Makanan Kesehatan

Manfaat Milet Bagi Kesehatan

Milet merupakan jenis tanaman biji-bijian yang sering dikonsumsi sebagai makanan pokok. Walaupun tak sepopuler beras dan gandum, milet tetap menjadi pilihan bahan pokok makanan khususnya di Negara India. Penduduk negara ini menjadikan milet sebagai makanan utama sekaigus pengganti beras dan roti. Meski berperan sebagai salah satu makanan pokok, manfaat milet bagi kesehatan sangat penting untuk mengatur metabolisme tubuh.

Manfaat Milet Bagi Kesehatan

Sponsor: pemutih wajah

Tanaman ini mempunyai bentuk biji yang sangat kecil dan hampir menyerupai wijen tetapi agak lebih besar. Di Indonesia sendiri milet lebih dimanfaatkan sebagai pakanan burung berkicau. Anda dapat dengan mudah mendapatkan milet di toko pakan burung dari pada di tokok bahan sembako. Penggunaan milet untuk burung berkicau bukan tanpa alasan, karena milet dipercaya dapat menjaga kesehatan burung dan membuat burung menjadi rajin berkicau. Selain mempunyai manfaat yang bagus untuk bururng berkicau, milet ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan manusia. Berikut ini manfaat ajaib milet bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut :

1. Mengontrol diabetes

Milet dipercaya ampuh untuk mengontrol diabetes atau kadar gula dalam darah agar tetap stabil. Hal ini terjadi karena milet mengandung serat yang tinggi serta polifenol. Kandungan serat yang tinggi pada milet dapat memperlambat proses pencernaan sehingga milet dapat mengontrol zat gula dalam darah.

2. Melancarkan pencernaan

Apabila Anda mengalami permasalahan pada pencernaan, Anda dapat mencoba mengkonsumsi milet, karena milet ampuh untuk memperlancar pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi pada milet membuat pencernaan menjadi lancar. Selain dapat memeperlancar pencernaan, milet juga berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda dan melindungi dari berbagai masalah yang menyerang sistem pencernaan Anda.

3. Mengobati anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah biasanya ditandai dengan gejala sering pusing, lemah, letih, dan lesu. Mengkonsumsi milet dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga membuat masalah anemia dapat teratasi. Selain baik untuk penderita anemia milet juga bagus untuk dikonsumsi yang bermanfaat untuk menjaga agar sel darah merah tetap stabil dan membuat Anda sehat selalu.

4. Mengobati migrain

Penyakit migrain atau sakit kepala sebelah merupakan penyakit yang sering menyerang siapa saja. Peredaran darah yang kurang lancar dapat membuat seseorang rentan terkena penyakit ini. Milet dapat berfungsi mengatasi masalah migrain karena mengandung tryptophan yang dapat mengurangi masalah radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai masalah penyakit.

5. Meningkatkan kekuatan tulang

Membentuk Tulang yang kuat merupakan faktor terpenting dalam kesehatan. mengkonsumsi milet dapat menjaga kesehatan tulang serta mencegah penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis. Kandungan vitamin D serta kalsium yang tinggi dari milet sangat ampuh untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

Tidak banyak yang tahu mengenai manfaat ajaib milet bagi kesehatan. biji-bijian yang biasanya sering dikonsumsi untuk burung ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

0
0%
like
12
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top