Manfaat Tanaman

Manfaat Kemiri Untuk Pengobatan

Buah Kemiri atau bahasa latinya Aleurites Moluccana, atau miri dalam bahasa Jawa merupakan salah satu bumbu dapaur yang wajib ada di setiap dapur rumah. Hampir setiap masakan menggunakan campuran kemiri sebagai bumbu. Makanan yang dibumbui dengan kemiri akan terasa lebih lezat dan gurih. Selain digunakan sebagai bumbu dapur ternyata buah kemiri dapat juga dimanfaatkan untuk pengobatan dan kecantikan tubuh. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi dan manfaat kemiri untuk pengobatan baik untuk kesehatan maupun kecantikan, antara lain sebagai berikut:

Manfaat Kemiri Untuk Pengobatan

Sponsor: dr rochelle skin expert

Kandungan nutrisi kemiri:

Penelitian dari diluar negeri menyebutkan bahwa ada kandungan alami dari kulit dan daun pada tanaman kemiri yang telah diuji coba dan hasilnya mampu menunjukkan manfaat tanaman kemiri ternyata mampu untuk melawan gejala kanker. Kemiri juga dapat dijadikan obat untuk penanganan berbagai penyakit pernafasan yang terjadi pada anak-anak yang mirip dengan penyakit asma. Tanaman kemiri asli tumbuh di dataran Asia Tenggara dan Hawaii dan kini telah dibudidayakan di benua Amerika Selatan. Kemiri tumbuh setinggi 50-80 kaki (15-25 m), dengan bading buahnya dibalut oleh cangkang keras dan memiliki kandungan minyak yang tinggi.

Mengenai minyak kemiri, sering dikenal sebagai obat herbal yang berguna untuk mengatasi keluhan pada  rambut, seperti mengatasi kebotakan, atau rambut rontok. Pada minyak kemiri terkandung ekstrak minyak. Secara umum, kemiri mengandung gliserida, asam linoleat, palmita, streat, mirista, asam minyak, protein, vitamin B1, dan zat lemak.

Kemiri mengandung zat gizi dan zat non gizi. Zat non gizi pada kemeiri seperti falvonoida, saponin, dan polifenol. Mineral paling dominan pada kemiri yaitu kalium, fosfor, magnesium dan zat besi, selenium, seng dan tembaga ada dalam jumlah mikro. Zat paling penting kemiri yaitu folat, vitamin dan fitosterol yang mampu menghambat terjadinya kolesterol. Asam amino esensial dan non esensial pada kemiri mampu mengatur pertumbuhan jaringan dan pembentuk protein serta antibodi. Kemiri juga nikmat dijadikan bumbu masakan sebab didalamnya terkandung asam amino (asam glutamant dan asparta) yang mampu memberi rasa nikmat sekaligus pengganti MSG.

1. Mengobati rambut rusak

Buah kemiri mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan rambut. Menggunakan kemiri sebagai minyak rambut dipercaya dapat menyehatkan, menyuburkan rambut, serta membuat rambut menjadi hitam berkilau secara alami. Cara penggunaannya adalah dengan buah kemiri dibakar sampai matang, setelah itu ditumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak, kemudian dioleskan dan diratakan keseluruh bagian rambut. Ada baiknya anda melakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur agar hasil yang didapatkan dapat maksimal. Dengan rutin menggunakan kemiri sebagai obat rambut maka rambut hitam dan sehat akan Anda dapatkan. Kemiri obat herbal yang ampuh menumbuhkan, menebalkan, memanjangkan dan menghitamkan rambut secara alami.

2. Mengobati insomnia

Insomnia adalah suatu kelainan yang diderita oleh seseorang dimana akan merasakan kesulitan untuk melakukan tidur.  Stres karena pekerjaan maupun permasalahan adalah penyebab utama terjadinya masalah ini dan Jika dibiarkan dapat mengganggu kesehatan Anda. buah miri dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah insomnia, yaitu kandungan zat melatonin yang terkandung di dalam buah kemiri akan dapat membuat Anda rileks dan tidur dengan nyenyak.

3. Mengobati penyakit wasir

Wasir atau ambeien adalah suatu benjolan yang muncul di bagian anus yang dapat menyebabkan seseorang dapat mengeluarkan darah ketika melakukan buang air besar. Gunakan kemiri sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit wasir yaitu dengan cara merebus kemiri  dengan beberapa gelas air dan meminum air rebusan tersebut selagi hangat. Kemiri dipercaya ampuh mengatasi masalah wasir.

4. Mengatasi sembelit dan susah BAB

Untuk mengatasi masalah sembelit buah kemiri sangat manjur dan aman digunakan sebagai obat yaitu dengan cara mencampur dengan bawang merah, daun urang – aring, dan kayu manis. Semua bahan tersebut dicampur dan direbus dengan beberapa gelas air dan kemudian diminum. Lakukan secara rutin untuk mengatasi masalah susah BAB Anda.

5. Obat demam yang ampuh

Buah kemiri juga diolah menjadi minyak kemiri. Minyak kemiri juga memiliki kasiat yang sama dengan buah kemiri. Untuk mengobati penyakit demam dapat menggunakan beberapa tetes minyak kemiri yang dicampur dengan akar pulutan dan direbus dengan air. Campuran ramuan tradisional ini dipercaya sangat ampuh mengatasi demam. Lakukan berulang kali secara rutin sampai demam Anda menghilang.

6. Mengobati kolesterol

Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim New Mexico State Universitu Las Cruces, kemiri mmapu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) didalam darah. Kemiri mengandung 53% lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kadar LDL sekaligus mencegah penggumpalan darah. Jika dara dalam tubuh mengumpal, maka secara otomatis dapat memicu timbulnya penyakit jantung dan strok.

Manfaat buah kemiri sangat luar biasa bagi kesehatan Anda. tidak hanya buahnya saja, kulit, serta getahnya juga dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kita memanfaatkan sejuta khasiat alami kemiri. Sementara untuk dapat dimanfaatkan, kemiri sering diambil minyak dan daging buahnya untuk mengatasi masalah baik untuk kesehatan atau kecantikan. Sekian yang bisa disampaikan semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top