Tips & Trik Parent

Manfaat Menyanyi Bagi Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Menyanyi Bagi Tumbuh Kembang Anak

Menyanyi adalah kebiasaan yang mudah dilakukan sekaligus mampu menghilangkan rasa bosan. Menyanyi sering dilakukan setiap hari yang ternyata memiliki banyak manfaat bagi anak. Sayangnya banyak orang tua tak sadar akan manfaat bernyanyi bagi perkembangan anak. Beberapa manfaat menyanyi bagi tumbuh kembang anak diantaranya:

Sponsor: halojasa

1. Memahami konsep sederhana

 

manfaat menyanyi bagi tumbuh kembang anak

Anak yang mampu melakukan nyanyian sederhana sudah bisa mempelajari konsep secara sederhana pula. Misalnya menyanyikan lagi “Balonku” dapat mengajarkan anak akan konsep balon dimana benda itu berbentuk bulat. Selain itu, anak jadi paham bahwa ada banyak warna dalam balon yang ia nyanikan seperti warna hijau, dan memahami konsep bahwa bentuk balon adalah bulat. Anak akan belajar mengenal konsep berhitung dimana ketika balon pecah maka jumlah balonnya akan berkurang. Namun
terpenting adalah memilih lagu harus disesuaikan dengan usia anak.

2. Menguatkan rasa percaya diri

Manfaat Menyanyi Bagi Tumbuh Kembang Anak

Menyanyi juga bisa mengajarkan anak belajar PD. Hampir semua anak suka bernyanyi dari hal-hal yang ia dengar. Oleh sebab itu, berikan anak kesempatan untuk bernyanyi mampu membeti kesempatan anak untuk tumbuh dan berkembang lebih percaya diri. Anak akan merasa mampu tampil di depan umum. Jika anak mulai menyanyi Anda bisa memberikan perhatian khusus yang positif baik melalui pujian atau ikut bersama sama anak bernyanyi. Cara ini adalah bentuk bahwa Anda menghargai setiap perhatian yang anak lakukan.

3. Memperkaya kosakata

Manfaat Menyanyi Bagi Tumbuh Kembang Anak

Tidak salah rupanya jika menyanyi bagi anak dapat memperkaya kosakata bahasanya. Anak jadi mudah mengucapkan banyak kalimat atau bahasa dengan baik dan benar. Anak juga lebih mudah mengetahuk kalimat mana yang sopan atau tidak sehingga ia akan menggunakannya kalimat yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Anak jadi lebih aktif dalam berbicara dan kemampuan berbicaranya jadi ikut terstimulasi. Mengenalkan satu lagu dalam sehari pada anak setidaknya ia mampu memahami 5 atau lebih kata baru.

4. Anak jadi lebih aktif dan sehat

manfaat menyanyi bagi tumbuh kembang anak

Sisi lain dari manfaat menyanyi bagi anak selain untuk mental dan jiwanya adalah untuk membuat anak lebih sehat. Ketika anak menyanyi maka fisiknya secara tidak sadar bisa ikut bergoyang misalnya otot di
sekitar kepala akan ikut bergerak. Hal ini bisa menambah kebugaran yang akhirnya membuat akan lebih senang dan terhibur. Kondiai ini bisa meningkatkan kesehatan fisik dan psikisnya. Bernyanyi akan membantu anak lebih proaktif karena rasa ingintahunya. Akibatnya ia akan tumbuh dan berkembang secara maksimal. Memilih lagu anak yang penuh semangat dapat menciptakan perasaan yang semangat pula.

Mengamati perkembangan anak lewat bernyanyi memang sangat membantu terlebih jika anak memiliki bakat bernyanyi. Cara ini juga akan meningkatkan kemampaun verbal, pendengaran, motorik, dan lainnya. Agar anak lebih berkembang dengan bakat bernyanyinya, coba pilihkan guru les vokal yang bisa mengasah kemampuan bernyanyi anak.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top