Manfaat Buah

Manfaat Jeruk Limau Untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Limau Untuk Kesehatan

Jeruk merupakan salah satu buah yang sangat disukai oleh semua orang. Buah yang berasa asam manis ini mempunyai bermacam-macam jenis diantaranya jeruk bali, jeruk nipis, jeruk keprok, serta jeruk limau. Jeruk limau atau biasa disebut jeruk purut merupakan salah satu jenis buah dari keluarga jeruk yang hampir mirip dengan jeruk nipis. Buah yang berasa sangat asam ini besarnya sama dengan jeruk nipis serta mempunyai ciri permukaan kulitnya yang keriput. Agar mendapatkan manfaat jeruk limau untuk kesehatan maka bisa dijadikan minuman dengan cara di peras untuk diambil sarinya.

Sponsor: cream perawatan wajah

Kandungan nutrisi jeruk limau:

Si segar limau yang bermanfaat ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Meski kandungan vitamin nya tidak lebih tinggi daripada dengan jeruk lemon, tetapi manfaatnya bisa dirasakan dan menjadi sumber vitamin C yang sangat bagus untuk tubuh. Dalam setiap 100 gram jeruk limau, setidaknya dapat digunakan untuk memenuhi 35% kebutuhan vitamin C harian. Tak cukup pada vitamin C saja, limau juga mengandung nutrisi lainnya yaitu vitamin B kompleks seperti B1, B2, B3, B5, B6, dan B9. Limau memiliki kandungan mineral, serat makanan, air, dan anti oksidan.

Manfaat jeruk limau untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh (sistem imun) berfungsi untuk menjaga tubuh agar kebal terhadap berbagai jenis cuaca serta iklim dari lingkungan sekitar yang dapat mengganggu kesehaan. Mengkonsumsi buah jeruk limau / jeruk pecel dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk limau dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta menjadikan tubuh kebal terhadap berbagai serangan bakteri serta virus yang dapat hinggap setiap saat. Mengkonsumsi jeruk limau yang kaya akan vitamin C setiap hari sangat dianjurkan karena selain menyegarkan juga akan memperkuat sistem imun tubuh Anda.

2. Mengobati Sakit Perut

Sakit perut yang melanda salah satunya diakibatkan oleh adanya bakteri yang terbawa oleh makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Sakit perut juga tidak boleh dianggap sepele karena dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda. dengan mengkonsumsi jeruk limau dipercaya dapat menyembuhkan sakit perut Anda. zat yang terdapat pada jeruk limau bermanfaat untuk meningkatkan keasaman zat asam yang terdapat pada lambung. Zat asam lambung bermanfaat untuk meetralkan serta menghancurkan bakteri jahat serta racun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan.

3. Mencegah Kanker

Seperti telah diketahui kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat membahayakan serta dapat menyebabkan kematian. Jeruk limau yang kaya akan antioksidan serta vitamin C sangat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi jeruk limau baik sebagai minuman yang menyegarkan maupun sebagai campuran makanan akan membuat Anda terhindar dari resiko terkena kanker.

4. Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Mengkonsumsi jeruk limau dipercaya dapat mengatasi penyakit diabetes. Kandungan zat asam yang terdapat pada jeruk limau bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah serta menstabilkannya sehingga dapat membantu proses penyembuhan penyakit diabetes. Mengkonsumsi jeruk limau sangat dianjurkan bagi penderita penyakit diabetes agar segera ditangani dengan cara alami.

5. Mencegah keracunan

Jeruk limau dipercaya mampu mengusir bakteri penyebab kolera dan keracunan pada makanan yang bisa masuk melalui makan yang Anda konsumsi. Menurut penelitian, jeruk limau memiliki kemampuan cukup baik dalam melawan bakteri terutama bakteri penyebab kolera dan juga bakteri E.coli yang  bisa membuat tubuh keracunan melalui makanan.

6. Mencegah Anemia

Jeruk limau sanagt bagus untuk penderita anemia sel sabit. Anemia sel sabit sendiri adalah kondisi dimana pada sumsum tulang belakang sedang mengahasilkan sel darah merah yang berbentuk sabit. Artinya sel darah merah yang dihasilkan cacat atau tidak berbentuk sempurna layaknya sel darah merah pada umumnya. Akibat anemia ini, tubuh akan mengalami kondisi kelelahan kronis dan rasa sakitnya terus menerus. Jika dibiarkan kondisi ini akan sangat berbahaya yang umunya menyebabkan rasa sakit pada area dada, persendia hingga punggung bagian bawah. Untuk mengatasinya, mengkonsumsi jeruk limau dipercaya dapat mengatasi rasa sakit yang menyerang.

7. Menyembuhkan sariawan

Karena kandungan vitamin C nya, jeruk limau baik untuk mengatasi gangguan pada mulut seperti sariawan, gusi berdarah atau pencuci mulut yang sangat baik mengusir bakteri. Untuk mengatasi sariawan dengan jeruk ini maka gunakan sedikit perasan jeruk dan teteskan air jeruk pada daerah mulut yang mengalami sariawan. Jika dilakukan secara rutin, maka khasiatnya akan terasa dengan cepat meskipun Anda merasakan perih.

8. Untuk Kecantikan

Daun Jeruk limau biasanya dimanfaatkan sebagai campuran bumbu pada makanan seperti soto, pecel, dan lain sebagainya. Karena sering dimanfaatkan sebagai campuran makanan maka disebagian daerah terutama daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah, jeruk limau disebut juga jeruk pecel. Selain dimanfaatkan sebagai campuran pada makanan jeruk limau ternyata juga bermanfaat baik untuk kecantikan, tubuh dan rambut. Mampu menjadi masker penghilang jerawat, mencerahkan dan membasmi minyak di wajah, mengatasi rambut berketombe, dan menghaluskan kulit. Bagi yang ingin tampil cantik dengan berat badan seimbang, maka limau cocok bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dan menjadi kombinasi untuk pola hidup sehat.

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top