Manfaat Buah

Khasiat Jambu Air Yang Luar Biasa

Khasiat Jambu Air Yang Luar Biasa

Sederet khasiat jambu air yang luar biasa ternyata banyak dari kita kurang mengerti. Jambu air merupakan salah satu jenis buah-buahan yang rasanya manis dan sangat disukai oleh banyak orang. Disebut jambu air karena buah ini memiliki kandungan air yang sangat banyak pada buahnya. Jambua air merupakan salah satu jenis buah dari keluarga jambu yang mempunyai bentuk yang berbeda dengan jambu lainnya. kebanyakan jambu yang lain berbentuk bulat, keras, serta mempunyai biji yang banyak di dalamnya. Sedangkan jambu air merupakan salah satu buah yang bentuknya tidak bulat serta bijinya hanya sedikit. Buah ini sangat menyegarkan saat dikonsumsi karena mengandung banyak air di dalamnya.

Sponsor: perawatan wajah

Kandungan nutrisi jambu biji: 

Jambu air adalah salah satu kerabat Mytaceae dan banyak tumbuh dan dibudidayakan di Asia Tenggara. Sama dengan buah lainnya, jambu air memiliki kandungan air yang cukup banyak dan melimpah yang ada pada daging buahnya. Jambu air dapat dinikmati sebagai buah yang dapat melepas dahaga karena kandungan airnya memberi efek segar.

  • Air. Jambu air mengandung air sebanyak 93% yang artinya didalam 100 gram buah jambu air, terdapat sekitar 93 gram air yang mana kandungan airnya dapat membuat tubuh menjadi segar.
  • Vitamin A. Jambu air mengandung itamin A yang cukup tinggi. Vitamin A diperlukan oleh tubuh salah satunya untuk menambah imunitas tubuh, sebagai antibodi dan antivirus penyebab radikal bebas.
  • Vitamin C. Vitamin C juga cukup tinggi dimana setiap 100 gram nya mengandung sebanyak 22 mg atau setara dnegan jumlah vtamin C pada jeruk mandarin. Vitamin inilah yang berpera aktif untuk menjaga kesehatan, antibodi, perawatan kecantikan, dan menjaga pencernaan tubuh.
  • Kandungan lainnya. Jambu air mengandung beberapa senyawa pilihan terbaik lainnya yang cukup baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisi lengkapnya yaitu protein  0.6 g, ash 0.4 g, carbohydrate sebanyak 5.7 g, kalsium  29 mg, zat besi 0.07 mg, magnesium 5 mg, phosphorus 8 mg, potassium 123 mg, zink 0.06 mg, copper 0.016 mg, magnesium 0.029 mg. Jambu biji juga kaya vitamin lain seperti vitamin A dan B komplek berupa thiamin 0.02 mg, riboflavin 0.03 mg. Sementara jika diperhatinya, jambu air hanya mengandung rendah kalori yang baik untuk diet sehat.
  • Zat antibodi. Yang tak kalah pentingnya, jambu air mengandung senyawa untuk membantu menangkal radikal bebas yang bisa masuk dalam tubuh. Fitokimia pada jambu air berbentuk asam oleanik, bsitosterol, dan desmethoxymatteucinol. Zat desmethoxymatteucinol adalah zat antibiotik yang melawan jamur yang mampu menyebabkan penyakit seperti jamur Staphylococcus aureus, Mycobacterium Smegmatis, dan juga Candida Albicans.

Manfaat jambu air untuk kesehatan:

Tidak heran jika banyak orang termasuk anak kecil yang sangat menyukai buah ini. Jambu air selain menyegarkan juga mempunyai beberapa manfaat di dalamnya. Manfaat jambu air diantaranya adalah:

1. Mencegah Diabetes

Salah satu manfaat dari jambu air adalah mencegah diabetes. Seperti telah diketahui bahwa diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya karenakan tingginya kadar gula dalam darah. Mengkonsumsi jambu air dapat mengontrol kadar gula dalam darah serta mencegah diabetes. Jambu air mengandung zat jambosine yaitu sejenis zat alkaloid yang berfungsi untuk mengatur pati makanan yang akan diubah menjadi gula. Sehingga kadar gula yang ada pada tubuh dapat terkontrol jumlahnya. Selain dapat mencegah diabetes jambu air juga sangat bagus dikonsumsi bagi penderita diabetes karena dapat menurunkna serta mengontrol tingginya kadar gula yang ada pada tubuhnya.

2. Menyehatkan Pencernan

Pencernaan yang sehat merupaan kunci sehatnya badan Anda. karena dari pencernaanlah segala sesuatu seperti vitamin, nutrisi, serta zat yang lain diuraikan dari makanan. Mengkonsumsi jambu air dipercaya dapat menyehatkan pencernaan Anda. karena jambu air banyak mengandung serat sehingga sangat mendukung kesehatan pencernaan dalam mencerna makanan. Jenis makanan yang banyak mengandung serat akan mudah untuk dicerna serta berdampak pada kesehatan pencernaan.

3. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya serta mematikan yang banyak menyerang manusia di akhir – akhir ini. Penyakit kanker dapat dicegah dengan mengkonsumsi jambu air. Jambu air mengandung senyawa organik yang terdiri dari Vitamin C dan Vitamin A yang sangat ampuh untuk mencegah pertumbuhan sel – sel kanker yang ada dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi jambu air maka resiko terserang penyakit kanker dapat dihindari.

4. Menyehatkan Hati dan Ginjal

Hati dan ginjal merupakan dua organ dalam manusia yang harus selalu dijaga kesehatannya. Meskipun jumlah ginjal manusia pada umumnya ada 2 tetapi tidak Anda boleh mengabaikan kesehatan ginjal tersebut. kesehatan hati dan ginjal Anda dapat terjaga dengan mengkonsumsi jambu air. Jambu air banyak mengandung zat diuretik yaitu suatu zat yang bermanfaat untuk membersihkan hati dan ginjal dari kotoran dan racun yang terbawa oleh makanan. Hati serta ginjal yang terdapat kotoran dan racun yang menempel akan membuat keduanya sangat rentan mengalami masalah.

5. Menurunkan Berat Badan

Terdapat kandungan serat dan juga kadar air yang melimpah membuat jambu air ini memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Serat pada jambu biji dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama, mengontrol asupan makan yang dikonsumsi, dan sangat baik dikonsumsi sebagai camilan sehat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top