Tubuh ku

Manfaat Mandi Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Udara pagi hari yang segar dan sejuk memang membuat tubuh merasa lebih segar, apalagi ketika Anda mandi saat itu juga maka Anda akan lebih bersemangat. Mandi pagi selain menyegarkan ternyata juga menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Mandi pagi yang baik adalah dengan menggunakan air dingin, bukan air hangat. Berikut manfaat mandi pagi untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Mandi Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

sponsor: dr rochelle skin expert.

  1. Menjaga kulit agar tetap lembap dan segar

Mandi pagi sangat baik untuk menjaga kesegaran dan kelembapan kulit. Mandi pagi menyerupai proses detoksifikasi, yaitu proses pengeluaran racun yang ada dalam tubuh maupun kulit. Karbondioksida yang terkandung dalam air ketika Anda mandi di pagi hari, akan menjaga kelembapan kulit sehingga membuat kulit Anda menjadi lebih segar.

  1. Mencegah rematik

Mandi pagi juga sangat baik untuk mencegah rematik. Bagi Anda yang mengalami rematik sangat baik untuk melakukan terapi dengan mandi pagi setiap hari. Tahukah Anda bahwa kualitas air di malam hari akan berbeda dengan pagi hari? Air malam dapat dikatakan berbahaya karena dapat memicu berbagai penyakit, salah satunya adalah rematik. Sementara air pagi memiliki kandungan karbondioksida yang tinggi yang dapat mencegah dan melawan rematik.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Salah satu manfaat mandi pagi untuk kesehatan tubuh adalah untuk menurunkan kadar gula darah. Mandi pagi dapat membantu tubuh untuk melakukan proses detoksifikasi yang akan membantu menurunkan dan menyeimbangkan kadar gula darah di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mandi pagi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Rangsangan yang terjadi ketika Anda mandi di pagi hari, mampu menghasilkan sel darah putih yang lebih banyak. Sel darah putih sangat berperan penting untuk melawan berbagai bibit penyakit yang menyerang tubuh. Sehingga ketika produksi sel darah putih meningkat akan berdampak pada imunitas tubuh yang kuat.

  1. Meningkatkan kesuburan

Manfaat mandi pagi untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah meningkatkan kesuburan. Mandi pagi dapat merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi hormon testosteron bagi pria dan hormon estrogen bagi wanita. Produksi hormon yang baik dapat meningkatkan kesuburan reproduksi baik untuk pria maupun wanita.

  1. Mengurangi stres

Mandi pagi juga sangat baik untuk mengurangi stres. Ketika mandi pagi, maka oksigen dapat mengalir lebih lancar ke seluruh bagian tubuh. Jika kebutuhan oksigen dapat lebih lancar dan terpenuhi, maka dapat mengurangi tingkat stres.

  1. Meningkatkan kesehatan rambut

Mandi pagi dapat meningkatkan kesehatan rambut Anda, terutama mandi pagi dengan air dingin. Air dingin mampu memperkuat akar rambut yang dapat mencegah kerontokan dan rambut kusam.

  1. Memperlancar sirkulasi darah

Mandi pagi juga baik untuk meningkatkan dan memperlancar peredaran darah. Mandi pagi juga dapat mengatasi peradangan yang menyerang tubuh dan membantu proses penyembuhan agar lebih cepat.

  1. Memperbaiki jaringan tubuh

Mandi pagi secara rutin dapat membuat kulit menjadi lebih kenyal dan sehat. Hal ini karena mandi pagi dapat memperbaiki jaringan kulit. Mandi pagi juga sangat baik untuk mengatasi mata pAnda, yaitu lingkaran hitam di area mata.

  1. Mengurangi risiko darah tinggi

Manfaat mandi pagi untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah mampu mencegah dan mengurangi risiko darah tinggi, varises dan pembuluh darah mengeras. Hal ini karena mandi pagi dapat memperlancar sirkulasi darah pada tubuh.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Rutin mandi pagi dapat menjaga kesehatan kulit, terutama mandi pagi dengan air dingin. Karena, air dingin tidak akan membuka pori-pori kulit sehingga tubuh akan tetap bersih, sehat, dan terhindar dari kotoran. Beda halnya jika Anda mandi pagi menggunakan air hangat.

  1. Meningkatkan energi

Mandi pagi juga bermanfaat untuk meningkatkan energi. Suhu air yang dingin dapat berpengaruh dalam meningkatkan energi Anda sehingga dapat lebih bersemangat ketika menjalani aktivitas sepanjang hari.

  1. Memperlancar metabolisme tubuh

Mandi pagi juga dapat meningkatkan dan memperlancar sistem pencernaan pada tubuh. Ketika sistem metabolisme atau pencernaan lancar, maka tubuh akan terjaga kesehatannya dan terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Mengurangi depresi

Mandi dengan air dingin di pagi hari dapat mengurangi depresi. Suhu air yang sejuk akan membuat otak menjadi lebih segar sehingga tingkat depresi dapat berkurang.

  1. Mengatasi flu

Ketika flu Anda justru jarang mandi? Mulai sekarang cobalah untuk mandi pagi jika terserang flu. Air dingin yang Anda gunakan ketika mandi pagi, dapat mengatasi gejala flu seperti hidung tersumbatl. Namun perlu diperhatikan, jangan mandi pagi menggunakan air dingin jika flu disertai demam dan rasa dingin yang menggigil.

  1. Mengatasi pembekuan darah

Mandi pagi dengan air dingin dapat memperlancar peredaran darah dan mencegah pembekuan darah.

  1. Menurunkan berat badan

Produksi lemak cokelat yang berguna sebagai pembakar lemak jahat yang menumpuk di dalam tubuh, dapat lebih ditingkatkan dengan mandi pagi menggunakan air dingin. Air dingin mampu merangsang tubuh untuk memproduksi lemak cokelat tersebut, sehingga lemak jahat di dalam tubuh dapat terbakar dengan lebih baik lagi.

  1. Menjaga kesehatan paru-paru

Mandi pagi dengan air dingin dapat membuat paru-paru Anda lebih mengembang sehingga tetap sehat. Hal ini juga dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

Demikian manfaat mandi pagi untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Mulai sekarang, cobalah jangan malas dan rutin mandi pagi setiap hari maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top