Manfaat Tanaman

Manfaat Kubis Untuk Kesehatan

Manfaat Kubis Untuk Kesehatan

Kubis adalah tanaman yang sering dimanfaatkan untuk sayuran dan lalapan. Bagian tanaman kubis yang dipakai adalah daunnya. Karena banyak masyarakat sangat gemar mengkonsumsinya, tak heran bila tanaman ini dipercaya mampu mengatasi dan mencegah penyakit. Manfaat kubis untuk kesehatan sangat dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung nutrisi dan mineral penting. Tanaman yang berasal dari Eropa tersebut, memiliki sekitar empat ratus jenis yang dibudidayakan di seluruh dunia.

Sponsor: pemutih wajah

Kandungan nutrisi tanaman kubis:

Kubis umumnya memiliki warna hijau pucat hingga putih. Bahkan varietas lain bunga kol memiliki warna ungu dan merah. Kol yang sering dijadikan hidangan salad dan lalapan ini, memiliki banyak kandungan nutrisi seperti kandungan vitamin A, B kompleks, C dan K serta klorofit atau zat anti kanker. Gizi pada kubis adalah zat pembangun yang sangat baik untuk membantu proses metabolisme tubuh tetap baik. Mengkonsumsi kol dalam keadaa masih mentah setelah dicuci bersih, sangat baik untuk memenuhi nutrisi zat besi, kalium, ripoflavin dan asam folat.

Manfaat kubis untuk kesehatan:

1. Sistem imun

Kol sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh dan memperkuat sistem imunya. Kandungan vitamin C pada kobis sangat dibutuhkan oleh tubuh dan ternyata lebih besar dibanding vitamin C pada jeruk. Mengkonsusi kubis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat mencegah penyakit.

2. Menyehatkan pencernaan

Bagian terpenting dari kubis adalah sangat baik untuk melindungi organ pencernaan. Pasalnya, kobis mengandung sumber serta cukup tinggi yang baik untuk membantu menjaga kesehatan organ pencernaan dan menghindarkan tubuh dari sejala sembelit.

3. Penangkal kanker

Seperti kita ketahui sumber terbaik kubis selanjutnya adalah antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan pada kubis sangat ampuh menjaga kesehatan tubuh dari berbagai radikal bebas penyebab penyakit tumor hingga kanker. Wanita yang mengkonsumsi daun kubis dalam menu makanannya dapat terhindar atau meminimalisir penyakit kanker payudara.

4. Kesehatan mata

Sangat disayangkan jika mata kita mengakami berbagai masalah. Sementara kubis bermanfaat untuk mempertajam daya penglihatan dan menangkal munculnya penyakit mata seperti katarak. Kubis mengandung beta karotin yang sudah dipercaya sejak lama sebagai zat untuk menyehatkan mata. Kubis juga ampuh untuk menjaga penurunan penglihaan mata pada usia tua.

5. Penurun berat badan

Banyak pelaku diet sehat memanfaatkan kubis sebagai menu penurut berat badan. Kubis banyak mengandung vitamin, mineral dan berbagai nutrisi yang penting untuk tubuh. Kubis sangat rendah kalori sehingga baik dikonsumsi sebagai sayura paling efektif untuk menurunkan berat badan secara alami.

6. Sumber vitamin untuk otak dan tulang

Kubis adalah suplemen terbaik selanjutnya untuk otak karena kandungan vitamin K dan antosianin yang bermanfaat menutrisi otak. Kedua zat pada kubis tersebut dapat meningkatkan konsentrasi otak jauh lebih baik, pencegah  penyakit Alzheimer dan demensia. Sedangakan sumber kalsium, magnesium dan potasium bunga kubis sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tulang sekaligus mencegah osteoporosis.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top