Manfaat Buah

Manfaat Lemon Untuk Memutihkan Gigi

Gigi kuning adalah masalah serius yang sering dialami hampir semua orang. Keadaan gigi kuning bisa membuat penampilan jadi tidak percaya diri. Dan gigi yang menguning dalam waktu lama tentu akan sulit dihilangkan. Bahkan menyikat gigi saja, tidak akan mampu mengatasi masalah gigi kuning. Untuk mencoba trapi lain, Anda bisa menggunakan manfaat lemon untuk memutihkan gigi kembali.

Manfaat Lemon Untuk Memutihkan Gigi

Sponsor: dr rochelle skin expert

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi gigi kunging dengan lemon, pertama kenali terlebih dahulu apa saja penyebab gigi kuning, agar kita semua bisa menghindari atau memilih solusi membuat gigi tetap putih dan sehat. Penyebab gigi kuning yang sering dialami oleh sebagian besar orang diantaranya:

1. Malas membersihkan gigi

Penyebab pertama gigi kuning jelas jarangnya memberihkan gigi. Malas menggosok gigi akan meninggalkan sisa makanan, menempel pada gigi dan akhirnya gigi membuat kotor. Dalam jangka panjang gigi akan mengalami perubahan warna. Yang lebih parahnya, gusi bisa berdarah, gigi berlubang dan bau mulut.

2. Gaya hidup

Beberapa gaya hidup yang bisa memicu terjadinya perubahan warna gigi yaitu merokok akibat adanya senyawa nikotin, terlalu sering mengkonsumsi kopi, minuman bersoda si perusak email gigi, suka dengan makana manis seperti kue, cokelat, dsb; dan alkohol yang merupakan minuman yang merusak gigi, membuatnya menjadi kuning hingga berlubang.

3. Masalah lain

Gigi kuning juga bisa terjadi akibat masalah lain seperti faktor genetik atau keturunan, teh herbal, obat-obatan tertentu pemicu gigi kuning seperti obat antibiotik, dan karena masalah gangguan kesehatan atau penyakit seperti diabetes dan selama masa kehamilan. Faktor lain bisa dipicu akibat dari seringnya menggosok gigi setelah makan. Ketika mengunyah makanan, organ mulut akan menghasilkan asam yang berguna untuk menetralisir dan mengeluarkan enamel untuk melindungi gigi. Jadi saat Anda terburu-buru menyikat gigi, maka lapisan enamel akan terkikis dan bakteri akan mudah bersarang sebagai reaksi penyebab gigi kuning.

Cara memutihkan gigi dengan lemon:

Cara memutihkan gigi kuning dengan lemon bisa dilakukan karena lemon mengandung zat asam sitrat yang berfungsi sebagai pemutih alami gigi. Cara meracik lemon juga cukup mudah. Lemon yang kaya sumber vitamin C berguna mencerahkan gigi dan bertindak sebagai membersihkan alami warna kuning.  Lemon yang mengandung asam sitrat dapat merangsang produksi air liur yang berguna untuk obat pembersih mulut. Sifat asam dan anti bakteri pada jus lemon membantu membunuh kuman dimulut, membuat gigi lebih cerah dan bahan herbal untuk mencegah beberapa penyakit pada organ mulut. Untuk membuatnya pertama yang harus Anda lakukan adalah:

Memutihkan gigi dengan kulit lemon:

Persiapakan alat selerti pisau, sikat gigi, pasta gigi dan bahan berupa lemon. Bersihkan lemon dengan air, dan kupas buah lemon dan ambil kulitnya saja. Gosokkan kulit lemon yang telah dipisahkan tadi ke bagian gigi secara merata. Lakukan selama kurang lebih lima menit. Setelah itu baru gosoklah gigi dengan gigi lembut dan tambahkah pasta gigi. Untuk menghilangkan plak atau karat gigi bisa dengan membuat pasta dari jus lemon, lalu di campurkan sedikit garam dapur. Gunakan pasta tersebut untuk menggosok gigi. Untuk hasil maksimal dan cepat gunakan secara teratur.

Memutihkan gigi dengan daging lemon:

Selain menggunakan kulit lemon, Anda juga bisa menggunakan biah atau daging lemon. Caranya dengan memotongan lemon lalu gosokkan ke bagian gigi. Selepas itu, berkumurlah dengan air bersih untuk menghilangkan sisa lemon yang menempel. Untuk hasil maksimal lakukan secara berkala dan dapatkan gigi  putih, bersih, dan sehat alami.

Memutihkan gigi dengan lemon dan garam:

Pertama siapkan garam dan haluskan secukupnya dalam mangkuk atau piring. Maukkan perasan air lemon kedalam mangkuk dan aduk rata. Kemudian basahi bulu sikat gigi dengan air lemon dan masukkan sikat halus tersebut pada mangkuk yang telah berisi garam. Gunakan sikat gigi yang telah terpenuhi oleh garam untuk menyikat gigi seperti anda menggunakan pata gigi. Lakukan cara ini sebelum tidur atau sehabis makan.

Memutihkan gigi dengan lemon dan baking soda:

Caranya yakni dengan menuangkan beberapa sendok teh baking soda kedalam mangkuk secukupnya. Tambahkan sedikit saja jus lemon lalu aduk hingga tercampur rata. Pasta baking soda bisa digunakan untuk menyikat dengan cara meletakkan pada sikat gigi dan gosokkan perlahan pada gigi secara merata. Terakhir untuk membersihkannya bisa berkumur dengan air bersih.

Memutihkan lemon dengan campuran baking soda juga bisa dilakukan. Namun perlu diketahui, penggunaan baking soda secara berkala dan rutin tidak pernah dianjurkan. Pasalnya bahan yang terkandung pada baking soda yaitu terbuat dari  bahan kimia sintetis. Artinya, baking soda mengandung bahan kimia yang bersifat abrasif. Bila menggunakan baking soda secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama, maka justru akan merusak permukaan gigi dengan mengikis lapisan email dan gusi.

Selain menjaga pola hidup dan kebersihan, menggunaka bahan alami seperti lemon setidaknya bisa membantu mengurangi zat kimia. Namun agar hasilnya lebih maksimal Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter gigi minimal 6 minggu sekali. Demikian cara-cara memutihkan gigi kuning dengan memanfaatkan buah lemon sebagai alternatif alami.

0
0%
like
7
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top