Manfaat Buah

Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan

Manfaat jambu biji merah bagi kesehatan sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Rasanya yang harum dan manis banyak dijadikan minuman segar yang nikmat. Sejak dulu, jambu biji dikenal dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan seperti misalnya herbal untuk diare atau demam. Jambu biji merah juga dikenal karena antioksidannya sangat tinggi yang mampu menangkal radikal bebas.

Sponsor: cream pemutih wajah

Kandungan nutrisi jambu merah:

Jambu biji sangat banyak didapat di daerah tropis, dengan dagingnya yang berwarna merah dan banyak biji. Sama seperti buah pada umumnya, jambu biji kaya akan kandungan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral. Meski rasa daging buahnya sangat segar, terkada sulit untuk bisa mengkonsumsi bijinya. Untuk itu, jambu biji sering diolah dengan cara di jus.

  • Vitamin

Jambu biji merah memiliki kandungan senyawa antioksidan paling tinggi dibanding vitamin C pada jeruk biasa. Vitamin C pada jambu biji sangat dibutuhkan tubuh untuk dapat membentuk sintesis kolagen. Kolagen sendiri adalah zat pembentuk protein yang berperan untuk menjaga elastisitas kulit dan tubuh sehingga mampu menjada integritas pembuluh darah, kulit, tulang ataupun organ tubuh lainnya. Selain vitamin C, ada juga vitamin B kompleks yang bermnafaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan syaraf. Vitamin B3 dan B6 berguna dalam membantu fungsi otak berjalan dengan baik karena sirkulasi darah juga berjalan dengan lancar. Selanjutnya ada vitamin A dalam bentuk beta-karoten cukup tinggi untuk memelihara kesehatan mata dan kulit.

  • Serat

Sama seperti buah lainnya, jambu biji mengandung serat alami yang mudah larut sehingga berkhasiat untuk menjaga kesehatan pencernaan, melancarkan system pencernaan, mengatasi sembelit sekaligus membantu usus membuang zat-zat berbahaya yang kemudian dikeluarkan melalui tinja.

  • Mineral 

Jambu biji juga mengandung mineral penting seperti zat besi, tembaga, kalium, dan magnesium. Mineral kalium pada jambu biji merah dapat berperan menstabilkan tekanan darah, tembaga berkhasiat untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid, mineral mangan yang dapat membantu penyerapan  nutrisi makanan lebih maksimal, zat besi untuk pembentukan sel darah baru dan mineral magnesium yang sangat berkhasiat untuk relaksasi otot-otot saraf dan mengembalikan stamina tubuh meskipun banyak melakukan aktivitas seharian.

Manfaat jambu biji untuk kesehatan:

1. Mengurangi Hipertensi

Jambu biji merah berguna untuk mencegah terjadinya penebalan dinding pembulu darah, sehingga tetap dapat mempertahankan fluiditas darah serta mengurangi tekanan darah. Saat pembulu darah dipenuhi oleh kolesterol dan membuat aliran darah tidak lancar, maka akan menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sementara kolesterol yang ada dalam pembulu darah akan makin lama makin menumpuk dan bisa menyumbat pembulu darah. Alhasil, kerasnya aliran darah ditambah penyumbatan akibat kolesterol akan berakibat lebih parah yaitu pecahnya pembulu darah sehingga pasien bisa mengalami stroke bahkan serangan jantung. Untuk itu, manfaat jambu biji merah dapat membantu mengurangi kolesterol dalam darah. Jambu biji yang kaya serat dan hipoglikemik inilah yang sangat efektif menurunkan tekanan darah dan memicu kerja jantung lebih baik.

2. Mengatasi Diabetes

Masalah diabetes kini sudah menjadi masala yang paling sering dan mulai banyak dihinggapi oleh masyarak modern terutama akibat tidak menjaga pola hidup yang sehat. Manfaat jambu biji merah ternyata sangat baik untuk membantu pasien penderita diabetes. Bahkan manfaatnya digadang-gadang hampir setara dengan manfaat mengkudu untuk mengatasi diabeters. Tingginya bahan serat dalam jambu biji bermanfaat dalam  mengatur penyerapan gula oleh tubuh. Sehingga tubuh mampu menurunkan insulin dan juga menetralkan kadar glukosa dalam tubuh. Menurut penelitian pada jambu biji ini, ternyata mengkonsumsinya dapat membantu mencegah penyakit diabetes tipe 2 yang paling sering dialami.

3. Menyehatkan Tiroid

Karena menjadi sumber terbaik yang mengandung zat tembaga, maka zat penting tersebut dapat berguna untuk mengatur metabolisme tiroid. Jika metabolisme tiroid dalam tubuh baik, maka dapat membantu mengontrol produksi hormon dan penyerapan nutrisi. Kelenjar tiroid sendiri adalah salah satu kelenjar paling penting berguna untuk mengatur hormon beserta fungsi-fungsinya di sistem organ tubuh. Jaji, jambu biji begitu bermanfaat untuk menyeimbangkan kesehatan fungsi organ tubuh.

4. Mengoptimalkan Penglihatan

Seperti yang sudah dijelaskan diata, jambu biji merah merupakan sumber sangat baik yang menghasilkan vitamin A pembentuk betakarotin dan sepadan dengan manfaat wortel.  Jambu biji dikenal sebagai herbal untuk kesehatan mata dan penglihatan. Jambu biji juga diyakini mampu menghambat munculnya penyakit katarak, degenerasi makula, atau kesehatan umum yang mengganggu penglihatan mata. Jadi jambu biji sangat ampuh memberikan suplemen untuk menjaga kekuatan mata.

5. Merawat organ pencernaan

Jambu biji mampu mengobati sembelit karena memiliki sifat sebagai obat pencahar. Kemusian, jambu biji dapat membantu pembentukan gerakan usus menjadi lebih sehat sehingga dapat membantu tubuh mempertahankan kadar air dalam usus besar. Kasiat lainnya adalah dapat membantu mengatasi diare karena adanya senyawa astringents yang mencegah oragan pencernaan terserang bakteri diare. Kemudian, saat masa penyembuhan disentri, zat pada jambu biji akan menghambat pertumbuhan mikroba sekaligus menghilangkan lendir ekstra yang ada pada usus. Jadi astringents bisa sebagai disenfektan dan anti bakteri bersifat alkali.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top