Tips dan Trik

Manfaat Kandungan Albumin Pada Ikan Gabus

Protein diperlukan manusia untuk memeperbaiki sel-sel yang rusak, sehingga tubuh mampu mempertahankan kesehatannya. Sumber protein bisa didapatkan dari nabati dan hewani. Protein nabati biasanya diperoleh dari makanan yang berasal dari tumbuhan, sedangkan protein hewani bersumber dari hewan. Seperti yang sudah banyak diketahui ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Salah satu bentuk protein adalah berupa albumin. Albumin ini berperan dalam menjaga sel-sel tubuh agar tetap sehat dan proses regenerasi sel tubuh terutama saat penyembuhan luka. Albumin merupakan salah satu protein dalam plasma darah, sehingga berperan dalam mengatur cairan yang bersirkulasi dalam tubuh.

sponsor: pemutih wajah.

Kandungan Albumin Pada Ikan Gabus

Sumber protein albumin yang sudah banyak dikenal yaitu berasal dari ikan gabus. Ikan ini memiliki banyak nama atau julukan, seperti ikan kutuk, ikan aruan, ikan bogo, ikan licingan, ikan kocolan. Banyak orang beranggapan bahwa mengkonsumsi ikan gabus sangat penting dalam mempercepat penyembuhan luka. Hal ini biasanya terjadi pada orang-orang yang baru saja mengalami proses operasi, sehingga penyembuhan lukanya bisa menjadi lebih cepat. Kandungan albumin pada ikan gabus memang cukup besar. Hal ini sudah banyak dibuktikan dengan beberapa penelitian para ahli baik di dalam maupun luar negeri pada ikan yang dalam bahasa Inggrisnya bernama snakehead. Dengan mengkonsumsi ikan gabus secara rutin, terbuksti dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Mungkin banyak yang sudah mengetahui bahwa ikan gabus memiliki rasa dan bau amis yang lebih dibandingkan dengan jenis ikan-ikan yang lainnya. Ikan ini termasuk sebagai ikan air tawar yang sedikit unik dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya. Sebagai salah satu cara mendapatkan manfaat albumin dari ikan gabus, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ektrak ikan gabus sebagai sumber albumin yang dibutuhkan. Ekstrak ikan gabus ini biasanya dalam bentuk serbuk lalu dimasukkan dalam sebuah kapsul. Cara ini merupakan cara yang paling instan dan praktis, karena kapsul ektrak ikan gabus bisa dengan mudah dibeli, sehingga bisa langsung dikonsumsi kapan saja ketika dibutuhkan.

Jika ingin mendapatkan manfaat albumin secara alami melalui konsumsi langsung ikan gabus, maka perlu dilakukan pengolahan ikan tersebut. Meskipun agak sedikit kurang praktis, namun lebih alami. Alternatif cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat ikan gabus ini yaitu dengan mengukusnya. Setelah matang, ikan gabus bisa langsung dikonsumsi, atau bisa diproses dahulu menjadi jus bagian dagingnya, lalu diminum. Jika ingin mendaatkan rasa ikan gabus yang lebih enak dan mengundang selera, ikan gabus juga bisa diolah menjadi sup ikan. Bahan-bahannya pun cukup sederhana dan mudah didapatkan. Caranya, siapkan terlebih dahulu ikan gabus yang telah dibersihkan kulitnya dan dipotong-potong. Selanjutnya, ikan gabus ini direbus dalam panci berisi air mendidih untuk beberapa saat. Bumbu yang digunakan bisa langsung dimasukkan bersama-sama dengan ikan gabus. Bumbu sup ikan ini terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkusa, serai. Jika menginginkan, bisa pula ditambahkan tomat agar lebih segar. Sebagai penyedap rasa, tambahkan gula dan garam seperlunya. Takaran bumbu bisa sesuai selera menyesuaikan banyaknya bahan.

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top