Makanan Kesehatan

Manfaat Makan Agar-Agar Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal agar-agar, makanan kenyal yang satu ini sangat digemari oleh semua kalangan terutama untuk anak-anak. Agar-agar atau jeli adalah makanan yang terbuat dari rumput laut sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis makanan ini biasanya dapat dikonsumsi dalam berbagai hidangan, seperti pada campuran es, maupun dikonsumsi langsung tanpa dicamprkan pada makanan yang lain. Meskipun telah diolah, jeli tetap memiliki kandungan vitamin dan protein yang sama dengan mengkonsumsi rumput laut sehingga sangat baik untuk kesehatan. Manfaat makan agar-agar bagi kesehatan antara lain sebagai berikut :

Manfaat Makan Agar-Agar Bagi Kesehatan

Sponsor: perawatan wajah

Agar-agar bisa disajikan dalam bentuk camilan sehat yang kaya serat dan pastinya mengenyangkan. Agar-agar memiliki serta yang bersifat ganda yaitu hidrafilik (yang mampu menyerap kelebihan air dalam usus) juga bersifat sineresis (yaitu melepaskan kelebihan air dalam usus). Dengan demikian gejala-gejala penyumbatan pada usus seperti susah BAB atau kehilangan nutrisi, dapat dihindari. Agar-agar sangat baik dikonsumsi oleh semua orang baik balita ataupun lansia. Agar-agar memiliki tekstur lebih lembut dibanding jelly, sehingga lebih aman dikonsumsi oleh bayi dan balita. Agar-agar diketahui bermanfaat sebagai antioksidan tinggi karena zat klorofil yang terkandung dalam rumput laut berfungsi sebagai antioksidan. Zat krolofil sudah dikenal bermanfaat sebagai zat yang dapat membantu membersihkan tubuh dari toxic atau radikal bebas, baik polusi udara, asap rokok atau yang berbahaya bagi tubuh.

1. Kesehatan kulit

Agar-agar mengandung asam amino dan kolagen yang di butuhkan oleh kulit. Mengkonsumsi Agar-agar secara rutin dapat membantu terbentuknya sel-sel baru dalam tubuh serta dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Kandungan vitamin serta zat yang ada di dalam agar-agar sangat baik untuk mencantikkan kulit wajah serta membuat wajah menjadi mulus. Seperti diketahui bahan utama pembuatan agar-agar adalah dari rumput laut. Dan rumput laut merupakan bahan yang sering di olah menjadi bahan kosmetik yang menyehatkan karena mengandung vitamin yang tinggi. Dengan rutin mengkonsumsi agar-agar akan membuat wajah Anda tampak berseri dan mulus. Agaragar juga mengandung asam amino alami, yang baik untuk kulit, memudahkan pembentukan sel-sel tubuh baru, mencegah tanda tanda penuaan. Agar-agar juga baik dikonsumsi unruk kesehatan kulit sebab mampu memproduksi kolagen,  kaya asam aspartat yang berguna sebagai zat untuk regenerasi sel.

2. Anti kanker

Mengkonsumsi agar-agar yang berasal dari rumput lau, juga dapat mencegah penyakit kanker payudara. Menurut penelitian Harvard School of Public Health di Amerika, wanita Jepang yang tengah mengalami premenopause memiliki peluang 3 kali lebih kecil terkena penyakit kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Pasalnya, banyak masyarakat Jepang terutama kaum wanita disana snagat rajin mengkonsumsi rumput laut sebagai menu makanan. Kandungan antioksidan pada agar-agar inilah yang membantu tubuh terbebas dari adanya radikal bebas penyebab kanker.

3. Menjaga berat badan

Mengkonsumsi jeli dapat menjaga berat badan Anda. karena agar-agar merupakan jenis makanan yang rendah kalori, jadi walaupun Anda mengkonsumsi dalam porsi banyak Anda tidak perlu khawatir dengan berat badan Anda akan bertambah. Karena agar-agar rendah kalori jadi aman dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet karena dapat mengenyangkan dan tetap membuat tubuh Anda menjadi ideal. Menu sehat untuk diet ini mengandung serat atau fiber yang tinggi, bersifat mengenyangkan  yang cocok untuk penderita obesitas, serta.kandungan karbohidratnya cukup sulit dicerna tubuh sehingga memberikan efek kenyang lebih lama.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem imun atau kekebalan dalam tubuh berperan sangat penting menjaga agar tubuh tidak gampang terkena gangguan penyakit. Jeli banyak menandung vitamin B yang sangat baik untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Tidak salah jika orang yang sedang sakit mengkonsumsi jeli karena agar-agar dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan mengusir penyakit yang menghinggapi.

5. Memelihara kesehatan rambut

Dengan rutyin mengkonsumsi agar-agar dapat menjaga kesehatan rambut serta menghindarkannya dari beberapa masalah rambut seperti rontok, rambut mati, serta munculnya uban. Hal ini dapat terjadi karena agar-agar banyak mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh rambut serta dapat membantu menjaga kesehatan rambut dari berbagai masalahnya.

6. Mengurangi kolesterol jahat

Tidak dipungkiri lagi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh merupakan penyebab utama munculnya penyakit stroke dan serangan jantung yang sangat membahayakan. Untuk itu menghindari berbagai makanan yang dapat memicu munculnya kolesterol jahat dalam tubuh harus dilakukan dengan benar. Dengan rutin mengkonsumsi agar-agar dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat penyebab masalah stroke dan jantung  yang ada di dalam tubuh serta dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik yang ada di dalam tubuh.

Ada banyak sekali manfaat mengkonsumsi agar-agar untuk kesehatan. Anda tidak perlu lagi khawatir untuk mengkonsumsi agar-agar karena selain enak dan menyehatkan agar-agar juga mempunyai manfaat yang sangat luar biasa di dalamnya, termasuk makan sehat untuk menurunkan berat badan. Sementara untuk hasil yang lebih baik, mengkonsumsi agar-agar tawar atau sedikit gula secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Mencegah penyakit tertentu serta memenuhi kebutuhan serat dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh kita. 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top