Kulit ku

Manfaat Menyikat Kulit Tubuh

Manfaat Menyikat Kulit TubuhSebagian besar orang terlalu sibuk untuk merawat kulit wajah mereka dengan cara perawatan, penggunaan pelembap, pembersihan dan sebagainya. Tapi mereka melupakan kulit di seluruh tubuh yang juga penting untuk dirawat. Jika Anda pergi ke sebuah klinik kecantikan dan menginginkan spa, terdapat berbagai pilihan perawatan salah satunya adalah menyikat kulit tubuh. Mungkin cara ini masih terdengar aneh dan jarang diterapkan. Namun menggosok kulit tubuh menggunakan sikat akan meningkatkan penampilan Anda dengan baik. Terdapat berbagai manfaat menyikat kulit tubuh yang luar biasa seperti di bawah ini:

sponsor: kezia skin expert.

Menyikat Kulit Tubuh

Menyikat kulit tubuh adalah suatu perawatan yang menyikat seluruh kulit pada tubuh menggunakan kuas yang lembut. Hal ini dilakukan sebelum atau sesudah mandi dalam keadaan kulit kering. Anda harus menyikatnya dengan pola tertentu mulai dari kaki, tangan, dada, dan semuanya.

Manfaat Menyikat Kulit Tubuh

Salah satu fungsi kulit adalah sebagai media untuk pengeluaran racun yang optimal. Namun jika kulit Anda tersumbat dengan racun atau sel kulit mati, tubuh akan kesulitan untuk mengeluarkan racun yang tidak bermanfaat. Di sinilah pentingnya menyikat kulit tubuh dalam keadaan kering. Hal ini mampu menghilangkan sel-sel kulit mati sekaligus membantu mengeluarkan racun atau limbah di dalam tubuh melalui kelenjar getah bening. Masih banyak manfaat lainnya seperti:

  1. Mendukung kinerja limfatik

Sistem limfatik adalah kunci utama dalam sistem kekebalan tubuh agar berjalan dengan baik. Fungsi sistem limfatik adalah untuk menghilangkan limbah dari dalam tubuh. Limfatik akan membantu transportasi limbah atau racun dari jaringan tubuh menuju darah untuk dikeluarkan. Proses ini disebut drainase limfatik. Dengan merangsang sistem limfatik pada tubuh Anda maka dapat membantu menghilangkan racun yang membahayakan tubuh. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara menyikat tubuh saat kering untuk mengeluarkan racun secara alami.

  1. Pengelupasan kulit

Menyikat kulit dalam keadaan kering dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengelupaskan sel-sel kulit yang mati dan kering. Jika Anda melakukannya secara teratur, maka kulit Anda akan lebih lembut dan halus. Bahkan cara ini lebih efektif dari pada pelembap agar kulit terhidrasi dengan baik. Menyikat kulit dalam keadaan kering adalah cara termudah dan alami untuk membantu pengelupasan kulit.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat menyikat kulit tubuh yang tidak kalah penting adalah mampu meningkatkan sirkulasi darah. Jika sirkulasi darah di dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar, maka dapat menghilangkan limbah yang mengganggu sistem metabolisme dan juga meningkatkan energi. Sangat dianjurkan untuk menyikat kulit dalam keadaan kering setiap pagi.

  1. Mengurangi seluit

Walaupun hal ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah, namun menyikat kulit dalam keadaan kering dapat melunakkan lemak yang mengendap di bawah kulit. Hal ini akan membantu tubuh untuk mengeluarkan lemak yang berlebih secara merata.

Menyikat kulit dalam keadaan kering dapat membantu pengeluaran racun di dalam tubuh, sehingga bukan tidak mungkin jika hal tersebut juga mampu menghilangkan seluit pada tubuh. Namun yang jelas adalah menyikat kulit dapat membuat kulit Anda lebih lembut dan sehat.

  1. Mengurangi stres

Menyikat kulit dalam keadaan kering juga dapat berfungsi sebagai meditasi dan mengurangi ketegangan pada otot Anda. Cara ini sangat baik untuk mengurangi stres dan menenangkan pikiran Anda.

Cara Memilih Sikat Kering

Anda dapat memilih sikat yang lembut dengan bahan dan kualitas terbaik. Pilihlah sikat dengan bulu yang rapat dan lembut dan gagang yang panjang. Sehingga Anda dapat menggapai punggung, kaki, leher dan seluruh bagian kulit tubuh lainnya dengan mudah.

Cara Menyikat Kulit Tubuh

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus melakukannya minimal sekali sehari. Sebaiknya Anda melakukannya pada pagi hari sebelum mandi. Caranya adalah:

  1. Sikat tubuh Anda menuju jantung

Ketika Anda menyikat kulit tubuh pada bagian manapun selalu akhiri dengan mengarah menuju daerah jantung pada dada. Hal ini bertujuan untuk mengalirkan kelenjar getah bening pada tubuh Anda. Sikat seluruh tubuh mulai dari kaki, tangan, punggung, dan semuanya jangan sampai ada yang terlewatkan.

  1. Lakukan berulang-ulang

Setiap Anda mulai menyikat selalu akhiri dengan mengarah pada jantung. Baik Anda memulainya dari lengan, perut, atau kaki Anda harus selalu menuju ke jantung atau dada. Lakukan cara ini secara berulang-ulang sebanyak beberapa kali.

  1. Jangan menyikat wajah

Hal ini dilakukan untuk menyikat kulit pada tubuh, jadi jangan menyikat wajah Anda dalam keadaan kering. Bagian lain yang tidak boleh Anda sikat adalah alat kelamin, tubuh yang mengalami varises, atau setiap bagian kulit tubuh yang mudah teriritasi.

  1. Jangan menggosok terlalu kasar

Jangan menggosok atau menyikat kulit terlalu kasar. Lakukan dengan lembut tanpa ada rasa sakit. Jika Anda menyikatnya terlalu keras, bukan tidak mungkin justru akan melukai kulit dan menyebabkan munculnya warna merah pada kulit Anda. Jika kulit terasa panas saat disikat maka gantilah kuas Anda dengan yang lebih lembut.

Demikian beberapa manfaat menyikat kulit tubuh yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Cara ini memang belum begitu populer di Indonesia, namun karena manfaatnya yang luar biasa Anda harus mencobanya. Semoga bermanfaat.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top