Makanan Kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Tahu Bagi Kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Tahu Bagi Kesehatan

Kedelai adalah salah satu tanaman yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan maupun minuman seperti tempe, susu kedelai, dan juga tahu. Tahu merupakan salah satu jenis olahan kedelai yang mempunyai tekstur yang sangat lembut dan juga kenyal, tidak heran jika tahu menjadi makanan favorit yang hampir disukai oleh banyak orang. Selain harganya yang tergolong relatif murah tahu juga mempunyai berbagai macam manfaat bagi kesehatan Anda. Manfaat mengkonsumsi tahu bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Sponsor: perawatan wajah

Kandungan Nutrisi Tahu Kedelai Yang Baik:

Tahu adalah salah satu makanan tradisional masyarakat Indonesia yang paling banyak dikonsumsi. Tahu sendiri berasal dari bahan baku kedelai baik lokal ataupun impor. Setidaknya terdapat sumber kalori pada tahu yaitu 68 kilokalori. Dan sumber protein nabati nya sebanyak 7,8 gram, karbohidrat 1,6 gram, lemak 4,6 gram, kalsium 124 miligram, fosfor 63 miligram, serta zat besi 1 miligram. Tahu juga tidak mengandung vitamin A dan C namun mengandung viatamin B1 0,06 miligram.

Manfaat Tahu Untuk Kesehatan Tubuh:

  • Mengontrol Berat Badan

Manfaat dari mengkonsumsi tahu yang pertama adalah mengontrol berat badan. Bagi Anda yang mempunyai berat badan berlebih dan sedang menjalankan program diet ada baiknya Anda rutin mengkonsumsi tahu. Tahu bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh, selain itu tahu juga bermanfaat untuk menghasilkan energi karena kandungan nutrisi penting yang terdapat di dalamnya. Kandungan nutrisi tersebut bukan hanya bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol namun juga memaksimalkan diet Anda.

  • Baik Untuk Mencegah Menopause Dini

Manfaat dari tahu yang berikutnya adalah mencegah menopause dini. Menoupuse biasanya dialami oleh wanita yang sudah berusia lanjut yang menyebabkan menurunnya fungsi dari organ tubuh serta tingkat kesuburan menjadi menghilang. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan menopause juga dapat dialami oleh Anda yang masih berusia subur karena kurangnya asupan nutrisi tertentu di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi tahu dapat bermanfat untuk mencegah menopause dini di dalam tubuh. Tahu kaya akan kandungan isoflavon yaitu sebuah senyawa kimia yang berguna untuk menyeimbangkan hormon estrogen penyebab menopause. Jika hormon estrogen dapat terkontrol jumlahnya maka resiko mengalami menopause diusia dini dapat dihindarkan. Tahu juga kaya akan kandungan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang Anda. dengan rutin mengkonsumsi tahu tulang yang sehat serta terhindar dari menopause dini dapat diperoleh.

  • Mengurangi Resiko Kanker

Tahu juga bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker. Sel kanker dapat tumbuh dan berkembang karena kurangnya asupan nutrisi serta paparan dari radikal bebas. Kanker dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi tahu, hal ini karena tahu banyak mengandung zat Isoflavon yang sangat baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker. Selain itu tahu juga mengandung zat selenium di dalamnya yaitu senyawa kimia yang berguna untuk membuat tubuh selalu sehat karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

  • Menjaga Kesehatan Darah

Siapa yang menyangka bahwa tahu ternyata mengandung banyak zat besi yang diperlukan tubuh untuk proses metabolisme. Zat Besi sendiri merupakan senyawa alami yang memiliki peran penting dalam memasok oksigen yang dibutuhkan tubuh terutama darah. Oksigen inilah yang membuat hemoglobin darah menjadi sehat sehingga mampu menyalurkan nutrisi, mineral dan vitamin ke seluruh organ tubuh. Jika zat besi dalam tubuh berkurang dari kadar normal, maka darah pun sulit menangkap oksigen sehingga tubuh dapat mengalami maslaah. Jadi, mengkonsumsi tahu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan darah Anda sebab terdapat kandungan zat besi yang terdapat di dalam tahu bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah sehingga jika produksi sel darah merah melimpah maka akan menghindarkan Anda dari resiko anemia atupun penyakit darah lainnya.

  • Baik Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat dari mengkonsumsi tahu yang terakhir adalah menjaga kesehatan kulit. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam tahu seperti mineral, vitamin, serta protein akan membuat kulit menjadi lebih kencang serta membuatnya sehat secara alami. Untuk itu jika Anda mengimnginkan kulit yng cantik dan mulus ada baiknya Anda rutin mengkonsumsi tahu sebagai menu sehat.

  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Salah satu penyenyabab munculnya gangguan pada jantung adalah tubuh menyimpang banyak atau tinggi kadar kolesterol. Jika kadar kolesterol ini semakin meningkat berkat asupan makanan yang banyak seperti lemak atau kolestero dari daging, maka lemak tersebut akan mudah menyumbat saluran pembuluh darah terutama yang mengarah pada jantung. Kolesterol jahat bisa dilawan dengan makanan yang mengandung kolesterol baik salah satunya tahu. Tahu adalah sumber protein nabati yang baik dan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat tanpa harus menghilangkan kolesterol baik.

  • Sumber Kalsium Baik Untuk Tulang

Tahu adalah sumber terbaik kalsium yang mampu melindungi kepadatan tulang. Mengkonsumsi sumber kalsium memang sangat dibutuhkan untuk membantu pembentukan tulang dan gigi lebih sehat. Kalsium dalam tahu merupakan nutrisi atau minaral yang dirancang dalam jumlah tepat sehingga banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi tahu demi meningkatkan kepadatan tulang. Se[erti kita ketahui, kekurangan kalsiun bagi tubuh bisa menyebabkan pengeroposan tulang ( osteoporosis) memunculkan efek penuaan dini dan menguatkan tulang.

0
0%
like
0
0%
love
2
100%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top