Manfaat Buah

Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kulit

Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kulit

Buah naga adalah jenis buah tropis yang segar untuk dimakan. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan dan kini sudah banyak dibudidayakan ke berbagai negara termasuk di lndonesia. Selain rasanya yang enak buah ini juga mengandung banyak nutrisi berharga yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya daging buahnya saja yang bisa diambil manfaatnya, nanun bagian kulit buah naga juga memiliki khasiat baik bagi kesehatan hingga kecantikan. Berikut fakta menarik seputar manfaat kulit buah naga untuk kulit dan kecantikan alami:

Sponsor: kezia skin expert

1. Kandungan nutrisi di kulit buah naga

Tak hanya daging buahnya saja yang mengandung banyak nutrisi tapi juga kulitnya. Sayang bila Anda langsung membuang kulit buah naga padahal kulit buah naga mengandung zat pewarna alami  betasianin yang bisa digunakan untuk zat pewarna makanan alami dan mineral tinggi. Kulit buah naga mengandung vitamin E yang baik untuk kulit, membuat kulit nampak lebih bersih, lebih awet muda dan menghilangkan keriput.

2. Kulit buah naga kaya antioksidn untuk kesehatan kulit

Buah naga memiliki banyak kandungan vitamin yang baik bagi tubuh. Selain daging buahnya, kulit buah juga memiliki zat anthocyanin, yaitu zat antioksidan kuat  hingga 10 kali lebih baik daripada zat beta-karoten. Zat anthocyanin dapat terus aktif hingga 75 jam dalam darah, sehingga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab berbagai penyakit, kanker hingga dapat meningkatkan elastisitas arteri dan melindungi lapisan arteri yang berguna membantu menurunkan tekanan darah. Zat anthocyanin juga dapat membawa manfaat lain seperti memfasilitasi regenerasi rhodopsin dalam sel retina dan memiliki efek anti-radiasi. Jadi sangat baik bagi orang yang duduk terlalu lama di depan komputer sepanjang hari. Selain itu, kulit buah naga yang sudah matang juga mengandung vitamun yang mampu meningkatkan kesehatan kulit, menghambat peradangan dan alergi untuk kulit yang sensitif.

3. Kulit buah naga mampu meregenerasi sel kulit

Kulit buah naga dapat meregenerasi atau menumbuhkan kembali bagian tubuh yang rusak. Kandungan zat regenerasi tersebut bermanfaat untuk kulit, membuat kulit lebih awet muda, dan penawar untuk mencegah radikal bebas yang bisa mengakibatkan pada penuaan dini. Kulit buah naga juga berperan penting untuk mencegah degradasi sel otak dan memiliki khasiat anti-oxidant. Adanya zat Anthocyanin mampu memperhalus kulit dan kulit buah naga juga mengandung betacyanin, kaya vitamin A, B1, B2, C dan zat besi yang sanggup melindungi kulit dari zat-zat berbahaya karena radikal bebas.

4. Merawat dan melembabkan kulit

Manfaat lainnya dalam kulit buah naga adalah mampu merawat kulit karena adanya antioksidan, vitamin C dan vitamin E yang cukup tinggi. Antioksidan akan menangkal radikal bebas yang membuat kulit jadu kusam, kering dan sensitif. Teh dari kulit buah naga juga cocok untuk melindungi kulit dari masalah sinar matahari yang berbahaya. Kulit buah naga juga ampuh untuk merawat kulit kering akibat banyaknya aktivitas di luar ruangan. Untuk mengatasi masalah kelembaba kulit bisa dengan mengkonsumi obat herbal kulit buah naga.

5. Mencegah dan menghilangkan jerawat

Manfaat kulit buah naga sangat baik untuk mengatasi masalah jerawat baik selama masa sakit maupun setelah jerawat. Didukung dengan adanya kandungan pentacydic, taraxast, dan sepertitripene, maka kulit buah naga cocok bisa untuk obat penghilang bekas jerawat. Jerawat akan cepat hilang bila Anda rutin mengaplikasikan masker dari kulit dan daging buah naga.

6. Cara Mengolah Kulit Buah

Berikut ini adalah beberapa aneka olahan dari kulit buah naga yang bisa dibuat.

1). Teh kulit buah naga. Teh dari kulit buah naga bisa dijadikan sebagai obat herbal. Cara membutnya yaitu siapkan kulit buah naga yang telah dipotong kecil-kecil lalu jemur kulit buah naga di bawah sinar matahari sampai kulitnya mengering. Setelah itu sedu kulit buah naga, atau bila tidak digunakan bisa menyimpannya.

2). Tumis kulit buah naga. Ternyata kulit buah naga juga dapat dijadikan tumisan yang lezat dan enak. Caranya dengan menyiapkan kulit buah naga, lalu dicuci bersih dan potonv kulit sesuai selera. Selanjutnya, potongan kulit buah naga siap untuk dijadikan pelengkap tumisan dengan mencampur beberapa bumbu dan campuran lain sesuai selera.

3). Bisa diolah sebagai masker alami. Untuk mengatasi masalah pada kulit, maka kulit buah naga dapat diolah menjadi masker kulit yang aman dan alami. Masker yang sudah jadi bisa langsung diaplikasikan ke bagian wajah. Sementara untuk membuat masker, caranya cukup dengan memisahkan bagi kulit yang agak halus dengan yang kasar. Selanjutnya pilih kulit buah naga yang halus dibagian dalam. Setelah itu haluskan dengan cara ditumbuk atau dengan blender. Aplikasikan masker pada wajah secara merata. Menggunakan masker kulit buah naga minimal 3 kali semunggu akan membuat kulit nampak lebih bersih, kencang, putih, awet muda dan mampu menghilangkan kerutan.

Demikian seputar manfaat dari kulit buah naga yang dianggap orang tidak bermanfaat ternyata menyimpan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Bila diolah dengan benar, maka sajian dari kulit buah naga akan menghasilkan khasiat dan bila dimakan maka rasanya juga bisa sangat lezat.

0
0%
like
2
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top