Makanan Kesehatan

Manfaat mengkonsumsi susu kedelai bagi kesehatan manusia

Susu kedelai atau soya bean adala makanan yang tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia. dimanapun anda berada pasti mudah untuk menemukan produk susu kedelai ini. Bagi masyarakat indonesia khususnya, susu kedelai seringkali digunakan sebagai pengganti susu sapi apabila seseorang memiliki alergi terhadap susu hewani. Sesuai namanya, susu kedelai merupakan minuman yang menyerupai susu dengan warna putih kental mirip sekali dengan susu sapi. Hanya saja, susu kedelai diperoleh dari proses olahan kacang kedelai. Sehingga tidak mengandung unsur hewani sedikit pun. Meskipun tidak mengandung unsur hewani sedikitpun, namun manfaat mengkonsumsi susu kedelai ini hampir sama bahkan mengungguli susu sapi. Untuk itulah mengapa banyak dokter yang menyarankan untuk memberikan susu kedelai sebagai pengganti susu sapi apabila seseorang memiliki alergi terhadap susu sapi.

Manfaat mengkonsumsi susu kedelai

Sponsor – pemutih wajah

Sebelum kita membahas manfaat mengkonsumsi susu kedelai lebih lanjut, kita akan membahas mengenai kandungan yang terdapat dalam susu kedelai. Susu kedelai diketahui memiliki berbagai macam kandungan zat yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Kandungan-kandungan tersebut antara lain karbohidrat, kalsium, zat besi, riboflavin, serat atau fier, vitamin B12, vitamin E, vitamin K, asam lemak essensial, dan lisin. Lisin merupakan sejenis asam amino yang banyak terkandung dalam kacang kedelai. Selain itu kacang kedelai juga disebut-sebut sebagai sumber protein nabati atau protein yang berusmber dari tumbuhan. Kandungan protein yang dimiiki oleh susu kedelai sangat lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia. Sumber protein ini berasal dari kandungan sembilan asam amino essensial yang terdapat dalam kacang kedelai.

Asam amino essensial ini ketika masuk kedalam tubuh, akan diubah menjadi protein baru, termasuk antibodi yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh manusia. Selain itu tubuh juga akan mengubah asam amino essensial tersebut menjadi protein struktural yang mmeiliki peranan penting terhadap jaringan tubuh manusia serta enzim-enzim yang membantu sel tubuh menciptaan energi bagi tubuh manusia. Bahkan untuk 1 cangkir susu kedelai tanpa gula kita akan mendapatkan 7 gram protein bagi tubuh kita.

Dengan berbagai kandungan zat yang sangat baik bagi tubuh, lantas aa sajaka manfaat kesehatan yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi susu kedelai ini?

Susu kedelai sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung

Sama-sama kita ketahui bahwa penyakit jantung merupakan penyakit yang masuk dalam daftar nama pembunuh manusia terbanyak di jaman modern ini. Sudah tidak terhitung lagi jumlah manusia yang meninggal gara-gara penyakit ini. Dan dibandingkan dengan wanita, para pria jauh lebih beresiko mengalami penyakit jantung. Susu kedelai diketahui memiiki kalori yang rendah, rendah lemak namun tinggi protein. Mayo Clinic, portal kesehatan dunia, memberikan rekomendasi untuk menjalankan diet rendah lemak jenuh dan sodium serta tinggi protein sebagai solusi untuk mencegah penyakit jantung dengan mengkonsumsi susu kedelai ini. Dalam satu cangkir susu kedelai hanya mengandung 3,6 gram lemak, 6,3 gram protein, 104 kalori, dan 0,5 gram lemak jenuh. Karena itulah susu kedelai sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung kita.

Susu kedelai dapat mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi

Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung, susu kedelai juga sangat baik untuk mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi. Hal ini dikarenakan kandungan antara lemak jenuh dan lemak tak jenuh di dalam susu kedelai sangat seimbang sehingga dapat membantu dalam mengatur dan mengontrol keseimbangan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Selain itu kandungan susu kedelai berupa vitamin E, asam folat, dan B6 mampu mencegah potesi berkembangnya penyakit hipertensi menjadi penyakit jantung pada manusia. Dan juga kandungan magnesium dalam susu kedelai dapat meminimalisir penyakit hipertensi pada manusia.

Sehingga susu kedelai tidak hanya baik untuk penderita hipertensi melainkan juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh siapapun yang tidak ingin terkena penyakit hipertensi.

Susu kedelai dapat membantu mengurangi kolesterol dalam darah

Susu kedelai ternyata juga memiliki khasiat untuk mengurangi kolesterol dalam darah. Seperti yang kita ketaui bahwa kolesterol dalam darah apabila jumlahnya melebihi ambang batas akan memiliki dampak kesehatan yang besar. Misalnya resiko penyakit jantung, penyakit stroke, dan lain sebagainya. oleh karena itu dewasa ini banyak iklan-iklan anjuran untuk hidp sehat dengan menjaga kolesterol dalam darah agar tidak melebihi ambang batas.

Susu kedelai memiliki kandungan antioksidan dalan isoflavon. Kandungan ini dapat menaikkan kadar HDL yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, kandungan lesitin dalam kacang kedelai dipercaya mampu menurunkan kadal LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Denga demikian jumlah kolesterol dalam darah dapat senantiasa terkontrol sesuai dengan ambang batas yang diperbolehkan.

Susu kedelai dapat membantu mengurangi resiko diabetes

Kandungan protein nabati yang terdapat dalam susu kedelai ternyata dapat jauh lebih mudah diolah oleh ginjal penderita diabetes dibandingkan dengan protein yang berasal dari hewan seperti susu sapi. Selain itu susu kedelai juga mengandung 2 zat gizi mikro yang dapat berkontribusi pada perkembangan diabetes tipe 2 yakni magnesium dan vitamin D. Kedua kandungan tersebut semakin tinggi dimiliki oleh manusia maka semakin rendah pula resiko ia terkena penyakit diabetes.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top