat adalah saat pare dalam keadaan segar. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsinya dalam bentuk jus segar atau dimakan mentah. Ada pula hasil studi yang menyatakan bahwa pare dapat merespon indera pengecapan sehingga sel saluran pernapasan ikut aktif dan menyebabkan saluran pernapasan menjadi luas dan memudahkan masuknya aliran udara ke dalam jalan pernafasan. Hal ini lah yang membantu bagi penderita gangguan pernafasan.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Buah pare memiliki khasiat dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dipercaya pula mampu menghilangkan lemak dalam tubuh. Mengkonsumsinya dengan teratur bermanfaat untuk membantu program diet dan dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Pare merupakan sayuran yang direkomendasikan bagi yang ingin menjalankan program penurunan berat badan atau menjaga kestabilan berat badan, karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam secangkir jus pare memiliki 16 kalori dengan mengkonsumsinya bisa digunakan dalam  mengontrol nafsu makan dan membuat cepat kenyang. Menghadirkan pare di dalam menu makan membantu dalam mendapatkan berat badan yang ideal.

1
50%
like
1
50%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top