Makanan Kesehatan

Manfaat Kimchi Untuk Kecantikan Kulit

Sudahkan Anda mengenal manfaat kimchi? Kimchi pasti sudah sangat familiar ditelinga pecinta kuliner makanan khas Korea. Makanan ini adalah makanan tradisional Korea yang terbuat dari sayuran yang telah di fermentasi dengan campuran bumbu pedas. Kimchi umumnya terbuat dari kubis dan menjadi sajian wajib masyarakat Korea. Rasa kimchi yang asam pedas berpadu dengan aroma khas, pasti terlihat baru dilidah orang yang baru pertama kali mencoba. Selain itu, manfaat kimchi untuk kecantikan kulit yang sangat baik ini sudah lama dipercayai oleh masyarakan lokal.

Manfaat Kimchi Untuk Kecantikan Kulit

Sponsor: cream perawatan wajah

Kimchi sebagai sumber serat alami:

Kuliner kimchi masuk dalam kategori makan sehat dan memiliki banyak manfaat. Kimchi mengandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Itu sebabnya mengapa makanan yang satu ini menjadi rahasia gaya hidup sehat warga Korea untuk mendapatman tubuh sehat dan kulit indah.

Menurut Kimchi Research Institut, kuliner sehat kimchi bisa menghambat proses penuaan kulit dan menghambat terjadinya keriput karena didalam makanan ini terdapat bakteri asam laktat dan senyawa kimia. Selama proses fermentasi, kimchi akan menghasilkan bakteri lactobacillus (bakteri baik terdapat pada usus manusia) yang sering ditemui pada yogurt, bisa membantu keseimbangan normal usus. Bahkan banyak para dokter yang menghubungkan kesehatan usus manusia dengan kesehatan kulit mereka. Hadirnya kasus inflamasi di usus manusia ternyata bisa berdampak pada timbulnya jerawat pada wajah pasien.

Menurut hasil survei, mengkonsumsi kimchi secara rajin bisa membuat kulit lebih muda. Kandungan vitamin A dan C serta serat alami membuat makanan ini menjadi sakah satu makanan rendah kalori, membantu kulit lebih lembab akibat penangkalan radikal bebas serta membangun sistem kekebalan tubuh. Studi lain menunjukkan bahwa satu rahasia kulit lembut bercahaya ala wanita Korea yakni akibat dukungan penuh dari pola makan sehat yang mereka konsumsi. Baik sayur, rendah gula atau memakan makanan dari laut adalah faktor penentu mereka bisa mendapatkan kulit indah.  Di dalam studi tersebut, pakar peneliti menyimpulkan temukan tersebut, bahwa saat orang dewasa mengatur pola diet yang rendah gula, maka selama 10 minggu saja mampu menurunkan risiko jerawat hingga 27%, mengecilkan pori-pori hingga 25%, dan menurunkan resiko peradangan kulit usia 40 hingga 50%. Mengkonsumsi dua sendok makan kimchi mampu menawarkan 25 % nilai harian vitamin A, 10 % vitamin C, 3 % dari kalsium, dan 6 %  zat besi.

Ditempat asalnya, kimchi sering disajikan dalam menu sarapan, makan siang dan makan malam. Kimchi juga sering dijadikan kudapan untuk makanan pembuka di setiap acara. Selain pola konsumsi yang baik dari masyarakat Korea, dan diperkuat dengan hasil studi yang sudah dipaparkan, maka wajar bila diet bersama makanan sehat merupakan kunci tebaik untuk mendapatkan kulit sehat yang cantik wanita Korea. Bila kimchi mampu memegang peranan penting terkait kesempurnaan kulit dan wajah wanita Korea, maka  walau saat ini dunia kosmetik dan krim di Korea tengah menjamur, kimchi tetap menjadi obat mujarap untuk menutrisi kulit dari dalam tubuh.

Cara membuat kuliner kimchi jadi istimewa.

Untuk membuat kimci tidak membutuhkan usaha yang cukup keras, hanya saja membutuhkan kesabaran agar mendapatkan rasa yang lezat. Ramuan kimchi terbuat dari kubis dengan campuran bawang putih, gula, cabai, dan garam. Kimci juga sering dihidangkan dengan bahan pasta  atau bahan campuran kimchi dengan menambahkan saus tiram atau ikan teri lalu kemudian difermentasikan pada pot tanah liat selama beberapa bulan. Bila tidak ingin membutuhkan waktu lama, kimchi juga bisa disimpan pada wajan dalam beberapa hari. Biar aromanya makin nikmat, tak jarang irisan bawang bombai, jahe dan zabai bubuk menjadi pelengkapnya. Setelah proses fermentasi berakhir, maka kimchi yang dihasilkan bisa langsung dihidangankan atau bisa memanaskan sedikit agar aroma yang tercium makin nikmat. Kimchi akan menghasilkan aroma berbumbu yang pedas, dan hangat yang cocok dinikmati saat musim dingin di Korea atau musim hijan seperti di Indonesia.

Tak hanya kimchi yang jadi kuliner favorit Korea.

Selain kimchi sebagai bahan moisturizer alami dari dalam tubuh, masyarakat Korea juga sering menghidangkan makanan lezat lainnya yang sehat. Contohnya seperti sup ganggang laut yang dipercaya mampu mencegah kanker kulit. Sup ganggang hijau ini sudah ada sejak ribuan tahun silam dengan cara merebus ganggang laut dengan kaldu dan dibumbui dengan kecap, garam, bawang putih, dan minyak wijen. Selain sup ganggang hijua, kuliner lain Korea untuk kulit sehat yakni tradisi Barley Tea atau teh istimewa untuk pelindungan kulit dan gigi. Teh barley kaya akan antioksidan yang efektif mencegah pembentukan peroxynitrite (zat perusak jaringan kulit, pemicu keriput dan kerusakan DNA).  Kandungan lain teh ini mampu mencegah timbulnya koloni bakteri melalui mulut yang sering menjadi penyebab rusaknya gigi.

Baik tradisi mengkonsumsi kimchi, sup ganggang laut ataupun teh khas Korea, masyarakat setempat percaya bila melalui asupan yang baik dari dalam tubuh adalah perawatan kecantikan alami yang bisa didapat. Bahkan wanita yang telah mengalami masa kehamilan juga bisa mengembalikan elastisitas dan kekencangan tubuh melalui asupan makanan yang kaya nimeral dan vitamin. Nah bagaiman, tertarik untuk mencoba kuliner Korea?

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top