Manfaat Tanaman

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Kangkung merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dimanfaatkan dan dikonsumsi sebagai sayuran yang diminati oleh banyak orang. Mengenal rasanya, tanaman ini mempunyai rasa lezat dan pastinya enak. Selain dimanfaatkan sebagai sayuran, kangkung juga mempunyai berbagai manfaat penting bagi kesehatan. Meski banyak yang menganggap jika tanaman kangkung yang dikonsumsi dapat membuat kita merasa ngantuk, tetapi dibalik rasa enaknya itu kangkung mengandung manfaat yang luar biasa.  Menurut penelitian, kangkung memiliki senyawa organik penting yang membuatnya dikenal sebagai tanaman yang dapat membuat tidur pulas. Mengapa kangkung bisa bikin kita ngantuk? Berikut kandungan nutrisi dan manfaat kangkung untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Sponsor: dr rochelle skin expert

Kandungan nutrisi tanaman kangkung:

Kangkung adalah tanaman dengan sumber zat besi sangat baik sebagai bahan untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Protein pada kangkung berguna untuk mengatur metabolisme dan regenarsi sel kulit. Lemak pada kangkung adalah sumber energi yang baik untuk tubuh dan berpengaruh pada pembentukan sel-sel tubuh serta menjaga organ tubuh dengan baik. Kemudian vitamin C dan A adalah sumber antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakir regeneratif dan pemasok imunitas terbaik. Tak lupa, kangkung juga sumber karbohidrat untuk metabolisme tubuh lebih seimbang, fosfor yang berguna untuk kesehatan otak dan tulang, serat sebagai sumber mineral untuk membantu sistem pencernaah dan diet, kasium untuk kepadatan tulang, serta mengandung suplemen vitamin B1 yang baik untuk melindungi sistem saraf otak dan mata.

Lalu apa yang membuat kangkung dikenal sebagai tanaman yang dapat membuat ngantuk saat dikonsumsi? Meski dikenal dapat membuat ngantuk, tapi faktanya belum ada penelitian ilmiah secara jelas menyebut jika kangkung dapat membuat kita mengantuk. Fakta sebenarnya dibuktikan akibat dari kangkung mengandung senyawa kimia sedative yang bersifat menenangkan. Senyawa ini akan membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang dan rileks, jadi mudah sekali membuat orang yang mengkonsusinya mudah mengantuk. Meski begitu, tidak semua orang mendapatkan kadar sedati yang sama, meskipun telah mengkonsumsi kangkung, bukan berarti orang tersebut akan mudah mengantuk dan justru kemungkinan tetap segar dan terjaga.

Manfaat kangkung untuk kesehatan:

1. Mencegah Anemia

Anemia atau kurang darah meruapakan salah satu penyakit yang disebabkan karena kurangnya produksi sel darah merah yang terdapat dalam tubuh. Anemia ditandai dengan kondisi yang lemah, letih, lesu, dan juga sering merasa pusing. Anemia dapat disebabkan karena faktor kecapekan maupun kurang istirahat. Mengkonsumsi kangkung dapat bermanfaat mengatasi masalah anemia. Kandungan zat besi yang terdapat dalam kangkung sangat ampuh mengatasi anemia dengan meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi kangkung secara rutin maka anemia yang sedang Anda derita dapat dicegah dan disembuhkan.

2. Memperkuat Sistem Imun

Sistem imun atau kekebalan tubuh merupakan kemampuan tubuh dalam menjaganya dari berbagai ancaman virus dan bakteri yang dapat mengakibatkan masalah pada kesehatan. mengkonsumsi kangkung yang kaya akan protein dapat bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. sistem kekebalan tubuh yang kuat akan membuat Anda akan lebih kebal terhadap berbagai kondisi serta cuaca yang tidak menentu yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

3. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang dapat mengakibatkan kematian. Kanker terjadi karena kurangnya salah satu asupan nutrisi dalam tubuh sehingga membuat sel kanker yang ada di dalam tubuh menjadi berkembang. Kangkung salah satu jenis sayuran yang ampuh untuk mencegah penyakit kanker. Kandungan Vitamin C yang terdapat dalam kangkung bermanfaat untuk menekan pertumbuhan sel kanker yang ada dalam tubuh sehingga resiko munculnya penyakit kanker dapat diminamilisir.

4. Menyehatkan Organ Dalam Tubuh

Organ dalam tubuh seperti jantung, paru-paru, hati, dan organ penting lainnya harus selalu dijaga kesehatannya. Kangkung merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan organ dalam Anda. kandungan lemak yang terdapat pada kangkung bermanfaat menjaga kesehatan organ dalam tubuh serta menghindarkannya dari berbagai masalah yang dapat mengganggu kesehatan.

5. Menyehatkan Mata

Mata merupakan indra penglihatan manusia yang diberikan oleh Tuhan yang harus selalu dijaga kesehatannya. Mata membutuhkan vitamin A sebagai asupan nutrisi agar mata menjadi sehat. Kandungan vitamin A selain dari buah-buahan juga dapat Anda peroleh dari kangkung. Kangkung banyak mengandung vitamin A sehingga jika dikonsumsi secara teratur maka kesehatan penglihatan Anda dapat terjaga.

6. Meningkatkan Kualitas Otak

Manfaat mengkonsumsi kangkung selanjutnya adalah meningkatkan kualitas otak. Kangkung mengandung vitamin B dan omega 3 yang dapat membantu menstimulus otak agar dapat bekerja dengan sangat baik. Mengkonsumsi sayur kangkung baik untuk meningkatkan pertumbuhan dan kecerdasan otak di masa anak-anak.

7. Menjaga Keseimbangan Jantung

Jantung adalah organ yang memiliki peranan penting bagi kehidupan seseorang. Jika jantung kita sehat maka kualitas hidup dan metabolismenya juga akan baik. Kangkung mengandung vitamin A, C dan beta-karoten. Ketiga nutrisi ini berperan dalam menangkal radikal bebas sehingga mampu mencegah kolesterol yang teah teroksidasi. Jika kolesterol telah teroksidasi dan menempel di dinding pembuluh darah, maka akan membuat dinding arteri tersumbat sehingga menjadi penyebab utama serangan strok dan jantung. Folat pada kangkung juga membantu mencegah peran kimia homosistein penyebab serangan jantung atau stroke. Sedangkan magnesium dapat menurunkan tekanan darah sekaligus melindungi jantung.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top