Manfaat Tanaman

Manfaat Kecambah Untuk Ibu Hamil

Kecambah memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Kecambah yang sering dijadikan lalapan ini memiliki manfaat penting untuk ibu hamil juga. Manfaat kecambah untuk ibu hamil sangat baik dikarenakan sayuran ini memiliki kandungan vitamin E, asam amino serta kaya serat. Kecambah atau toge juga merupakan sayuran sehat yang bisa direkomendasikan untuk ibu hamil.

Manfaat Kecambah Untuk Ibu Hamil

Sponsor: cream pemutih wajah

Kandungan nutrisi kecambah:

Dibanding bijinya, kecambah jauh lebih bergizi dan mudah dikonsumsi. Karena selama proses menjadi kecambah, tauge menghasilkan asam amino esensial penyusun protein. Adanya proses berkecambah (germinasi) menjadikan makanan ini mudah dicerna karena tanaman menghasilkan zat gizi yang penting untuk pertumbuhannya. Setiap 100 gram tauge, mengandung vitamin A, B1, C, air dan serat yang berguna untuk menjaga metabolisme tubuh. Sementara kandungan kalinnya terdapat protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor dan zat besi. Kecambah juga mengandung sedikit kalori sehingga baik dikonsumsi untuk memperlancar pencernaan.

Manfaat kecambah untuk ibu hamil:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bagi ibu hamil sistem kekebalan di dalam tubuh harus selalu dijaga agar ibu hamil serta adik bayi yang sedang dikandung senantiasa dalam keadaan sehat. Mengkonsumsi kecambah dipercaya dapat meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan kecambah mempunyai kandungan saponin yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kecambah mengandung anti oksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas yang dapat memicu munculnya berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

2. Meningkatkan kesuburan

Mengkonsumsi kecambah dapat meningkatkan kesuburan bagi wanita yang menginginkan hamil atau bagi yang kesulitan mendapatkan keturunan. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam kecambah dapat menyuburkan dan menyehatkan sel telur atau sperma. Vitamin E adalah anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan membuat sel sperma menjadi tidak sehat sehingga mengakibatkan sulit mendapatkan keturunan.

3. Menurunkan resiko cacat lahir

Setiap orang tua pasti mendambakan bayi yang dilahirkan akan terlahir dengan keadaan yang sehat dan tidak memiliki kekurangan (cacat). Cacat pada bayi dapat terjadi karena ibu hamil kekurangan nutrisi dan zat tertentu yang dapat membantu perkembangan pada bayi yang dikandungnya. Kecambah mengandung asam folat yang tinggi sehingga sangat bagus dikonsumsi bagi ibu hamil agar terhindar dari resiko bayi yang cacat lahir.

4. Agar ibu hamil tidak mudah lelah

Bagi ibu yang sedang hamil membuat kondisi tubuhnya merasa mudah lelah hal ini dikarenakan harus menanggung beban berat yang ada di tubuhnya serta nutrisi di dalam tubuhnya dibagi dua yaitu untuk dirinya sendiri serta untuk nutrisi bayi yang dikandungnya sehingga menyebabkan mudah lelah. Mengkonsumsi kecambah bagi ibu hamil sangat bermanfaat agar tidak merasa mudah lelah. Kandungan protein yang tinggi pada kecambah dapat memberikan energi tambahan bagai ibu hamil agar tidak gampang merasa capek, lelah, serta membuat badan menjadi tetap sehat dan bugar.

5. Membantu pembentukan tulang janin

kecambah mengandung kalsium yang sangat penting dan berguna untuk membantu pembentukan tulang dan otot janin. Pasalnya, kecambah mengandung asam amino akibat proses protein yang dapat memenuhi kebutuhan proses pembentukan tulang, memperbarui jaringan dan sel yang rusak. Tauge juga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis pada ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi toge baik dalam bentuk sayuran ataupun lalapan sebagai bahan penambah kalsium pada tubuh.

Saran mengkonsumsi kecambah untuk ibu hamil:

Meskipun baik dikonsumsi untuk ibu hamil, harus ada yang diperhatikan sebelum Anda memutuskan mengkonsusinya. Bakteri seperti salmonella dan escherichia coli adalah bakteri paling sering ditemukan sebelum tauge siap dikonsumsi. Jika tauge yang dikonsumsi tidak melalui proses pembersihan secara menyeluruh, maka akan menyebabkan keracunan pada ibu hamil. Selain dua bakteri tersebut, ada bakteri lain seperti basil, staphylococcus aureus serta listeria yang sangat berbahaya jika tertelan, maka bakteri bisa menginfeksi kandungan sehingga membuat cacat janin atau gangguan kehamilan lainnya. Meski begitu, mengeolah kecambah harus dilakukan dengan benar. Berikut cara mengolah kecambah yang benar agar boleh dikonsumsi oleh ibu hamil:

1). Mencuci. Sebelum mengkonsusi tauge, sebaiknya dicuci dengan bersih dengan air mengalir dan benar sebelum dikonsumsi.

2). Proses pengolahan. Sebelum siap dikonsumsi, ada baiknya mengkonsumsi dalam keadaan matang atau setengah matang. Mengkonsumsi kecambah atau tauge dalam keadaan mentah atau setengah matang justru itu boleh dikonsumsi terutama untuk ibu hamil. Untuk mengkonsumsinya harus dimasak hingga matang sempurna. Hal tersebut dikarenakan kecambah mengandung beberapa bakteri baik salmonella atau E. colli yang berbahaya untuk ibu hamil. Sementara untuk mengolahnya, dengan cara memasaknya hingga menjadi kecoklatan atau berubah warnanya sedikit pucat layu. Kecambah sudah siap dikonsumsi.

Demikian manfaat, dan cara yang benar sebelum ibu hamil mengkonsumsi kecambah. Meski boleh dikonsumsi, tetapi ada hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari bahaya bakteri sehingga tetap melindungi tubuh dan janin dalam kandungan. Melihat beberapa manfaat kecambah untuk ibu hamil di atas, ada baiknya bagi ibu yang sedang hamil banyak mengkonsumsi kecambah dalam jumlah tertentu. Dengan begitu, manfaat kecambah bagi ibu hamil bisa dirasakan.

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top