Manfaat Tanaman

Manfaat Kesehatan Biji Semangka Yang Belum Anda Ketahui

 Manfaat Kesehatan Biji Semangka Yang Belum Anda Ketahui

Buah Semangka banyak dikenal sebagai buah kaya air yang cocok dinikmati di waktu hangat. Yah semangka merupakan salah satu buah-buahan yang banyak dijadikan buah favorit. Rasa buahnya yang manis dan segar  menjadi alasan utama buah semangka menjadi favorit. Akan tetapi banyaknya biji-bijian yang terdapat di dalam buah semamgka ini terkadang membuat sebagian orang enggan untuk mengkonsumsinya.

Sponsor: cream pemutih wajah

Banyak yang belum mengetahui ternyata biji semangka mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah itu? Berikut ini manfaat kesehatan makan biji semangka beserta kandungan nutrisi yang tersimpan didalamnya.

Manfaat Kesehatan Biji Semangka Yang Belum Anda Ketahui

Kandungan Nutrisi Biji Semangka:

Biji semangka dalam bentuk yang sudah dikemas mengandung berbagain nutrisi termasuk protein tinggi, asam lemak, dan mineral penting. Setiap 100 gram biji semangka setidaknya telah menyediakan sekitar 600 kalori yang artinya sama dengan 10 potong roti. Sekitar 400 kalori lainnya berasal dari lemak biji semangka. Kadar lemak biji semangka sendiri tiap 100 gramnya sekitar 80% dari kebutuhan makanan harian. Didalam ekstra biji semangan terdapat Seed Oil atau lebih dikenal dengan nama Minyak Ootanga dan Kalahari Oil. Minyak dari ekstrak biji semangan sudah banyak dipakai oleh masyarakat di beberapa negara sebagai bahan alami yang memiliki kemampuan melembabkan. Minyak Semangka mengandung asam lemak esensial yang dapat membuat kulit lebih lembab dan bebas dari racun sehingga tekstur kulit jadi lebih elastis dan segar.

Kuaci biji semangka mengandung vitamin B kompleks berupa thiamin, niasin dan folat. Mineral yang terkandung diantaranya magnesium, fosfor, mangan, seng, kalium besi, dan tembaga. Biji juga sumber serat yang baik untuk kesehatan usus dan pencernaan. Selain dikonsumsi dalam bentuk kering yang sudah dipanggang, biji semangka juga menjadi bahan baku pembuatan produk lain yakni minyak biji semangka, biji teh semangka atau ekstrak biji semangka.

Manfaat Kesehatan Biji Semangka Yang Belum Anda Ketahui2

Manfaat Kuaci Biji Semangka:

  • Rendah Kalori

Manfaat dari mengkonsumsi biji semangka yang pertama adalah karena biji semangka tersebut mengandung kalori yang sangat rendah. Tidak heran jika biji semangka ini kini  dikembangkan menjadi kudapan atau camilan ringan. Terbukti dengan mengkonsumsi camilan biji semangka sebanyak satu ons atau 400 butir saja ternyata mengandung 158 kalori saja. Hal ini berbanding terbalik dengan mengkonsumsi kripik kentang dengan berat yang sama satu ons atau 15 keping saja kripik kentang  tersebut sudah mengandung kalori lebih banyak yaitu 160 kalori. Bagi anda yang sedang menjalankan program diet atau ingin makan cemilan namun takut berat badan akan meningkat ada baiknya Anda mulai menggati camilan Anda menjadi camilan yang lebih sehart serta rendah kalori seperti biji semangka ini.

  • Mengandung Protein

Selain rendah kalori ternyata camilan biji semangka juga banyak mengandung protein di dalamnya. Hal ini terbukti dengan mengkonsumsi biji semangka kering sebanyak satu cangkir saja sudah setara dengan 30,6 gram protein. Banyaknya protein yang terkandung sama artinya dengan Anda telah mencukupi 61% kabutuhan protein yang dibutuhkan oleh tubuh dalam setiap harinya. Selain itu kandungan protein pada biji semangka berupa asam amino arigin. Asam amino arigin merupakan senyawa kimia yang berguna untuk mengatur tekanan darah, menyehatkan jantung dengan mencegahnya dari resiko jantung koroner. Bahkan selain mengandung asam amino arigin protein pada biji semangka juga mengandung senyawa kimia lainnya diantarnya yaitu triptofan, asam glutamate, dan isin, dimana beberapa senyawa tersebut tentunya sangat berguna bagi kesehatan badan.

  • Vitamin

Biji semangka juga mnengandung vitamin di dalamnya, salah satu vitamin yang terkandung adalah Vitamin B dan B kompleks. Hal ini diungkapkan oleh sebuah p0enelitian yang dilakukan oleh The American Cancer Society, dimana vitamin B ini bermanfaat untuk mengubah makanan menjadi energy bagi tubuh. Vitamin B ini juga bersifat niasin yang berguha untuk menjaga system saraf dan pencernaan. Selain kandungan senyawa niasin vitamin B dalam biji semangka juga mengandung beberapa senyawa lainnya seperti folat, thiamin, riboflavin, vitamin B6, serta asam pantotenat. Jadi mengkonsumsi camilan biji semangka ternyata juga mampu memberikan asupan vitamin yang baik bagi tubuh terutama vitamin B yang menjadi unsur penting memperbaiki sel saraf.

  • Mengandung Magnesium

Mineral penting dalam biji semangka lainnya adalah Magnesium. Didalam Magnesium, zat ini mampu mengatur sistem metabolisme karbohidrat sehingga dapat menjaga kontrol gula daran dan mengontrol diabetes. Mengkonsusmi biji semangka bahkan hampir setara dengan meminum suplemen ultivitamin B kompleks (vitamin B6, niacin, tiamin, asam folat, riboflavin, asam panthothenic) yang sering Anda minum. Setiap 100 gram biji semangka mampu memberi nilai harian 19% dari kebutuhan niacin yang penting untuk sistem saraf, pencernaan dan kesehatan kulit.

  • Mengandung Mineral dan Manfaat Lainnya

Dari segi manfaat, biji semangka jelas berbeda dari manfaat daging buahnya. Kandungan biji semangka berikutnya adalah mineral-mineral penting yang berperan dalam pembentuk metabolisme dan jaringan tubuh. Nutrisi yang terkemas dalam bijinya merupakan Asam Amino Esensial termasuk arginin, lysin dan asam amino esensial triptofan termasuk asam glutamat. Kandungan lysin dalam biji berperan dalam penyerapan kalsium dan jaringan ikat collagen tubuh. Sementara arginin dapat membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh, sistem vaskular cardio dan kesehatan seksual. Magnesium memiliki peran aktif untuk kesehatan fungsi jantung dan tekanan darah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top