Manfaat Tanaman

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Kacang hijau adalah salah satu biji-bijian yang banyak digunakan sebagai olahan sehat berupa bubur. Bubur kacang ijo ini mampu memberikan asupan nutrisi, kaya serat dan multivitamin. Mengkonsumsi kacang ijo sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan bagi wanita hamil, bubur kacang hijau diyakini mampu menyehatkan janin dan membuat rambut bayi kelak akan tumbuh subur.

Sponsor: kezia skin expert

Tak hanya dikonsumsi dalam bentuk bubur, beragam olahan juga menyajikan kacang hijau sebagai bahan utama seperti onde-onde atau isian bakpau. Setelah diolah, kacang hijau memang mampu menghasilkan rasa yang gurih, lezat juga kaya rasa. Meski begitu, tak cuma soal rasa saja yang jadi kegemaran orang namun juga kaya nutrisi baik untuk kesehatan. Penasaran tentang manfaat kacang hijau bagi kesehatan?

Kandungan nutrisi kacang hijau:

Kacang hijau masuk dalam jenis biji-bijian yang sama gunanya dengan konsumsi padi. Nama ilmiah kacang hijau dikenal dengan green gram, mung bean, golden gram, dan vigna radiate, dan banyak ditemukan di Cina, India, Amerika  Selatan dan  Asia Tenggara termasuk Indonesia. Kandungan kacang hijau bisa kita lihat dibawah ini:

  • Kaya Vitamin

Kacang hijau satu diantara banyak tanaman lain yang mengandung asam folat sebanyak 159 µg dan vitamin B1 sebesar 0,2 mg setiap 100 gram. Selain itu, kandungan lain vitamin adalah riboflavin, vitamin B6, asam pantothenat, dan niasin yang penting untuk proses metabolisme dan organ dalam tubuh.

  • Sumber Mineral

Kacang hijau adalah sumber mineral penting untuk pemasok kesehatan tubuh. Mineral yang terdapat dalam biji tanaman kacang hijau berupa potasium 266 mg, fosfor sebanyak 99 mg, mangan sekitar 48 mg, kalsium 27 mg, magnesium kurang lebih 0,3 mg, zat besi sebanyak 1,4 mg, zinc 0,8 mg, serta selenium 2,5 µg setiap 100 gram-nya.

  • Kaya Protein

Kacang hijau mampu memberikan sumber protein alternatif untuk mereka para vegetarian. Protein pada setiap 100 gr sebanyak 7 gr. Selain itu, dalam sumber protein ini terdapat asam amino lengkap yang mudah diserap oleh tubuh lebih cepat. Protein sangat berguna untuk membantu pembentukan sel dan otot, membantu pemulihan paska luka, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.

  • Kaya Serat

Selain protein yang mampu membuat tubuh lebih kenyang, serat pada kacang hijau juga demikian. Setiap 100 gram kacang hijau terdapat cukup banyak serat yaitu 7,6 gr dimana jumlah ini mampu pasokankebutuhan serat harian hampir 30%. Serat juga mampu menjaga organ saluran cerna, mencegah sembelit, dan menurunkan kolesterol.

  • Kaya Omega 3

Kacang hijau diperkaya Omega-3 sekitar 0,9 mg setiap 100gr dan Omega-6 sekitar 119 mg. Kedua asam lemak essensial ini baik untuk tubuh dalam membantu menurunkan kadar kolesterol serta menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh:

1. Mencegah penyakit jantung

Ada sebuah studi mengatakan bahwa kacang hijau dapat  menurunkan kolesterol jahat. Kemampuan nya tersebut bermanfaat untuk memperbaiki pembuluh darah yang rusak, sekaligus mengurangi pembengkakan pada penderita kolesterol.

2. Mencegah kanker

Dari hasil risert mengungkap bahwa kacang hijau mampu mencegah kerusakan DNA dan bahaya mutasi sel dalam tubuh akibat radikal bebas. Senyawa yang membantu mencegah terbentuknya kondisi ini yakni polyphenol dan oligosakarida dimana keduannya mengandung kadar senyawa sangat tinggi sehingga  mampu mengurangi  perkembangan sel kanker.

3. Kaya protein

Menurut Departemen  Kimia Institut Teknologi  Harbin, ada sekitar 85% dari total asam amino yang dihasilkan oleh zat albumin dan globulin banyak terdapat di dalam kacang  hijau. Kedua zat inilah yang menjadi pembentuk protein yang baik untuk pertumbuhan sel baru dalam tubuh.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kacang hijau adalah sumber makanan yang bisa dibilang food super. Alasanya karena di dalam kacang hijau mengandung senyawa Fitonutrien yang bekerja sebagai zat anti-pembengkakan. Tak hanya itu, zat ini juga mampu meningkatkan sistem imun, menetralkan kadar bakteri yang berbahaya, mencegah masuknya virus, anti iritasi, dan masih banyak manfaat lain terkait anti inflamasi.

5. Membantu menurunkan berat badan

Super food ini bermanfaat untuk membantu mengurangi berat badan dan baik dikonsumsi untuk mereka yang melakukan program diet. Mengkonsumsi mengonsumsi kacang hijau akan membantu meningkatkan cholecystokinin, yaitu sebuah hormon yang membuat kita merasa mudah  kenyang. Oleh
karena itu, konsumsi kacang hijau juga sangat baik untuk tubuh yang sedang diet karena akan membantu memberikan protein dan serat tinggi.

6. Mengurangi efek PMS (sindrom pramenstruasi)

Di dalam kacang hijau terdapat sejumlah senyawa aktif yang mampu membantu mengendalikan fluktuasi hormon pemucu gejala PMS. Senyawa tersebut berupa kandungan multi vitamin seperti vitamin B6, vitamin B dan asam folat. Itu sebabnya mengkonsumsi kacang hijau baik untu yang sedang mengalami menstruasi.

7. Melancarkan pencernaan

Kacang hijau adalah sumber serat alami yang mampu mengatasi masalah pencernaan terutama sembelit. Bagi masyarakat India, mengonsumsi kacang hijau baik mengurangi rasa nyeri pada perut karena diperkaya sumber serat yang ampuh membantu proses pencernaan dan pembersihan racun dalam tubuh.

8. Mencerahkan wajah dan mengurangi jerawat

Menurut tradisi cina, mereka meyakini bahwa kacang hijau baik dikonsumsi karena dapat membantu mendorong  produksi kolagen alami dalam kulit sehingga ampuh mempercantik kulit wajah. Zat yang membantu pembentukan kolagen adalah phytoestrogen yang berkhasiat untuk menunda terjadinya penuaan dini.

9. Membersihkan tubuh dari racun

Selanjutnya, manfaat kacang hijau bagi tubuh adalah mampu membantu membersihkan senyawa racun yakni pestisida dan metal berat seperti merkuri dan besi yang masuk dalam tubuh baik karena mengkonsunsi makanan atau minuman. Di dalamnya terdapat kandungan protein, tannin dan flavonoid alami, si penangkal radikal.

10. Baik untuk wanita hamil

Kacang hijau juga banyak dikonsumsi oleh para ibu hamil karena sangat baik untuk membantu metabolisme tubuh. Kaya vitamin, minaral dan protein membantu memberikan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk ibu hamil dan juga janin dalam kandungan. Itu sebabnya mengapa rutin mengkonsumsi kacang hijau akan meningkatkan asupan gizi sekaligus mencegah masuknya kuman dalam tubuh.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top