Makanan Kesehatan

Manfaat Kacang Almond Untuk Diet

Kacanga almon merupakan jenis makanan berupa kacang atau biji-bijian yang mengandung manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Kacang almond sering dijadikan camilan menyehatkan dan enak dinikmati. Karena khasiatnya yang baik, maka pantas bila kacang ini berharga cukup mahal. Manfaat kacang almond untuk diet sudah sering kita dengar. Setidaknya kacang ini mengandung sumber vitamin E, protein yang baik untuk pembentukan otot dan menghaluskan kulit dan rendah lemak.

Manfaat Kacang Almond Untuk Diet

Sponsor: perawatan wajah

Kacang almond adalah kacang kaya akan vitamin dan  nutrisi yang  baik untuk tubuh manusia. Kacang ini tumbuh kedalam jenis kacang-kacangan yang memiliki bentuk dan tekstur lebih besar dibandingkan jenis kacang lainnya. Kacang almond juga bisa dikatakan sebagai salah satu kacang yang memiliki nilai jual  tinggi. Kacang jenis ini hampir sama dengan kacang varietas super dimana setiap bijinya mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk tubuh. Untuk rasanya sendiri, kacang almond memiliki dua jenis rasa yaitu manis dan rasa pahit. Kacang almond dengan rasa manis sering digunakan sebagai camilan, sedangkan kacang almond rasa pahis diolah sebagai minyak almond.

Kacang Almond mengandung kadar tinggi asam lemak tak jenuh yang sehat dan mulekul bioaktif seperti serat, pitosterol, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung kardiovaskuler. Almond yang telah diolah menjadi sereal sangat baik untuk kesehatan jantung. Almod juga membantu program diet karena tidak menganduk lemak tinggi, yang membuat  tubuh terhindar dari kegemukan. Berbeda dengan kacang lainnya, almond tidak membuat orang yang mengkonsumsinya mengalami masalah kulit wajah seperti jerawat. Dari segi rasa,  kacang almond memiliki rasa gurih yang lezat dan renyah. Sering dijadikan sebagai bahan tambahan untuk kue, coklat, ice cream atau kudapan lainnya.

Khasiat Kacang Almond Untuk Diet

1. Tinggi antioksidan. Antioksidan sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan melindungi tubuh dari dalam. Kacang almond kaya akan sumber antioksidan sehingga pas dijasikan camilan sehat.

2. Sumber energi. Kacang almond bisa dijadikan camilan yang mengenyangkan dan membantu memlertahankan rasa kenyang lebih lama.  Almond mengandung karbohidrat tinggi sehingga cocok dijadikan pilihan makanan ringan untuk diet. Anda bisa mengurangi konsumsi nasi dan menambahkan sedikit almond untuk menambah asupan karbohidrat. Almond adalah sumber energi yang baik untuk tubuh.

3. Tinggi  protein. Almond juga bisa dijadikan olahan untuk program diet dan pengganti putih telur. Seperti kita ketahui, putih telur sering menjadi makanan rekomendasi untuk mereka yang  sedang menjalani diet ketat. Bila Anda bosan dengan telur, maka memakan kacang almond bisa menjadi pilihan baru bagi Anda yang ingin cepat melakukan pembentukan otot. Almond mengandung protein yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan otot. Bila otot terbentuk dengan sempurna maka sangat mudah bagi tubuh dalam membakar kalori.

4. Membantu proses diet. Kacang almond mengandung zat riboflavin yang berguna dalam membantu proses perubahan glukosa dalam darah menjadi energi. Energi tersebut akan diolah dan bisa digunakan untuk melakukan aktifjtas fisik.  Jadi bila sumber tenaga bekerja dengan efektif, maka otomatis berat badan akan turun.

5. Diet alami yang aman. Walau rasanya gurih dan enak seperti kacang, namu berguna untuk dijadikan makanan diet yang aman dan alami. Kandungan alaminya, bermanfaat membentuk tubuh, menguatkan tulang, camilan diet paling menyehatkan.

Cara Mengetahui Kualitas Kacang Almond

Untuk mengetahui kualitas kacang almond yang dijual, maka Anda harus memperhatikan terlebih dahulu kondisi kacang apakan masih segar atau tidak. Kacang yang baik selalu melalui tahapan pengolahan yang memenuhi standard. Bila Anda memilih dalam bentuk kemasan, sebaiknya lihat apakan dikemasnya cacat atau tidak, dan kedap udara agar tidak merusak nutrisi. Ada banyak varian kacang almond yang dijual, ada kacang almond yang dijual dalam bentuk mentah, dipanggang, masih berkulit, dicincang, dikupas. dsb. Ada juga yang dijual dalam bentuk tepung atau bubuk. Kacang Almond yang masih utuh jauh lebih nikmat dibanding yang sudah diproses karena umumnya tidak merubah rasa saat disimpan dalam waktu lama. Bila Anda ingin memanfaatkan kacang almon sebagai bahan kue, sebaiknya beli kacang dalam takaran secukupnya, bila membeli dalam jumlah banyak maka akan tersimpan dalam waktu lama.

Cara Mudah Mengolah Kacang Almond

Untuk mendapatkan kasiatnya, maka kacang almond harus diolah dengan benar. Disarankan tidak memasaknya dengan minyak atau digoreng karena akan mudah bercampur dengan lemak minyak. Beberapa olahan kacang almon paling baik bisa disantap dengan memanggang atau membuatnya jus. Untuk memilih kacang almond yang berkualitas juga tidak sembarangan. Kacang almond yang baik pasti memiliki aroma yang khas, segar, dan tidak cacat. Kacang almond panggang yang baik juga tidak mudah kadaluarsa, berbau apek atau tengik. Kacang almond juga boleh diolah baik matang atapun mentah. Bila Anda mengolah kacang almon dengan memanggang, bisa dengan menggunakan oven, kompor, microwave atau pemanggang. Dalam proses pemanggangan harus benar-benar di cek agar tidak cepat gosong. Sementara untuk mengolah kacang almond mentas bisa dengan dijadikan jus, minuman atau susu almond. Sebelum diolah, harus diblender dan dimasak dengan air dan diberi bahan tambahan lain seperti madu atau susu.

8
80%
like
2
20%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top