Tips Kesehatan

Manfaat Ngemil Di Malam Hari Selama Bulan Puasa

Manfaat Ngemil Di Malam Hari Selama Bulan Puasa

Ketika sedang menjalankan puasa pastinya tidak akan melakukan aktivitas makan dan minum mulai dari pagu hari setelah sahur hingga petang hari saatnya berbuka puasa. Tidak heran ketika malam hari biasanya waktu untuk melampiaskan waktu  makan yang tertunda di siang hari, sehingga hampir dapat dipastikan banyak makanan tersedia di meja makan tidak terkecuali camilan makanan ringan. Ngemil di malam hari dirasa sangat cocok, tak hanya membuat perut terasa lebih kenyang namun camilan juga teman setia untuk mengobrol atau aktivitas ringan lainnya.

Sponsor: pemutih wajah

Meskipun manfaat ngemil dimalam hari selama bualn puasa itu ada, kenyataannya masih banyak yang tidak mengetahuinya. Ngemil di malam hari pada bulan puasa ternyata mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan. Coba Anda perhatikan beberapa alasan tentang manfaat ngemil di malam hari selama bulan puasa yang perlu diketahui.

Manfaat Ngemil Di Malam Hari Selama Bulan Puasa1

Kebiasaan Ngemil yang Dianggap Sehat

Pada dasarnya, kebiasaan ngemil bisa menjadi sehat jika makanan yang Anda camil itu memenuhi gizi. Kebiasaan ngemil yang tak baik seperti suka makan permen, makanan kemasan atau makanan manis bisa menimbulkan risiko penyakit dari yang ringan hingga kronis. Alasanya tak lain adalah kandungan bahan pada makanan yang ada berupa tinggi gula, lemak, atau garam sehingga mempengaruhi sistem metabolisme tubuh.

Tak hanya itu, porsi makanna yang dikonsumsi terlalu banyak sehingga menjadi penyebab menumpuknya jumlah kalori. Padahal konsep sebenarnya dari camilan ringan yang sehat yakni membagi kebutuhan kalori kedalam beberapa bagian kecil dalam kebutuhan harian. Sementara camilan sehat seperti buah, biji-bijian, atau makanan lain yang berserat dan rendah kalori tentunya akan membantu memenuhi kebutuhan tubuh tanpa khawatir membuat kalori yang masuk berlebihan.

Manfaat Ngemil Di malam Hari Selama Puasa

Manfaat Ngemil Di Malam Hari Selama Bulan Puasa

  • Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Manfaat dari makan camilan atau ngemil pada malam hari di bulan puasa adalah tidur menjadi lebih pulas dan nyenyak. Pada saat bulan puasa kebanyakan waktu untuk tidur menjadui berkurang karena harus bangun di pagi buta untuk menjalankan sahur. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan tidak mengganggu aktivitas di keesokan harinya Anda perlu membiasakan ngemil di malam hari sebelum tidur. Ngemil akan membuat perut menjadi kenyang sehingga istirahat atau tidur malampun menjadi lebih nyenyak. Jika tidur terganggu dapat dipastikan kondisi tubuhpun juga akan terganggu yaitu biasanya akan merasakan lemas, pusing, serta merasa lapar.

Manfaat Ngemil Di Malam Hari Selama Bulan Puasa

  • Memenuhi Kebutuhan Kalori Harian

Selain bermanfaat untuk menjaga kualitas tidur, makan camilan di malam hari juga bermanfaat untuk memnuhi kebutuhan kalori harian tubuh Anda. Seperti diketahui selama menjalankan puasa tentunya tubuhpun hanya akan sedikit mendapatkan asupan kalori. Kebutuhan kalori tubuh setiap harinya baik sedang menjalankan puasa atau tidak tetaplah sama yaitu 1200 sampai dengan 1500 kkl per harinya. Maka dari itu untuk memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh Anda maka lengkapi dibutuhkan tersebut dengan menambah jumlah asupan kalori sedikit demi sedikit dari makanan atau camilan. Karena camilan yang dikonsumsi secara berkala bisa membeli suplai kalori harian yang sangat tepat karena dan tidak mudah merasa kelaparan.

Manfaat Ngemil Di Malam Hari Selama Bulan Puasa

  • Mencegah Kalap Ketika Makan Sahur

Manfaat terakhir dari makan camilan di malam hari adalah mencegah kalap ketika sedang makan sahur. Kondisi perut yang kosong jetika malam hari sangat rentan membuat Anda merasa lapar sehingga ada kemungkinan kalap ketika makan sahur. Kalap berarti kondisi dimana Anda lebih banyak mengkonsumsi makanan sehingga dikhawatirkan hanya memilih makanan yang mengandung kalori. Padahal hal tersebut dapat dihindari dengan cara makan camilan diwaktu malam hari sebelum tidur.

Untuk membuat perut kenyang ada beberapa pilihan yang dapat A nda lakukan salah satunya adalah dengan ngemil camilan yang menyehatkan di malam hari. Sedangkan jenis Camilan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena menyehatkan adalah buah-buahan, yogurt, cokelat hitam, susu  sapi rendah lemak, susu kedelai atau susu almond, serta berbagai macam kacang-kacangan.

   Manfaat Ngemil Di Malam Hari Selama Bulan Puasa

  • Ngemil Menbantu Cegah Keroncongan Di Saat Puasa

Setiap hari, perut kita harus terisi setiap 4-5 jam sekali. Artinya dalam sehari kita bisa makan lebih dari satu kali yang mana umumnya dilakukan sebanyak 3 kali. Ketika perut dalam kondisi penuh atau kosong, kenyataannya semua organ pencernaan masih terus bekerja sepanjang waktu. Sehingga ketika lambung kehabisan bahan makanan yang diolah, maka akan terdengan bunyi keroncongan dari dalam perut. Jika sudah begitu, tandanya perut Anda masih bekerja meski belum makan. Jika Anda masih merasakan lapar maka bisa disiasati dengan mengkonsumsi camilan agar perut selalu terisi. Agar lebih sehat, lebih baik pilih beberapa kudapan sehat menjelang waktu tidur atau menjelang makan besar sebelum tarawih.

Itulah beberapa manfaat ngemil yang ternyata baik untuk kesehatan. Seperti banyak dibahas sumber lainnya, ngemil memang baik namun ada baiknya cerdas dalam mengkonsumsi makanan. Meski anda tengah menjalankan ibadah puasa, ngemil yang baik ternyata bisa mengatasi masalah pada lambung dan memberi cukup asupan energi. Memakan camilan sehat, tentunya akan memperkaya tubuh dengan banyak zat gizi seperti buah-buahan yang mana Anda akan mendapat beragam mineral dan vitamin.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top