Manfaat Buah

MANFAAT KEMIRI UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

MANFAAT KEMIRI UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

Kemiri sendiri memiliki nama Latin yaitu aleurites moluccana dan termasuk kedalam suku dari keluarga euphorbiaceae. Tidak banyak juga orang yang mengetahui bahwa kemiri ini masih satu keluarga dengan tanaman singkong. Hal ini cukup dimaklumi, dikarenakan sangat jarang sekali terlihat pohon kemiri yang berada di dataran di Indonesia. Pada sejatinya buah kemiri ini biasa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai bumbu masakan yang berfungsi untuk menambah kelezatan suatu makanan. Namun, dibalik manfaat kemiri sebagai bumbu masak, nenek moyang kita dahulu telah menggunakan kemiri ini untuk keperluan lain yang berhubungan dengan kesehatan dan kecantikan tubuh.

Kemiri yang terlihat bentuknya seperti kacang ini memiliki khasiat untuk obat tradisional yaitu mengobati tubuh kita bahkan juga untuk mengantisipasi datangnya penyakit ke tubuh kita. Berikut ialah cara pengobatan yang dapat diatasi dengan buah kemiri:

  1. MENGOBATI SARIAWAN

Bukan hanya biji kemirinya saja yang memiliki manfaat yang melimpah.  Namun, bagian batang dari pohon kemiri ini pun juga sangat bermanfaat contohnya bagi yang sakit sariawan. Caranya mudah saja, yaitu dengan cukup menyobek sedikit batang dari phon kemiri ini hingga getah dari pohon kemiri bisa keluar. Lalu ambil getahnya dan tuturkan sedikit ke kapas, jangan lupa untuk memberikan sedikit santan kelapa (jika ada)  lalu oleskan pada sariawan.

  1. MENGOBATI SAKIT GIGI

Tidak cukup sampai di situ, khasiat dari buah kemiri ini pun juga dapat mengobati orang yang menderita sakit gigi. Caranya pun cukup mudah sekali dengan melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan oleh penderita sariwan, akan tetapi setelah 10 menit lamanya kapas diambil lalu ganti dengan yang baru.

  1. MENGOBATI DIARE

Bagi yang saat ini sedang mengalami diare, tak perlu risau dan takut, obatnya cukup mudah yaitu cukup dengan menumbuk 20 gram kulit dari batang kemiri yang segar, lalu rebus dengan air sebanyak 600cc, tunggu hingga airnya meresap dan berkurang menjadi 300cc, saring lalu minum air dari kulit batang kemiri ini dan lakukan rutin dua kali sehari hingga diare tersebut hilang.

  1. SENGATAN SERANGGA

Jika kulit pernah disengat oleh para serangga hingga menyebabkan efek panas dan gatal-gatal pada kulit, kemiri bisa membantu meringankannya.  Caranya ambil 2 buah kemiri segar dan juga kunyit yang ukurannya kira-kira sebesar jari kelingking. Bahan-bahan tersebut ditumbuk hingga halus, lalu bisa dioleskan ke bagian yang kena sengatan serangga .

Kemiri juga bisa dimanfaatkan untuk sisi kecantikan. Siapa yang tak ingin terlihat cantik, hampir semua kaum hawa pun ingin terlihat cantik. Berikut ini manfaat kemiri untuk kecantikan:

  1. MERAWAT KECANTIKAN KULIT

Khasiat dari kemiri ini pun juga baik untuk menjaga keremajaan kulit kita. Kemiri memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk menghilangkan keriput dan garis halus dan menjaga keremajaan kulit.

  1. MENYUBURKAN BULU MATA DAN ALIS

Kemiri dapat menghasilkan minyak yang dapat menyuburkan rambut , bahkan segala jenis rambut termasuk  alis, bulu mata, rambut, janggut dan lainnya. Caranya pun cukup mudah, cukup ambil kemiri, tumbuk dan campurkan sedikit getah lidah buaya, lalu oleskan saja ke tubuh yang ingin ditumbuhi rambut .

  1. MENGATASI RAMBUT RONTOK

Gunakan saja minyak biji kemiri untuk penanggulangan kerontokan rambut. Kandungan protein dan juga mineralnya yang terdapat di dalam buah kemiri yang mampu untuk menguatkan rambut dari akar hingga ujung.

CARA PEMBUATAN MINYAK KEMIRI

Bagi yang ingin mengetahui bagaimana cara pembuatan minyak kemiri untuk kesehatan dan kecantikan, berikut ini caranya :

  • Tumbuklah biji kemiri sampai hancur
  • Rebuslah kemiri tersebut dengan air sampai minyaknya keluar
  • Ambil minyak kemirinya yang mengapung di atas air
  • Saringlah hingga jernih
  • Simpanlah minyak ke botol
1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top