Manfaat Tanaman

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Selain umum digunakan sebagai bahan kecantikan kulit dan rambut, tanaman lidah buaya ternyata juga dapat digunakan untuk tujuan kesehatan tubuh. Penggunaan tanaman lidah buaya telah banyak digunakan untuk mengobati beberap penyakit, utamanya yang berkaitan dengan pencernaan. Tanaman lidah buaya memiliki kandungan senyawa biologis aktif, berupa mannans asetat, polymannans, antrakuinon, lektin, zat saponin. Senyawa antrakuinon yang terkandung pada daging lidah buaya merupakan zat yang mampu menangkal bakteri, sehingga berkhasiat sebagai anti inflamasi, laksatif, stomatitis dan ekspektoran. Berikut manfaat lidah buaya untuk kesehatan, antara lain:

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

sponsor: pemutih wajah

  • MENGATASI SARIAWAN DAN BATUK

Efek stomatitis pada lidah buaya dimanfaatkan untuk mengatasi sariawan dan panas dalam. Sedangkan efek ekspektoran juga dimanfaatkan sebagai pengencer dahak di kala penyakit batuk mendera. Cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat ini dilakukan dengan mengambil sebanyak kurang lebih 200 gram daun lidah buaya. Setelah dicuci bersih dan dikupas, dilanjutkan dengan penambahan airsebanyak 3 gelas. Campuran ini kemudian direbus selama kurang lebih 15 menit. Setelah dingin, airnya bisa diminum rutin 3 kali sehari.

  • MENGATASI DIABETES

Dengan mengkonsumsi tanaman herbal lidah buaya ini maka dengan cara itu akan dapat membantu menurunkan nilai dari kadar gula darah yang tinggi. Bagi yang menderita diabetes (kencing manis), caranya sangat mudah sekali. Cukup rebus lidah buayanya yang duri dan kulitnya sudah di buang dengan menambahkan 3 gelas air dan menyisakan air rebusannya sampai setengahnya. Lalu konsumsilah sebanyak 3 kali dalam sehari masing-masing ½ gelas.

  • MENGOBATI WASIR

Bagi yang mengidap penyakit wasir atau ambeien, lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mendapatkan kesembuhan. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memarut daging lidah buaya ½ batang lidah buaya yang besar atau seperlu yang diinginkan. Parutan tersebut kemudian dicampur dengan air sebanyak setengah cangkir serta madu 2 sendok. Setelah campuran merata, dilanjutkan dengan proses penyaringan. Hasil saringan (filtrat) bisa diminum teratur 3 kali sehari.

  • MELANCARKAN PENCERNAAN

Jika pencernaan sehat maka itu adalah kunci dari kesehatan tubuh kita. karena pencernaan yang buruk atau kurang baik akan dapat berujung pada banyak penyakit. Lidah buaya ini dapat menjadi salah satu solusi karena tanaman ini dapat membantu pencernaan kita dan juga membantu menjaganya agar tetap baik. Cara yang bisa dlakukan sama dengan mengobati wasir di atas.

  • MENGELUARKAN RACUN DARI DALAM TUBUH

Khasiatnya sendiri hampir sama dengan rumput laut, lidah buaya adalah tanaman yang juga mengandung gelatin yang mana dapat berfungsi untuk mengeluarkan racun dan menyerap racun yang ada di dalam usus , lalu kemudian mengeluarkannya bersama kotoran.

Dengan banyaknya manfaat dari lidah buaya, alangkah baiknya jika tanaman ini bisa selalu ada di dekat rumah, agar bisa digunakan sebagai sarana perawatan dan pengobatan. Caranya yaitu dengan menanamnya di rumah, karena pertumbuhannya cukup mudah, tanpa membutuhkan perawatan khusus.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top