Manfaat Buah

Manfaat Nanas Untuk Diet

Nanas atau Ananas Comosus (L.) Merr adalah buah tropis yang segar dan banyak tumbuh di Indonesia. Nanas terkenal dengan warna buahnya yang kuning dan rasanya yang sedikit masam dan manis. Nanas sering dijadikan olahan seperti rujak atau minuman segar. Dinalik rasanya yang masam, nanas banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan serat alaminya juga mampu dijadikan menu untuk menjalani program diet. Manfaat nanas untuk diet tak lepas dari kandungan nutrisi didalamnya.

Manfaat Nanas Untuk Diet

Sponsor: pemutih wajah

Kandungan nutrisi nanas:

Buah nanas mengandung banyak zat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Salah satu zat mermanfaat itu adalah bromelain, yaitu zat bersifat anti inflamasi (anti pembengkakan). Bromelain sendiri adalah sebuah enzim protese yang bekerja sebagai pemecah protein dan dipercaya sejak lama sebagai obat untuk meredakan pembengkakan sinus, saluran pencernaan, obat pembersih luka bakar, penyakit paru-paru, mencegah kancer dan pastinya zat yang mampu membuat tubuh langsing. Buah nanas mengandung vitamin C hingga 47,8 mg. selain itu nanas juga kaya akan vitamin A dan B6 yang bersifat antioksidan, kalsium, fosfor, magnesium, mangan, thiamin, zat besi,  natrium, kalium, sukrosa, enzim bromelain, dan serat.

Cara Mengolah Menu Nanas untuk Diet: 

Cara pertama: Diet dengan nanas pertama kali ditemukan oleh Joan Metzger lalu berkembang hingga menjadi suplemen nanas yang bisa dikonsumsi dengan mudah. Menurut Metzger, diet dengan nanas dapat menurunkan berat badan hingga 20 kg bila rutin dilakukan selama 6 minggu. Agar program diet nanas berhasil, maka diet nanas harus di padukan dengan mengkonsumsi ikan tuna untuk menambah kebutuhan protein. Pada hari pertama, lakukan dikombinasikan nanas dan air putih, kemudian pada hari kedua konsumsi ikan tuna sebanyak 2 kali sehari ditambah nanas dan air putih. Sementara di hari ketiga, mengulangi cara tdi haru pertama.

Cara dua: Diet nanas juga dapat dikombinasi dengan menggunakan daging ayam untuk menambah asupan protein. Untuk melakukan diet dengan kombunasi daging ayam, maka bisa menambahkan yoghurt rendah lemak, oatmeal, dan 3 potong nanas untuk sarapan. Pada siang hari bisa menambahkan asupan ayam bakar dengan sup sayur. Sementara makan malam bisa menambahkan menu nanas dan salad ayam saja. Bila Anda ingin menambahkan camilan, bisa gunakan sepotong roti Gandun panggang, segelas jus nanas, dan satu butir telur rebus.

Cara tiga: Untuk cara selancutnya bisa diolah dengan cara sederhan yaitu dengan mengkonsumsi jus naan. Untuk membuatnya, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengupas nanas hingga bersih, lalu rendam dengan air garam agar lendir dan zat pembuat gatal hilang. Kemudian potong nanas dan blender. Untuk pemanis tambahkan madu atau sedikit susu rendah lemak.

Manfaat Nanas Untuk Program Diet:

Menu nanas untuk diet sangat baik untuk mengganjal rasa lapar dan mengandung serat yang baik untuk mencukupi kebutuhan serat setiap harinya. Konsumsi nanas secara rutin juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, memperbaiki sistem pencernaan dan sangat cocok dijadikan menu diet serta menurunkan berat badan. Nanas mengandung zat asid sitrik yang bisa mengurangi tumpukan lemak tubuh, sehingga mampu  mengurangi berat badan. Terdapat pula enzim proteiolitik yang berfungsi sebagai zat untuk memperlambat penyerapan lemak pada usus dan membuatnya mudah terbuang melalui feses. Sementara enzim Bromelin berkhasiat untuk mengatasi gangguan usus dan perut. Bila dikombinasi dengan enzim Lipase, maka keduanya akan bermanfaat untuk menurunkan nafsu makan, memperbanyak proses eksresi lemak, mengurangi serta membantu mengurangi lemak pada perut.

Walau nanas bermanfaar sebagai makanan diet, namun ada hal yang harus diperhatikan termasuk soal pemilihan nanas. Hindari mengkomsi nanas hijau yang belum masak,karena akan menimbulkan gejala mual dan muntah. Nanas juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena nanas muda mengandung abortivum atau sejenis obat yang bekerja sebagai pembersih kandungan. Karena itu, nanas dapat berguna untuk melancarkan terlambat haid. Buah nanas yang masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi, sehingga bagi penderita diabetes tidak disarankan mengonsumsi nanas secara berlebihan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top