Rambut ku

Manfaat Minyak Jarak Untuk Rambut

Manfaat Minyak Jarak Untuk Rambut

Manfaat minyak jarak untuk rambut sangat banyak sekali. Karena minyak jarak mengandung asam omega 3, vitamin, dan nutrisi penting lainnya yang sangat baik untuk rambut. Salah satu manfaat terbesar dari minyak jarak adalah sebagai obat penumbuh rambut alami. Memiliki rambut yang sehat, tebal, dan kuat memang dambaan bagi setiap orang. Anda dapat mendapatkan rambut yang demikian dengan berbagai manfaat minyak jarak untuk rambut berikut ini

sponsor: kezia skin expert.

Minyak jarak sering digunakan sebagai salah satu bahan kosmetik, karena minyak jarak memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi. Minyak jarak mengandung nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk rambut diantaranya vitamin E, antioksidan, protein, lemak omega 9, dan asam ricinoleic yang mampu merangsang pertumbuhan rambut. Selengkapnya tentang manfaat minyak jarak untuk rambut adalah :

  1. Omega 9

Omega 9 yang terdapat pada minyak jarak mampu merangsang pertumbuhan rambut. Zat ini akan mengaktifkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan dan penipisan pada rambut. Omega 9 mampu meningkatkan kekuatan setiap folikel rambut.

Selain itu, minyak jarak juga bermanfaat untuk melindungi keratin dari kerusakan yang disebabkan karena paparan sinar matahari dan polusi lingkungan. Karena zat inilah minyak jarak sering digunakan sebagai obat untuk mencegah kerontokan dan menumbuhkan rambut yang baru.

  1. Memulihkan tingkat normal pH kulit kepala

Minyak jarak mengandung asam ricinoleic yang mampu memulihkan dan menyeimbangkan tingkat normal pH pada kulit kepala. pH kulit kepala yang normal akan terhindar dari berbagai masalah rambut seperti ketombe dan gatal-gatal.

  1. Sebagai antioksidan

Minyak jarak memiliki sifat antioksidan yang mampu mengobati rambut yang kusam dan keriting. Antioksidan di dalam minyak jarak dapat meningkatkan peredaran darah di seluruh kulit kepala. Jika sirkulasi darah pada kulit kepala lebih lancar, maka kulit kepala akan mendapatkan oksigen dengan cukup sehingga akar rambut menjadi lebih kuat.

  1. Dapat menyejukkan kulit kepala

Minyak jarak dapat membuat kepala Anda terasa lebih dingin dan sejuk. Hal ini akan menjaga rambut Anda agar tetap sehat dan kuat.

  1. Menjadikan rambut lebih berkilau

Ketika Anda rutin memijat rambut dengan minyak jarak, perlahan-lahan rambut Anda akan lebih kuat dan bersinar. Antioksidan yang terdapat pada minyak jarak mampu memperkuat keratin. Hal ini akan menjadikan rambut Anda terlihat lebih berkilau setelah selesai keramas.

  1. Vitamin esensial yang tinggi

Minyak jarak mengandung vitamin esensial yang tinggi. Vitamin ini sangat dibutuhkan oleh rambut untuk menjaganya agar tetap sehat. Hal inilah yang menyebabkan minyak jarak mampu mengobati berbagai masalah kesehatan rambut, seperti rambut rontok dan ketombe.

  1. Mengobati infeksi kulit kepala

Minyak jarak mampu mengobati infeksi kulit kepala dan mengatasi masalah kekeringan pada kulit kepala. Hal ini karena, minyak jarak memiliki sifat antiseptik dan anti-jamur yang sangat baik untuk mengobati masalah tersebut.

  1. Memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala

Minyak jarak mampu merangsang kulit kepala agar dapat meningkatkan dan memperlancar sirkulasi darah ke folikel rambut. Hal ini akan menjadikan rambut Anda lebih kuat dan sehat, sehingga dapat menumbuhkan rambut yang baru.

Cara Menggunakan Minyak Jarak untuk Rambut

Jika Anda bermaksud menggunakan minyak jarak untuk menumbuhkan rambut, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan minyak jarak untuk pertumbuhan dan pencegahan rambut rontok. Anda harus menggunakan minyak jarak dengan takaran dan cara yang tepat. Sebagai langkah mudah Anda dapat menerapkan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Panaskan minyak terlebih dahulu

Tuangkan minyak jarak secukupnya dalam sebuah mangkuk. Anda dapat menambahkan beberapa bahan campuran lain seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond yang juga sangat bermanfaat untuk rambut. Lalu panaskan minyak tersebut dalam panci di atas kompor dengan api yang kecil. Pastikan bahwa Anda tidak berlebihan dalam memanaskannya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kepekatan dan agar Anda lebih mudah untuk memblilasnya nanti.

  1. Terapkan minyak jarak pada rambut

Kebanyakan dari kita adalah memiliki rambut yang cukup kering, maka dari itu sedikit basahi rambut Anda agar lebih lembap. Ada baiknya jika Anda membagi rambut menjadi beberapa bagian menggunakan jepit atau ikat rambut. Oleskan minyak jarak di telapak tangan secukupnya, lalu terapkan pada rambut yang telah Anda bagi menjadi beberapa bagian satu per satu.

Dengan membagi rambut menjadi beberapa bagian, Anda dapat lebih mudah untuk mengoleskan minyak jarak hingga ke akar rambut. Pijat secara lembut selama beberapa menit dan biarkan selama 10 menit agar nutrisi dari minyak jarak dapat diserap oleh rambut.

  1. Jangan lupa memijat kulit kepala

Memijat rambut saja tidak cukup, Anda harus memijat seluruhnya termasuk kulit kepala. Tambahkan sedikit minyak jarak lalu pijat kulit kepala Anda dengan lembut. Anda dapat melakukan pijatan ini selama beberapa menit agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

  1. Bungkus rambut Anda

Setelah melakukan pijat pada rambut dan kulit kepala, bungkus rambut Anda menggunakan plastik atau topi mandi dan biarkan selama minimal selama 1 jam. Hal ini akan memungkinkan minyak jarak terserap ke dalam kulit kepala dan rambut secara maksimal.

Agar lebih praktis, Anda dapat menerapkan minyak jarak sebelum tidur dan membiarkannya selama satu malam penuh.

  1. Bilas rambut Anda

Setelah selesai, Anda dapat membilas rambut Anda dengan air lalu keramas menggunakan sampo kesukaan Anda. Pastikan agar seluruh sisa minyak jarak telah hilang, karena minyak jarak sedikit sulit untuk dihilangkan terutama pada bagian akar dan celah-celah rambut. Agar benar-benar bersih mungkin Anda harus membilasnya sebanyak 2 hingga 3 kali.

Demikian beberapa manfaat minyak jarak untuk rambut serta penerapannya. Minyak jarak adalah obat terbaik untuk menumbuhkan rambut secara alami. Namun perlu diingat, jangan menggunakan minyak jarak terlalu berlebihan karena Anda akan sulit untuk membersihkannya. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top