Manfaat Tanaman

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kecantikan

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kecantikan

Manfaat kacang hijau untuk kecantikan sudah banyak dibuktikan oleh banyak orang dan penelitian. Tanaman yang berasal dari polong-polongan ini diyakini mampu memberikan manfaat besar untuk kesuburan. Kandungan nutrisi dalam kacang hijau sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Kacang hijau dapat diolah menjadi makanan lezat yang bergizi seperti bubur, puding, cake, jus, atau sebagai isi dari adonan kue.

Sponsor: perawatan wajah

Kandungan nutrisi kacang hijau:

Kacang hijau menjadi salah satu makanan sumber bahan pangan yang berprotein nabati cukup tinggi. Di Indonesia, tanaman ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat setelah kedelai dan kacang tanah. Biji kacang hijau yang direbus akan mengahasilkan tekstur lunak dan kecambah tanaman ini sering dijadikan tauge, pelengkap masakan berkuah seperti rawon dan sebagainya. Karena sumber proteinnya dikenal cukup tinggi, kacang hijau menjadi sumber mineral penting untuk kesehatan tubuh seperti kalsium, fosfor dan lemak tak jenuh. Kalsium dan fosfor kacang hijau sangat baik untuk tulang, sementara 73 % lemak tak jenuhnya baik dikonsumsi bagi mereka yang ingin terhindar dari olahan berlemak tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain tiga nutrisi penting tersebut, kacang hijau juga mengandung nutrisi dan mineral lain yaitu vitamin B1, B6, E, asam pantothenat, omega 3 dan 6, zat besi, asam folat, zinc, niasin, mangan, selenium, kalsium, potassium,fosfor, dan magnesium.

Manfaat kacang hijau untuk kecantikan:

1. Menghaluskan kulit wajah

Kacang hijau mengandung vitamin E yang menjadi kandungan utama untuk kecantikan kulit. Vitamin E adalah senyawa yang baik untuk mengatasi masalah kulit seperti kusam, meremajakan kulit, mengencangkan juga mencerahkan. Menggunakan masker kacang hijau untuk wajah berguna untuk mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam. Hasilnya membuat kulit tampak lebih lembut, halus dan bersih.

2. Mengencangkan kulit wajah

Kacang hijau adalah sumper protei berguna untuk kulit. Prorein adalah salah satu senyawa penting untuk mengatasi kerutan dan garus halus sebagai tanda penuaan kulit. Protein juga berperan sebagai senyawa aktif dalam membangun sel-sel kulit baru. Menggunakan masker kacang hijau dapat membantu menghambat kerutan di wajah terutama sekitar mata.

3. Mengatasi komedo

Komedo adalah masalah kulit yang cukup membuat banyak wanita merasa kesal. Komedo yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Komedo dapat muncul karena kulit wajah mengandung minyak berlebih. Jika kulit wajah tidak rajin dibersihkan, maka minyak dapat menghambat sel kulit mati keluar dari pori dan akhirnya menjadi komedo.

4. Menjaga elastisitas kulit wajah

Selain mampu mengencangkan kulit, protei pada kacang hijau juga bermafaat sebagai bahan untuk membantu merangsang terbentuknya kolagen alami. Kolagen dalam tubuh bermanfaat untuk menelastiskan kulit, pencegah salah satu tanda penuaan. Untuk mendapatkan manfaatnya, dapat dengan mengkonsumsi bubur kacang hijau secara rutin atau dengan mencoba masker kacang hijau.

5. Menyegarkan dan menyejukkan kulit wajah

Masker kacang hijau berguna sebagai bahan untuk detoksifikasi racun dan radikal yang masuk dalam kulit. Kacang hijau juga menjadi bahan yang bersifat astrigent yaitu zat penyejuk kulit wawah. Perawatan wajah dengan memanfaatkan kacang hijau  secara rutin, dapat membuat kulit wajah segar alami sepanjang hari.

6. Mengatasi minyak berlebih

Bagi pemilik kulit berminya, tak usah risau sebab dengan memanfaatka masker alami dari kacang hijau dapat mengangkat minyak berlebih dan efektif menyerap minyak. Pembersih alami minyak di wajah ini akan menghindarkan kulit dari masalah lainnya seperti komedo, jerawat, kusam dan kotor. Masker alami kacang hijau mampu mengatur kelebihan minyak pada wajah dan membuat kulit menjadi normal kembali.

7. Mengangkat kotoran dan menormalkan pori-pori kulit

Pori-pori wajah yang melebar karena jenis kulit berminyak dapat menyebabkan kulit mudah menyimpan kotoran dan sel kulit mati. Menempelnya sel kulit mati dapat menjadi pemicu wajah kusam dan kasar. Manfaat masker alami kacang hijau dapat membantu mengangkan kotoran dan sel kulit mati sekaligus membantu menormalkan kembali pori-pori kulit.

8. Menyehatkan kulit kepala

Kacang hijau mengandung kalsium, zinc dan protein yang sangat penting untuk kesehatan kulit kepala. Nutrisi kacang hijau yang membuat kulit kepala sehat, secara otomatis akan membuat rambut terhindar dari kerontokan, ketombe, atau rambut bercabang. Bahkan, pada ibu hamil, mengkonsumsi bubur kacang hijau dapat membantu pertumbuhan rambut pada bayi menjadi lebat. Oleh sebab itu, banyak yang percaya jika mengkonsumsi kacang hijau akan membuat rambut tumbuh subur dan hitam.

Cara mengolah masker kacang hijau untuk kulit:

Untuk membantu memiliki kulit cantik dan sehat, maka menggunakan masker kacang hijau adalah pilihan yang mudah dilakukan. Cara membuatnya cukup sederhana yaitu:

  • Siapkan kacang hijau secukupnya dan rendam terlebih dahulu agar kacang hijau bertekstur lembut dan mengembang.
  • Angkat biji kacang hijau yang telah direndam dan keringkan. Selanjutnya seteah benar-benar kering, blender atau haluskan kacang hijau agar menjadi tepung atau bubuk.
  • Ambil bubuk kacang hijau secukupnya dan mulai lah buat masker dengan mencampurkan madu, atau minyak zaitun, atau jeruk nipis, atau yogurt atau sesuai pilihan.
  • Setelah pasta kacang hijau selesai diolah, maka gunakan masker dengan mengoleskan merata ke seluruh wajah. Biarkan kering selama 20 menit.
  • Terakhir, bilas dengan air dingin hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur minimal 3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit indah dan sehat.
0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
2
100%
angry

Comments

comments

To Top