Manfaat Tanaman

Manfaat Jintan Putih Untuk Kecantikan

Orang banyak yang mengenal jinten hitam sebagai tanaman herbal. Sementar jinten putih juga merupakan jenis rempah yang juga tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Tetapi, kebanyakan orang hanya mengetahui sedikit dari sekian banyak manfaat jintan putih. Meski rempah ini bermanfaat untuk kesehatan, tak sedikit pula manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Berikut kandungan nutrisi dan manfaat jintan putih untuk kecantikan.

Manfaat Jintan Putih Untuk Kecantikan

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Kandungan nutrisi jinten putih:

Dahulu jintan putih hanya dapat dutemui di wilayah Asia Tenggara, namun menjadi bumbu rempah yang wajib di wilayah Meksiko, Afrika, dan Timur Tengah. Sementara kini, jintan putih sudah menyebar ke seluruh dunia dan mudah ditemui. Sama dengan jintan hitam, jintan putih adalah jenis tumbuhan berbunga yang masuk dalam keluarga apiaciae dan genus cuminum. Nama ilmiah Jintan adalah cuminum cyminum, dan mengandung minyak esensial serta wangi khas yang harum. Dalam 100 gram jintan putih terkandung beberapa nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, folat, niacin, Pyridoxine, Riboflavin, Thiamin, Vitamin A, C, E dan K, Sodium, Potasium, Kalsium, Tembaga, Zat besi, Magnesium, Mangan, Fosfor, Zinc dan Beta karotene (beserta turunannya). Jinten putih juga rendah kalori dan 0% kolesterol. Jadi sangat aman mengatasi masalah kolesterol dan hipertensi.

Manfaat Jintan Putih Untuk Kecantikan:

Meski banyak yang mengira jintan putih hanya digunakan sebagai penyedap masakan, namun kandungan nutrisi didalamnya juga membantu mengatasi berbagai penyakit seperti membantu menurunkan dan menstabilkan tekanan darah, mengobati sakit perut, merilekskan otot, menyehatkan sistem pencernaan, mencegah ambeien, menyembuhkan gangguan pencernaan seperti asma dan bronkitis, mencegah pertumbuhan sel kanker. Jinten juga bermanfaat sebagai alternatif diet dan penurun berat badan. Dan yang paling penting yaitu bermanfaat sebagai herbal untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

1. Menurunkan berat badan

Jintan putih adalah pilihan dan solusi alternatif, yang efektif membantu menurunkan berat badan. Jintan mengandung cukup banyak serat alami sekitar 26% dari total kebutuhan serat per hari. Kandungan tersebut dalat manfaatkan membantu melancarkan sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh sehingga mencegah timbunan lemak dan kotoran dalam tubuh.

2. Menyehatkan Kulit

Jintan putih mengandung vitamin E cukup yang dapat memenuhi 22 % kebutuhan vitamin E per hari.  Vitamin E sangat berguna untuk membuat kulit sehat dan bersih bila dikonsumsi secara teratur. Mengkonsumsi makanan atau olahan yang mengandung vitamin E seperti jintan putih akan membuat kulit  menjadi lebih sehat dan tampak lebih awet muda.

3. Menyembuhkan Jerawat

Akibat kotoran yang menumpuk di permukaan kulit, maka bisa menimbulkan Jerawat dan mengganggu penampilan. Manfaat jintan putih untuk merawat kulit dari jerawat bisa dilakukan karena jintan mengandung minyak esensial yang membantu menyembuhkan jerawat, bisul atau gangguan kulit lain. Jintan putih juga mengandung anti mikroba serta anti fungal untuk mengobati dan mencegah munculnya infeksi akibat oleh jamur dan mikroba.

4. Anti penuaan dini

Vitamin E pada jintan putih berfungsi sebagai anti ageing dan pencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C dan E juga berguna sebagai penangkal radikal bebas, dan mencegahnya timbulnya keriput, noda hitam dan atau kulit kendur. Antioksidan pada jintan putih dapat membantu mengurangi penuaan dini dan mencega regenerasi sel kulit baru.

5. Membantu menghilangkan ketombe

Berbeda dengan produk kecantikan yang hanya bisa membantu mengatasi komedo dengan sementara, kandungan minyak esensial pada Jintan putih berperan penting dalam proses menghilangkan ketombe dan mencegahnya tumbuh kembali.

6.  Menghilangkan  ketombe

Ketombe adalah masalah yang bisa membuat orang kurang percaya diri. Penyebab ketombe bisa diakibatkan seperti kulit kering, dermatitis seboroik, jarang membersihkan atau kuranya keramas, terlalu sering keramas, psoriasis, eksim, atau alergi terhadap produk perawatan rambut. Sementara kulit kering juga merupakan penyebab paling umum masalah ketomebe. Jintan putih dalam kecantikan bermanfaat sebagai obat untuk menghilangkan masalah ketombe. Bila digunakan sebagai shampo, maka zat anti microba dan minyak essensial pada jintan mampu mengangkat sel kulit mati yang ada pada rambut.

Cara mengolah jintan putih:

Untuk dapat mengolah jinten putih, maka bisa gunakan dengan cara menghaliskan biji jintan atau dikonsumsi. Sementara untuk memilih biji jintan putih yang  kualitas bisa dilihat dari aroma khas. Untuk mendapatkan manfaatnya,  biji jintan putih jauh lebih baik dibanding bentuk bubuk karena jintan yang sudah diolah dalam bentuk bubuk akan berkurang kualitas dan nilai gizi akibat telah mengalami proses pengolahan. Namun jika terpaksa memilih jinten dalam bentuk bubuk, bisa mengetesnya dengan cara ambil bubuk jinten dengan jari, lalu gesekkan pada jari atau lainnya.  Jika jintan masih mengeluarkan bau harum yang khas maka jintan adalah kualitas bagus. Jika tidak digunakan, Jintan putih  dapat disimpan pada tempat kering, sejuk, dan gelap. Jika ditempatkan pada lemari es, pastikan wadahnya bebas dari udara agar dapat bertahan lama.

Walau jintan putih mengandung banyak manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh, akan tetapi lebih baik bila  mengkonsumsi jintan putih ini dengan takaran secukupnya. Beberapa efek samping yang bisa terjadi yaitu diare, gangguan pencernaan atau iritasi organ pencernaan.

2
25%
like
5
62%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
12%
angry

Comments

comments

To Top