Makanan Kesehatan

Manfaat Nasi Jagung Untuk Kesehatan

Jagung merupakan salah satu jenis makanan pokok yang cukup populer selain beras, ketela, dan sagu, yang sering dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi. Penggunaan jagung sebagai makanan pokok biasa diolah menjadi nasi jagung. Cara pembuatan nasi jagung dilakukan dengan menghaluskan jagung dengan digiling atau ditumbuk kemudian dikukus. Nasi jagung mempunyai ciri khas rasa yang manis dan gurih seperti jagung pada umumnya. Dibalik rasa manis dan lezat nasi jagung ternyata nasi jagung juga memiliki  berbagai manfaat bagi kesehatan. Manfaat nasi jagung untuk kesehatan antara lain sebagai berikut:

Manfaat Nasi Jagung Untuk Kesehatan

Sponsor: cream pemutih wajah

1. Sumber energi

Seperti telah diketahui jagung dapat dikonsumsi menjadi pengganti nasi dan sebagai makanan pokok sehari-hari karena mengandung karbohidrat serta kalori yang tinggi. Kalori yang terdapat dalam nasi jagung jauh lebih rendah dibanding nasi. Meskti begitu, kalori dalam nasi jagung mampu memenuhi asupan kalori dan dapat memberikan tenaga dalam tubuh seperti yang terkandung dalam nasi putih.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Bagi yang mengalami gangguan pada pencernaan, mengkonsumsi nasi jagung dapat mengatasi solusi untuk mengatasi gangguan pencernaan sekaligus menyehatkan pencernaan. Nasi jagung banyak mengandung serat yang sangat dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan tubuh berjalan dengan sempurna. Pencernaan yang sehat, mampu membuat sistemnya bekerja secara sempurna.

4. Menyehatkan jantung

Jantung merupakan salah satu organ dalam tubuh yang harus dijaga selalu kesehatannya. Mengkonsumsi nasi jagung secara rutin dapat menyehatkan jantung Anda serta mengurangi  jumlah kolesteriol jahat yang ada di dalam tubuh. Jagung pulalah yang banyak mengandung lemak dan efek aterogenik yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus mengurangi resiko terjadinya serangan jantung dan stroke mendadak akibat dari penumpukan kolesterol dalam darah.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh (imun) akan mempengaruhi kesehatan, dimana  jika kekebalan tubuh Anda menurun maka sangat rentan terserang  berbagai macam penyakit. Mengkonsumsi nasi jagung dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh kerena adanya kandungan vitamin A ditambah dengan beta karoten. Mengkonsumsi nasi jagung secara rutin dalam menu makanan Anda, secara spontan mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh tidak gampang terserang penyakit.

6. Menurunkan resiko kanker

Kandungan serat serta asam fenolik yang terdapat dalam nasi jagung sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker dalam tubuh. Asam fenolik sangat ampuh untuk memerangi serta mencegah kanker yang akan tumbuh dalam tubuh Anda. dengan rutin mengkonsumsi nasi jagung maka resiko terkena penyakit kanker dalam tubuh Anda akan terhindar.

7. Mengobati anemia

Nasi jagung kaya akan kandungan zat besi di dalamnya. Seperti telah diketahui bahwa zat besi adalah zat yang memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Apabila sel darah merah dalam tubuh Anda tercukupi, maka resiko terkena ganguan anemia atau kekurangan darah merah dapat teratasi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top